Apa itu BI-FAST ? Simak Perbedaan BI-FAST dan Realtime Online

Newsartstory.com - Apa itu BI-FAST ?Apa Perbedaan BI-FAST dengan Realtime Online ? Melakukan transaksi perbankan adalah aktivitas rutin yang dilakukan banyak orang di era modern, mulai dari transfer, tarik tunai, hingga bayar tagihan. Inovasi juga terus digenjot untuk memberikan kemudahan transaksi, termasuk hadirnya BI Fast dan realtime online.

Baca juga: Mengenal Apa itu Scam ? Inilah Jenis-Jenis Scam

Ini meski sering dianggap sama, kedua layanan tersebut ternyata punya beberapa perbedaan. BI Fast memang merupakan layanan baru yang diperkenalkan oleh Bank Indonesia (BI) pada akhir 2021 lalu. Jauh sebelum itu, masyarakat lebih akrab dengan realtime online untuk melakukan transaksi perbankan. Kedua layanan tersebut memang terkesan mirip serta menjadi penunjang transaksi yang aman dan efisien.

Lantas apa itu BI-FAST ?

BI-FAST adalah sebuah layanan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang memfasilitasi pembayaran ritel secara realtime, aman, efisien, dan tersedia setiap saat.

Baca juga: Mengulas Seputar Aplikasi Sea Bank

BI Fast diperkenalkan dan diimplementasikan secara bertahap sejak Desember 2021 dengan prioritas awal adalah transfer kredit individual. Selanjutnya, BI Fast akan terus berkembang selaras dengan arah kebijakan Bank Indonesia. 

Beberapa bank telah menerapkan sistem pembayaran online dengan menggunakan BI-FAST. Dan untuk melakukan transaksi transfer uang ke bank lain hanyalah Rp2.500 rupiah. Sangatlah murah dengan lakukan transaksi Realtime Online yang dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500 rupiah.

Baca juga: Telkomsel Telah Matikan Jaringan 3G

Berapakah Nominal transaksi BI-FAST dan Realtime Online ?

Untuk transfer uang khususnya,nominal transaksi yang lebih besar juga bakal kalian rasakan saat menggunakan BI Fast. Jika layanan realtime online umumnya hanya bisa melayani Rp25 juta per transaksi, BI Fast bisa lebih dari itu. Pengguna BI Fast sanggup melakukan transfer Rp250 juta per transaksi. Namun, batas nominal transaksi ini bakal disesuaikan dengan masing-masing bank. Jadi, tanyakan pada bank masing-masing kalian ya.

Baca juga: Tertarik Jadi Freelancer ? Coba Gunakan Clickworker

Jadi, sudah perbedaan antara transaksi BI-FAST dan Realtime Online ? Memang keduanya adalah salah satu layanan transaksi transfer uang. Hanya saja perbedaan besar admin yang harus kalian bayar, apabila transfer uang berbeda dari bank yang kalian tuju. Gunakan fitur Bi-Fast pada masing-masing bank yang telah tersedia dengan layanan tersebut. sekian dan semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel