Blogging: Mengenal Apa itu CPM, CPC dan CTR ?

Newsartstory.com- Apa kalian tahu apa itu CPM, CPC dan CTR pada blog atau marketing bisnis online. Khususnya untuk anda seorang blogger dan hendak ingin terjun sebagai penulis konten blog. Banyak sekali istilah-istilah tersebut sebelum kalian menggunakan jenis iklan untuk blog kalian. Apalagi jenis iklan berbeda-berbeda, contohnya saja Google Adsense yang menggunakan sistem CPC.

Baca juga: Pembahasan, apa itu Vlogger dan Blogger ?

Google Adsense memang menjadi salah satu tujuan para blogger untuk meraup keuntungan atau cuan dalam menulis. Selain Google Adsense terdapat juga layanan jaringan iklan lainnya seperti MGID, Adsterra, ExoClick dan lainnya. Untuk mereka menggunakan sistem CPM. Nah, kali ini kita akan membahas seputar apa itu CPM, CPC dan CTR pada blog. Berikut ini ulasan singkatnya:

CPM (Cost per Mile)

Baca juga: Membahas Agar Diterima Google Adsense Untuk Pemula

Yang pertama yakni CPM. CPM ini adalah sistem perhitungan iklan berdasarkan jumlah impresi (impression). Impresi ini juga bisa disebut page views. Nah, untuk sistem Cost per Mile sendiri diartikan sebagai sistem perhitungan per seribu impresi/tayangan. Karena Mile itu sendiri merujuk pada jumlah 1000. Jadi berdasarkan jumlah visitor atau pengunjung di setiap halaman blog kalian.

CPC (Cost per Click)

Sedangkan untuk CPC ini, sesuai dengan namanya, perhitungan iklan didasarkan pada jumlah klik terhadap iklan tersebut. Salah satunya yang menggunakan sistem CPC yakni Google Adsense. Sistem CPC yakni nantinya iklan mendapatkan klik yang banyak, maka akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan.

 Baca juga: Mengenal Hewan Ovovivipar dan Jenisnya

Jadi rumus perhitungannya seperti ini. Total biaya iklan = CPC x jumlah klik. Namun, untuk perhitungan yang didapatkan juga berbeda-beda. Tidaklah sama, kadang juga klik iklan diberikan dengan harga yang kecil. Itu semua tergantung iklan yang muncul pada jaringan iklan CPC ini. 

Baca juga: Ulasan Seputar, Apa Itu Logo C, R dan TM ?

Akan tetapi seperti pada CPM, jika Anda ingin beriklan di Google AdWords atau Facebook Ads, harga CPC nya itu belum bisa diketahui dari awal. Sehingga Anda hanya bisa menentukan budget dulu.

Baca juga: Mau Hilangkan Uban ? Simak Tips Berikut Ini

Jadi seperti itu perbedaan keduanya. Dan semoga Anda jadi tahu mau menggunakan sistem perhitungan yang mana. Kalau Anda ingin iklan Anda dilihat banyak orang, lebih baik pakai CPM. Sedangkan jika Anda ingin iklan bisa menghasilkan konversi ke website Anda dan jumlah klik yang banyak, berarti pakai yang CPC.

Apa itu CTR ?

Terakhir CTR (Click Through Rate), ini bukan sistem perhitungan harga iklan tetapi lebih untuk melihat apakah iklan kita bisa berjalan secara efektif atau tidak. Misalnya saja jumlah views iklannya banyak tetapi kok jumlah kliknya kecil. Nah, kita bisa melihat perbandingannya melalui CTR ini.

CTR ini juga punya rumus, yaitu :

CTR = jumlah klik / jumlah pengunjung

 Baca juga: 5 Cara Atasi Hp Android Lemot

 Kalau nanti Anda melihat di statistik iklannya nilai CTR besar, berarti iklan Anda efektif. Tetapi jika sedikit berarti iklan kurang optimal. Khususnya untuk para pengguna iklan Google Adsense, kalian perlu perhatikan untuk tidak terlalu membuat CTR sangat tinggi.

Baca juga: Langkah Menghapus Akun Google Secara Permanen

Menurut sumber dan kabar beredar, semakin tinggi CTR maka ada kemungkinan iklan Adsense anda terjadi masalah, entah itu pembatasan iklan, blog kena banned atau mungkin akun kalian ditutup oleh google. Untuk itu kalian hindarkan gunakan VPN atau RDP dalam lakukan Klik iklan sendiri pada blog kalian. Tindakan tersebut menyebabkan akun adsense anda di banned atau ditutup oleh google.

Baca juga: Cukup Mudah Bagi Pemula! Berikut Cara Membuat Blog di Blogger

Nah, itulah ulasan Seputar apa itu CPM, CPC dan CPM pada blog. Semoga kalian paham dan mau belajar soal jenis sistem pembayaran pada jaringan iklan yang akan ingin kalian pasang pada blog. Jadi, perlu research terlebih dahulu jenis iklan ya, sekian dan terima kasih. 

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel