Mengulas Apa itu Analogi ?

Newsartstory.com - Mengulas Apa itu Analogi ? Sudah tahu apa itu analogi ? Analogi adalah berbicara mengenai dua hal yang berlainan, tetapi dua hal yang berbeda tersebut dibandingkan satu sama lain. Konsep analogi kemudian berkembang menjadi berpikir analogi dan penalaran analogi. Penalaran analogi adalah penarikan kesimpulan berdasarkan kemiripan data atau proses. Secara singkat, analogi merupakan persamaan yang biasa digunakan untuk menjelaskan suatu hal.

Baca juga: Mengenal Apa itu " Kill The Messenger" ?

Lantas apa tujuan analogi ?

Terkadang tidak semua hal di dunia ini dapat dipahami dengan mudah, terutama untuk hal-hal yang belum bisa dilihat langsung. Untuk menjelaskan hal-hal yang kurang familiar, biasanya digunakan bentuk lain yang menyerupai dengan tujuan mendapatkan gambaran pengertian topik obrolan yang dimaksudkan, dengan maksud tertentu.

Walaupun pengertian yang didapat tidak benar-benar sama seratus persen, paling tidak mendekati wujud nyata atau identik dengan apa yang dimaksudkan. Agar orang yang menerimanya dapat berpikir dengan baik, maksud analogi dalam pembahasan.

Baca juga: Ketahui ! Apa itu Post Power Syndrome ?

Dalam analogi, utamanya sesuatu yang masih abstrak atau sulit untuk ditafsirkan secara langsung. Dengan demikian, perkara yang sulit dapat dipahami dengan mudah. Contoh kalimat yang menggunakan analogi : Kenapa kau berkelahi dengan temanmu ?  Kau seperti tikus dan kucing.

Analogi tidak hanya digunakan untuk menjelaskan suatu benda dan kosa kata saja, tapi juga menjabarkan sebuah peristiwa. Dalam sebuah peristiwa, orang perlu mendapatkan analogi kejadian sehingga mampu membentuk sebuah persepsi yang tepat. 

Baca juga: Mengapa Orang Cerdas Lebih Suka Sendiri

Dalam sebuah kasus, tujuan analogi adalah memberikan gambaran dari peristiwa lain yang serupa terhadap suatu peristiwa yang sedang dihadapi lengkap dengan sudut pandang dan posisi yang terjadi dari diri sendiri.

Lalu Apa Ciri-Ciri Analogi ?

Untuk selengkapnya mengenai ciri-ciri analogi dalam topik pembahasan atau obrolan satu sama lain, kalian bisa mengetahui kalimat yang bisa membuat analogi sendiri: 

  • Membandingkan dua hal yang sama atau memiliki kesetaraan dalam pengertian atau ciri umumnya.
  • Paragraf analogi berisi dua hal, yaitu satu hal perumpamaan dan satu hal lain adalah peristiwa lain yang sejalan dengan perumpamaan tersebut.
  • Menggunakan kata-kata; seperti, laksana, bagaikan, sebagaimana, seolah, dan layaknya.

Baca juga: Finansial sudah Merdeka ? Mengulas Seputar Merdeka Finansial

Itulah ciri-ciri analogi. Apabila menemukan tiga hal tersebut pada sebuah tulisan, maka kemungkinan besar kalimat atau paragraf tersebut masuk kategori analogi. Terutama didalam pelajaran disekolah ya !

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel