Nostalgia: BlackBerry Messenger Yang Telah Ditutup

Newsartstory.com - BlackBerry Messenger yang telah ditutup dan menjadi nostalgia. BBM (BlackBerry Messenger) yang sangat hits di era-2000 an hingga akhirnya tumbang oleh aplikasi instan messenger lainnya. Penemu Blackberry Messenger yakni Gary Klassen, namanya mungkin tidak banyak dikenal oleh pengguna BlackBerry Messenger (BBM) di dunia. Meski begitu, mungkin pria inilah yang paling "berjasa" di balik layanan pesan instan itu.

Baca juga: Telkomsel Telah Matikan Jaringan 3G

Kilas balik BlackBerry Messenger

Pada dasarnya, BBM pernah sempat jaya di awal tahun 2000-an. Nama BBM melambung seiring dengan meningkatnya pengguna ponsel BlackBerry. Maklum, BBM hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel BlackBerry. Artinya menggunakan sistem tertutup dan dikembangkan sendiri.

Namun kesuksesan ini membuat BlackBerry cepat berpuas diri. Manajemen ogah menanggapi serius kehadiran iPhone dan android serta beralihnya industri seluler ke tampilan layar sentuh, seperti dikutip the Verge pada saat itu. Sangat arrogan seperti sistem operasi Symbian pada saat itu.

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Jejaring Sosial Path

Ternyata dibalik keputusan itu mereka salah. Perubahan teknologi ke layar sentuh dan kehadiran android terutama, membuat BlackBerry mulai ditinggalkan. Banyak para developer mengembangkan layanan pesan instan di android yang bersifat terbuka ketimbang di BlackBerry. Saat itu yang paling terkenal di era 2000-an yakni perangkat BlackBerry Bold, Curve, Gemini dan lainnya. Apa kalian masih ingat ? Tipe ponsel tersebut yang pernah hits pada zamannya

Munculnya aplikasi instan messenger

Yang menjadi pesaing dan ditinggalka BBM yakni salah satunya yang paling fenomenal hingga sekarang adalah WhatsApp. Dengan cepat layanan pesan instan ini dipakai banyak orang karena pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna ponsel bermerek lain.

Baca juga: Resmi Dirilis ! Inilah Harga dan Spesifikasi Nothing Phone (1)

BlackBerry memang menyadari kesalahanya. Manajemen akhirnya meluncurkan BBM versi android. Namun, hal ini ternyata sudah terlambat. Strategi menutup diri yang diterapkan sebelumnya telah memberikan jalan bagi layanan pesan instan lainnya untuk tumbuh dengan cepat. 

Baca juga: Fitur Avatar 3D Whatsapp Akan Segera Hadir

Dan pada akhirnya BlackBerry Messenger resmi ditutup dan berhenti beroperasi di perangkat seluler seperti Android, iOS dan lainnya. Namun, terdengar kabar yang beredar BlackBerry Messenger dapat dipakai di hp Blackberry saja. Hal tersebut karena memang BBM hanya dikhususkan untuk perangkat seluler BlackBerry.

Simak video pilihan berikut ini: