Nostalgia: Mengenang Sistem Operasi Symbian Yang Terbaik

Newsartstory.com - Nostalgia: Mengenang Sistem Operasi Symbian Yang Terbaik. Pernahkah memakai ponsel Symbian pada era 90-an hingga 2000-an ? Symbian adalah sistem operasi untuk perangkat mobile yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. dan kemudian diakuisisi oleh Nokia.

Baca juga: Kenali Jenis Penyimpanan SSD Pada PC/Laptop 

Sistem operasi ini didesain untuk digunakan pada perangkat mobile seperti ponsel pintar (smartphone) dan tablet. Symbian menjadi sangat populer pada tahun 2000-an dan awal 2010-an, terutama di Eropa, karena banyak produsen ponsel pintar menggunakan sistem operasi ini pada produk mereka.

Symbian didasarkan pada kernel (inti sistem operasi) yang disebut "EKA2" (atau "EPOC Kernel Architecture 2"), yang dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile dengan sumber daya yang terbatas seperti daya baterai dan memori. Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna (user interface) yang disebut "S60" (atau "Series 60"), yang menjadi sangat populer pada ponsel Nokia.

Baca juga: Mengulas Teknologi Kamera Gimbal Pada Perangkat

Namun, pada akhir 2010, Nokia mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke sistem operasi lain, seperti Windows Phone, dan pada tahun 2013, Symbian dihentikan pengembangannya dan tidak lagi didukung. Saat ini, Symbian jarang digunakan dan telah digantikan oleh sistem operasi mobile modern seperti iOS dan Android.

Lantas Kemana Symbian OS Sekarang ?
Symbian OS sayangnya telah dihentikan pengembangannya dan tidak lagi didukung oleh pengembangnya, yaitu Nokia. Penghentian pengembangan ini terjadi pada tahun 2013, karena pada saat itu Nokia telah beralih ke platform lain, yaitu Windows Phone. 


Sejak saat itu, Symbian OS tidak lagi digunakan dan telah digantikan oleh sistem operasi mobile modern seperti iOS dan Android. Beberapa ponsel Symbian yang masih digunakan oleh pengguna mungkin masih dapat berfungsi, tetapi tidak akan menerima pembaruan sistem operasi atau dukungan pengembang.

Oleh karena itu, pengguna yang masih menggunakan ponsel Symbian sebaiknya mempertimbangkan untuk beralih ke platform yang lebih modern dan didukung. Sayang sekali tidak dikembangkan lagi, karena Symbian OS salah satu sistem operasi terbaik pada saat itu. Kalau saja dikembangkan terus hingga sekarang, Symbian OS bisa bersaing dengan Android dan iOS.

Baca juga: Sistem Operasi Mobile Dulu Dan Yang Sekarang

Kurangnya Pengembangan Pada Symbian OS

Symbian OS dihentikan pengembangannya dan tidak lagi didukung karena beberapa alasan. Salah satu alasan utama adalah persaingan yang ketat dengan platform mobile lainnya seperti iOS dan Android, yang menjadi lebih populer di antara pengguna smartphone.

Symbian dianggap kurang kompetitif dan tidak mampu bersaing dengan platform mobile modern lainnya dalam hal fitur, keamanan, dan pengalaman pengguna yang menginginkan fitur masa depan yang hingga sekarang digunakan pada semua smartphone.

Baca juga: Mengintip Era Teknologi Smartphone

Selain itu, Nokia, pengembang utama Symbian, telah beralih ke platform lain, yaitu Windows Phone, pada saat itu. Nokia berharap dapat memenangkan pasar smartphone dengan platform Windows Phone, tetapi strategi ini tidak berhasil, dan Nokia kemudian diakuisisi oleh Microsoft. Oleh karena itu, pengembangan Symbian tidak lagi menjadi prioritas bagi Nokia dan akhirnya dihentikan.

Terakhir, penghentian pengembangan Symbian juga didorong oleh keinginan untuk fokus pada platform yang lebih modern dan didukung pengembang yang lebih besar, seperti Android dan iOS. Ini adalah platform yang lebih populer dan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi mereka dijalankan pada platform mobile yang lebih modern dan terbaru.

Baca juga: Pola Pikir Generasi Milenial Untuk Sebuah Teknologi

Dalam rangka untuk memenuhi tuntutan pengguna dan pasar yang semakin berubah, Nokia dan pengembang Symbian lainnya memutuskan untuk berhenti mengembangkan dan mendukung Symbian dan beralih ke platform lain yang lebih kompetitif dan modern.

Seri Symbian OS Yang Terakhir dan Ditutup

Symbian OS memiliki beberapa seri dan versi yang dirilis selama bertahun-tahun. Seri Symbian OS terakhir yang dirilis adalah Symbian^3 (dibaca sebagai "Symbian tiga"), yang diperkenalkan pada tahun 2010. Beberapa ponsel pintar Nokia yang menggunakan Symbian^3 termasuk Nokia N8, Nokia E7, dan Nokia C7.

Setelah Symbian^3, Nokia merilis Symbian Anna dan Belle sebagai pembaruan untuk Symbian^3. Symbian Anna diperkenalkan pada tahun 2011 dan membawa beberapa perbaikan dan fitur baru, seperti antarmuka pengguna yang lebih cepat dan lebih responsif, serta peningkatan aplikasi Microsoft Office.


Symbian Belle, yang dirilis pada tahun yang sama, membawa peningkatan yang lebih signifikan, termasuk antarmuka pengguna yang lebih modern dan dapat disesuaikan, serta peningkatan pada browser web dan aplikasi kamera.

Namun, setelah penghentian pengembangan Symbian pada tahun 2013, tidak ada seri baru yang dirilis. Sejak saat itu, Symbian OS tidak lagi didukung dan telah digantikan oleh platform mobile modern seperti iOS dan Android.

Baca juga: Cari Tahu Aplikasi Chatting Terbaik Di Hp Dulu Hingga Sekarang

Sangat disayangkan sekali, andaikan sistem operasi Symbian masih ada hingga sekarang ini, bakalan keren dan bisa menjadi saingan dari Android dan iOS. Tapi sekarang Symbian OS telah tutup dan entah apakah bisa dilanjutkan kembali atau tidak. Berharap semoga saja Symbian OS hadir kembali, khususnya para pecinta Symbian Lovers di indonesia.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis