Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro resmi "Dirilis", Simak Harga dan Spesifikasi


NewsArt Story - Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro resmi dirilis, Setelah mengungkap desainnya pada Agustus lalu, Google telah resmi meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya. Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, diungkapkan dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Rabu (20/10/2021) dini hari WIB.


Salah satu yang paling menarik dari suksesor Pixel 5 ini adalah komponen internalnya. Bukannya chip Snapdragon dari Qualcomm seperti sebelumnya, kedua ponsel Pixel terbaru itu diotaki oleh SoC besutan Google sendiri yakni Google Tensor.


Sekilas Chipset tersebut memiliki delapan inti prosesor (CPU) berkecepatan hingga 2,8 GHz, dipadu dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G78. Dengan Tensor ini, Google mengeklaim performa CPU Pixel 6 dan Pixel 6 Pro 80 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, serta 370 persen lebih kencang pada aspek GPU. SVP Devices dan Services Google. 


Tensor adalah inovasi piranti keras terbesar dalam sejarah perusahaannya. merupakan wujud hasil kerja keras kami selama bertahun-tahun dalam AI, serta pengalaman dalam sektor semikonduktor. Desain Pixel 6 dan Pixel 6 Pro juga kini tampak lebih segar. Pada bagian belakangnya, kedua ponsel tersebut hadir dengan modul kamera persegi panjang, alias "Camera Bar" berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung. Lebih elegan dan terasa berbeda dari lainnya. 

Pixel 6 memiliki layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di bagian tengah atasnya, terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dimuat dalam modul punch hole.
Di bagian belakangnya, terdapat pula dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, OIS) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).


Google mengklaim kamera utama ponsel tersebut mampu menyerap 150 persen lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto mode malam, alias Night Sight, yang lebih terang dari kamera di generasi ponsel Pixel sebelumnya. Selain chip Tensor, Pixel 6 dibekali dengan konfigurasi RAM 8 GB dan dua pilihan memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB. Baterainya berkapasitas 4.615 mAh dan mendukung pengisian cepat berdaya 30W.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro


Pixel 6 Pro memiliki layar LTPO AMOLED yang sedikit lebih luas dari "saudaranya", yaitu 6,7 inci dengan resolusi QHD Plus. Refresh rate layar tersebut juga lebih tinggi, yakni 120 Hz, dan diklaim bisa menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan untuk menghemat daya. Pixel 6 Pro dibekali dengan kamera selfie 11,1 MP (f/2.2) yang juga dimuat dalam modul punch hole di bagian tengah atas layar ponsel.


Kamera di bagian belakangnya serupa dengan Pixel 6. Hanya saja, varian "Pro" memiliki satu kamera ekstra, yaitu kamera telefoto yang beresolusi 48 MP (f/3.5, OIS) yang memiliki kemampuan pembesaran optik hingga 4x. Untuk segi memori, Pixel 6 Pro ditenagai dengan RAM 12 GB dan tiga pilihan memori internal yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Baterainya juga lebih besar dibanding Pixel 6 "reguler" dengan 5.003 mAh.

Meski demikian, teknologi pengisian cepatnya masih sama, yaitu 30W. Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sama-sama ikut dibekali chip keamanan Titan M2 untuk menyimpan informasi kredensial, serta Security Hub untuk mengecek dan mengelola sistem keamanan ponsel secara keseluruhan.


Untuk versi android, Kedua ponsel Pixel terbaru ini juga sudah menjalankan sistem operasi (OS) terbaru Android 12 dan dijanjikan mendapat update versi Android selama tiga tahun. Di Amerika Serikat, Pixel 6 dijual dengan harga mulai dari 600 dollar AS (sekitar Rp 8,4 juta), sedangkan Pixel 6 Pro dibanderol mulai dari 900 dollar AS (sekitar Rp 12,6 juta). 

Kedua ponsel tersebut sudah bisa dipesan di AS sejak peluncurannya dan mulai dijual pada 28 Oktober mendatang. Untuk para peminat Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, mungkin akan tersedia di online store. Tunggu saja hingga ada lapak yang menjual produk smartphone tersebut.