Mengintip Era Teknologi Smartphone


(Sumber : https://www.newsartstory.com)

NewsArt Story. Smartphone pada saat ini bukanlah sesutau yang baru di dunia gadget. Pada saat itu di zaman tahun 90-an hingga 2000-an semua orang pasti pernah mencicipi alat komunikasi jarak jahu yakni hp. Jahu dari teknologi smartphone pada saat ini yang semakin berkembang dan maju, sebutan hp pada tahun 2000-an silam juga bisa dibilang sebagai pengenalan teknologi yang akan datang untuk kedepannya. Terbukti banyak sekali teknologi pada smartphone atau beragam fitur di kembangkan hingga saat ini menjadi populer. Beberapa faktor yang mengubah dunia dulu hingga sekarang menjadi lebih baik, simak ulasan apa saja teknologi smartphone yang mengubah era dulu hingga sekarang. 

1. Jaringan Hp 


Terkadang di zaman hp dulu jaringan adalah hal yang perlu kita ketahui sebelum membeli hp terbaru pada saat itu. Seberapa kuat sinyal pada jaringan di hp kita dan bagaimana kita dapat melakukan komunikasi secara online dengan jaringan ini. Hal tersebut banyak orang bertanya dengan jaringan dan terutama pembelian kuota pada saat itu, mungkin tidak semeriah saat ini.


Karena teknologi hp saat itu hanya mengandalkan feature phone saja atau melakukan semacam SMS dan Telepon sesama operator. Banyak sekali tipe-tipe jaringan hp yang dulu hingga sekarang. Berikut ini jaringan pada hp yang pernah orang-orang gunakan dulu dan sekarang. 

 

• Jaringan GPRS 


Jaringan GPRS adalah jaringan sistem data paket internet untuk hp pada saat itu muncul. GPRS itu sendiri singkatan dari General Packet Radio Service. Jaringan ini dulu sudah tersedia di berbagai hp yang sudah bisa mencicipi browser web atau opera pada saat itu. Hanya saja untuk menggunakannya ini kita memang butuh menunggu dan sabar untuk membuka sebuah situs. Untuk kecepatan data mencapai 35-171 kilobyte per-second (kbps).

 

• Jaringan EDGE


Pada generasi GPRS berikutnya ini, EDGE mulai dikenalkan dengan nama tersebut. Sesuai dengan namanya yakni EDGE atau singkatan dari (Enhanced Data Rate For GSM Evolution). Walaupun banyak menyebutnya sebagai 'Evolution'. Pada generasi jaringan EDGE juga tidak begitu cepat dan saat itu smartphone Iphone adalah generasi awal yang memakai jaringan ini. Walaupun membuka halaman situs agak lambat juga. Kecepatan akses data yakni 120 Kbps - 384 Kbps

 

• Jaringan 3G


Di indonesia sendiri, jaringan 3G menjadi andalan pada saat itu. Versi dari 2G atau GPRS generasi 2 ini cukup baik dalam membuka situs web. Yang membedakannya yakni menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunications). Untuk membuka halaman juga cukup lama juga tapi cukup baik dengan kecepata data 384 Kbps - 2 Mbps, walau sinyal pada saat tidak stabil. 

 

• Jaringan HSDPA/HSPA


Generasi jaringan berikutnya ini adalah HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau disebut H+ memiliki kecepatan data mencapai 7,2 Mbps dan cukup cepat membukanya. Sedangkan untuk HSPA (High Speed Packet Access) memiliki kecepatan data 600 Kbps- 10 Mbps, jaringan tersebut kadang dikenal dengan jaringan 3,5G dan sayangnya tidak semua kota termasuk pelosok dapat menerima sinyal jaringan ini. 


• Jaringan 4G LTE 


Perubahan paling signifikan yakni jaringan 4G LTE yang menjadi andalan indonesia saat ini. Pada hp zaman dulu hanyalah sebatas 3G yang mereka gunakan, sementara untuk pengadopsian Jaringan 4G LTE baru brand smartphone Iphone 5 atau 5C yang sanggup mengeluarkan generasi GPRS versi ke 4 ini. Sebutan LTE itu sendiri yakni (Long Term Evolution) yang memiliki kecepatan 100 Mbps dan di indonesia sendiri mulailah banyak brand smartphone luar datang dan maraknya merek smartphone china hadir dan berbeda yang dulu hanyalah brand Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Motorola dan LG. Kini bertebaran merek lainnya seperti Huawei, Xiaomi, Vivo dan lainnya. Geng China Mobile yang merajai pasar smartphone di indonesia. Sementara brand Samsung masih berdiri dan jaya hingga saat ini menjadi smartphone dengan inovatif terbaik di indonesia. 

 

Jaringan 5G 


Generasi jaringan terbaru dan lagi hot saat ini yakni jaringan 5G. Walaupun di indonesia belum menerapkan jaringan ini, ada kemungkinan di indonesia akan menggarap jaringan 5G ini. Sudah banyak smartphone 5G bermunculan di pasar smartphone di indonesia. Dalam kecepatan data itu sendiri yakni 1 Gbps alias Gigabyte Per-second. Sangat cepat dalam mengunduh aplikasi atau game dan melakukan streaming video atau film online. Tapi hal itu kita juga pastikan terlebih dahulu sisa kuota kita tinggal berapa, kalau terlihat lambat atau buffering mungkin kuota akan habis. 

 

2. Sistem Operasi Mobile 


Sistem Operasi Mobile itu sendiri pada saat itu sudah ada yang mengadopsinya. Karena hal iini sebagai alat software dan hardware dalam melakukan pekerjaan dalam memanajemen dan mengatur smartphone itu sendiri. Dulu sistem operasi yang paling hits di zaman 2000-an yakni Sistem Operasi Symbian OS pada hp Nokia yang sangat berjaya pada saat itu. Kalian bisa simak apa saja sistem operasi mobile yang populer dulu dan sekarang. 

 

3. Revolusi Kamera 


Tidak ketinggalan yang paling orang butuhkan juga hingga sekarang yakni kamera. Buat yang suka foto-foto atau seorang fotografer memang membutuhkan kamera dengan sensor yang terbaik. Bukan hanya sekedar megapixel saja yang besar. Dulu sebelum era megapixel atau resolusi kamera besar saat ini, kamera bukanlah apa-apanya. Banyak sejarah dalam pembuatan kamera dari tipe kamera seukuran kamar hingga kamera modern saat ini. Inilah fakta sejarahnya : 

 

• Kamera Obscura 


Di awal abad ke-11, seorang ilmuwan dari iran bernama Ibn Al-haytham membuat kamera menggunakan lensa untuk memfokuskan cahaya di dalam kotak gelap. Muncul teori optik yang pada dasarnya penemuan ini sama dengan jenis kamera hingga saat ini. 

 

• Kamera Lubang Jarum


Pada awal abad ke -13, seorang sarjana asal inggris bernama Robert Bacon mengadaptasikan atau mendaur ulang kamera obscura untuk menghasilkan kamera lubang jarum pertama yang memanfaatkan cahaya. Dengan penemuannya munculah istilah fotografi di sepanjang abad ke 17 dan 18 di seluruh tempat di eropa. Penggunaan mekanisme cahaya dirancang dan diterapkan hingga berkembangnya kamera. Eksperimen dilakukan dengan bahan-bahan peka cahaya dan meyakinkan ilmuwan bahwa menangkap sebuah gambar dengan prinsip cahaya yang sewaktu-waktu terus berkembang. 

 

• Istilah Fotografi Pertama


Setelah penemuan nama Fotografi, di tahun 1827 penemu berikutnya asal perancis yakni, Joseph Niepce. Ia sendiri memproduksi foto pertama yang di desain sendiri dalam kamera kotak kayu. Kamera kayu tersebut berlapis pelat perak. Tidak lama kemudian seorang ilmuwan mengembangkan kembali masalah eksposur fotografi untuk menangkap subjek yang bergerak. Ilmuwan tersebut bernama Jacques Daguerre. Ia mengembangkan proses pembuatan pelat tembaga untuk merekam gambar dan elemen kimia yang berbeda menghasilkan gambar dan merekam spektrum warna parsial. Dari sinilah menjadi lahirnya istilah fotografi. 

 

• Perkembangan Kamera Fotografi


Pada awal ke- 19 perkembangan rol film mampu merevolusi kamera kecil. Pada saat itu fotogari masih populer di masyarakat dan saat zaman itu terciptalah rol film yang sejenis kamera baru seperti kamera film, kamera refleksi lensa tunggal, kamera lensa kembar dan kamera range finder.  Setelah berselang pada tahun 1927 Eastman Kodak memiliki monopoli virtual industri fotografi di amerika serikat dan mendesain ulang kamera dengan komponen elektronik untuk mengukur cahaya, kontrol eksposur otomatis dan pemfokusan pada gambar. Setelah itu di tahun 1980 kamera mode shoot dengan otomatis mulai muncul pertama kali. 

 

• Kamera Digital


Selang beberapa lama, tepatnya di tahun 1970-an kamera digital prototipe dirancang pertama kali. Kamera digital dirancang dengan sensor elektronik dalam bentuk file digital. Secara optik kamera ini di adaptasi dengan kamera sebelumnya yakni berbasis film. Terdapat mekanisme cermin, lensa dan eksposur pada gambar menjadi lebih baik. Sistem elektronik dapat menghasilkan warna cahaya dan dalam bentuk satu set data serta data file ini dapat diproduksi gambar dalam bentuk cetak. 


Kamera digital muncul di tahun 1900-2000-an, bahkan kamera VGA pada hp saat itu masih terbilang cukup digunakan dan tidak mementingkan hal-hal lain. Sementara untuk kamera dengan Megapixel itu sendiri muncul saat brand nokia merilis hp symbiannya yakni Nokia 7610 atau nokia ketupat ini hadir dengan kamera 1 Megapixel-nya. Hal ini sebagai pengenalan awal nama Megapixel dimulai hingga saat ini, megapixel berlomba-lomba memiliki resolusi besar. Dimulai dengan 24 MP, 32 MP, 64 MP, dan 108 MP. Bisa saja kedepannya akan terus membesar megapixel pada smartphone. 

 

4. Smartphone Lipat 


Model smartphone satu ini, bagi kalian mungkin terbilang kaum yang susah untuk meminang smartphone lipat satu ini. Dibalik desain kekinian tentu harga juga menjadi hal yang harus dipikirkan. Makin mahal teknologi dan canggih, makin mahal juga harga yang harus kita bayar dengan teknologi mereka. Smartphone lipat tidak semua brand mengeluarkan, ada beberapa brand yang sudah mengeluarkan produk smartohone lipat yakni Samsung, Huawei, Xiaomi dan terbaru ada kabar dari brand Oppo yakni OPPO X 2021. Kabarnya Oppo X 2021 ini adalah smartphone lipat teranyar dari Oppo. 

 

5. Smartphone Gaming 


Nah, untuk yang satu ini untuk para penggemar gaming atau seorang gamer. Pasti memerlukan spek tinggi agar tidak lag dan baterai tahan lama juga diperlukan saat bermain game. Dulu sebelum era smartphone gaming, hp legendaris Nokia juga mengeluarkan hp gamingnya yakni Nokia N-gage QD dan Nokia Classic. Dua hp ini khusus untuk para pecinta game dan hobi main game tanpa harus mementingkan spek dan RAM yang besar. Berbeda jahu dari sebelumnya dan sekarang, smartphone gaming bertebaran dengan RAM besar dan daya tahan baterai yang besar juga. Ditambah juga aksesoris di setiap brand smartphone keluarkan untuk pelengkap kebutuhan gaming. 

Nah, itulah beberapa teknologi smartphone dulu dan sekarang yang jahu berbeda dan hingga berkembang hingga semakin canggih dan hebat. Dibalik kehebatannya juga biaya yang kita keluarkan juga harus sepadan dengan teknologi yang harus kita bayar. Karena ada istilah ada harga ada barang. Semua itu tergantung dari kalian mau ikutin trend saat ini atau tidak mengikuti teknologi saat ini. Karena sebagian orang lebih mementingkan fungsional dari gadget dibanding dengan gengsi. Gunakan smartphone sesuai dengan budget dan fungsinya. Bukan hanya sekedar gengsi dan semata untuk dipuji orang.