Situs Obrolan dan Video Omegle Resmi Ditutup

Newsartstory.com - Situs Obrolan dan Video Omegle Resmi Ditutup. Situs obrolan dan video Omegle resmi ditutup setelah 14 tahun beroperasi. Omegle sudah beroperasi sejak tanggal 25 Maret 2009 hingga tutup secara resmi pada tanggal 8 November 2023. Pendiri situs omegle yakni Leif K-Brooks turut mengungkapkan alasan ditutupnya Omegle, yakni karena biaya pengelolaan platform yang besar. "Biaya untuk mengoperasikan Omegle, dan memerangi penyalahgunaannya – sangatlah besar.

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Yahoo! Messenger Yang Telah Ditutup

Pengoperasian Omegle tidak lagi berkelanjutan, baik secara finansial maupun psikologis. Sejujurnya, saya tidak ingin terkena serangan jantung di usia 30-an," tulis K-Brooks, sebagaimana dikutip dari situs Omegle. Omegle adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan video atau teks secara acak dengan orang-orang dari seluruh dunia. 


Pengguna dapat memulai obrolan dengan mengklik tombol “Mulai obrolan” atau memilih bahasa, negara, atau jenis kelamin tertentu. Omegle juga memiliki fitur “minat” yang memasangkan Anda dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Omegle adalah salah satu situs web obrolan acak yang paling populer di internet, tetapi ada juga alternatif lain yang menawarkan fitur yang berbeda atau lebih baik. 

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Jejaring Media Sosial Friendster

Di sisi lain, Omegle telah lama dikenal sebagai situs video chat yang kontroversial dan dilingkupi citra negatif semasa hidupnya. Pasalnya, banyak pengalaman pengguna Omegle yang menceritakan terhubung dengan stranger yang tampil tak senonoh di depan kamera dan mendapatkan perilaku yang tak diinginkan ketika berbincang.


Karena masalah keamanan, moderasi, dan privasi itu, Omegle sendiri sudah lama sekali diblokir dan masuk daftar internet positif di Indonesia. Omegle juga masih diblokir dan tidak bisa diakses secara bebas di Tanah Air. Jadi apa kalian pengguna omegle? Kita tunggu saja untuk penutupan situs obrolan dan video mana lagi yang akan ditutup.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis