Pemilu 2024 Akan Datang, Apa Itu KPPS? 

Newsartstory.com - Pemilu 2024 Akan Datang, Apa Itu KPPS? Pernahkah kalian mendengar kata KPPS? Tentunya tidak jahu dari pemilu, pemilu 2024 akan datang di tanggal 14 Februari nanti. Sudahkah kalian tentukan pilihan untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2024?

Apa Itu KPPS?

KPPS itu singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. Mereka adalah panitia khusus yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu).

Ada beberapa tugas utama KPPS adalah:

● Melayani pemilih saat pencoblosan di TPS, mulai dari pengecekan identitas, penyerahan surat suara, hingga pencoblosan.

● Menghitung suara setelah pencoblosan selesai.

● Menyusun berita acara penghitungan suara dan melaporkannya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Anggota KPPS biasanya berjumlah sekitar 7-11 orang dan diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten/Kota. Mereka harus memenuhi persyaratan tertentu seperti:

Baca juga: Mengulas Seputar Pemilu 2024

● Warga negara Indonesia yang sudah sah

● Berusia minimal 18 tahun

● Tidak menjadi anggota TNI/Polri, PNS, atau perangkat desa

● Tidak menjadi pengurus partai politik

● Sehat jasmani dan rohani

Apa Saja Keuntungan Menjadi KPPS?

Pemilu 2024 menjadi pesta demokrasi rakyat indonesia. Dan untuk menjadi KPPS juga memiliki banyak keuntungan, baik secara materi maupun non-materi. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi KPPS:

Keuntungan materi

● Honor

Anggota KPPS mendapatkan honor sebesar Rp 1.100.000 per orang untuk masa penugasan selama 15 hari. Honor ini diberikan secara bertahap, yaitu sebesar 50% pada saat pelantikan dan 50% pada saat selesai penugasan.

● Tunjangan

Anggota KPPS juga mendapatkan tunjangan sebesar Rp 150.000 per orang per hari. Tunjangan ini diberikan untuk keperluan makan dan minum selama penugasan.

Baca juga: Apa Itu Stunting? Mengenal Seputar Stunting

● Jaminan sosial

Anggota KPPS terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan begitu, mereka mendapatkan perlindungan dari kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Keuntungan non-materi

● Pengalaman

Menjadi KPPS merupakan pengalaman berharga yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang demokrasi. Pengalaman ini juga dapat menjadi bekal untuk berkarir di bidang politik dan pemerintahan.

● Pengabdian

Menjadi KPPS merupakan bentuk pengabdian kepada negara dan bangsa. Dengan menjadi KPPS, kita turut berperan dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu.

● Kehormatan

Menjadi KPPS merupakan sebuah kehormatan. Kita dipercaya untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu, yang merupakan salah satu pilar demokrasi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu "Victim of Life" di Lingkungan Sekitar ?

Secara umum, menjadi KPPS merupakan kesempatan yang baik untuk belajar tentang demokrasi, Politik, Mengabdi kepada negara, dan mendapatkan pengalaman berharga. Tetapi jika pekerjaan ini mengganggu pekerjaan utama, lebih baik urungkan niat untuk menjadi KPPS. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis