Pembahasan, apa itu Vlogger dan Blogger ?


NewsArt Story - Vlogger dan Blogger adalah profesi yang cukup menjanjikan hingga saat ini, walaupun para content creator seperti youtuber, tiktoker, selebgram dan sebagainya juga masih sangat menjanjikan hingga sekarang. Semua tidak lepas dari perkembangan dunia industri digital mengalami peningkatan yang cukup pesat setiap tahunnya. Banyak sekali pekerjaan baru yang muncul dari penggunaan media digital dari sisi pembuatan konten, baik dari media berupa teks maupun video. 

Nah, untuk kali ini akan membahas dan mengulas lebih dalam mengenai perbedaan vlogger dan blogger versi newsartstory.com. bagaimana cara membuat konten video pada channel Youtube newbie untuk para vlogger dan untuk menulis yakni blogger newbie. Tujuannya adalah supaya konten yang dibuat mendapatkan peningkatan jumlah trafik pengunjung, serta melakukan optimasi konten yang baik pada search engine Youtube dan google (untuk blogger) tentunya untuk dapatkan uang ya guys !! 

Pengertian Vlogger dan Blogger

Video blogging atau vlog adalah sebuah blog, dimana terdapat konten berupa video di dalamnya dan nantinya akan diunggah melalui situs kanal media sosial Youtube. Orang yang biasa membuat vlog disebut dengan vlogger. Dalam pembuatan konten video, terdapat beberapa tahapan khusus yang harus dilakukan. Mulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Selain itu, konten yang dapat dibuat juga bermacam – macam, disesuaikan dengan kebutuhan dari channel content creator tersebut. ataupun hobi yang mereka ingin kembangkan kedalam sebuah vlog. Untuk saat ini, konten yang paling sering digunakan yaitu dalam bidang memasak, tutorial, musik, komedi, gaming, hingga review makanan. Untuk durasi video dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk rata – rata durasi dari vlog biasanya sekitar 10 hingga 15 menit.

Sementara untuk blogger yakni seseorang yang menulis konten artikel pada blog milik mereka lalu menerbitkannya. para blogger biasanya membuat konten mereka berdasarkan hobi, kejadian, suasana hati dan moment serta ada juga yang hanya ingin mendapatkan cuan saja. untuk kata mendapatkan cuan atau uang saja tidak semudah itu loh ! banyak beberapa blogger newbie yang hanya membuat postingan beberapa saja langsung mereka ajukan ke google adsense. 

Terjadi penolakan sering terjadi, karena para blogger newbie atau pemula terburu-buru dalam mengajukan blog mereka. ikutin persyaratan dan ketentuan serta kebijakan google adsense terlebih dahulu, barulah nanti akan diterima sebagai mitra google adsense dan pastinya blog kalian akan menghasilkan uang. 

Baca JugaMembahas Agar Diterima Google Adsense Untuk Pemula

Jenis – jenis vlog 

Sebelum membuat konten vlogging, anda harus mengetahui beberapa kalimat dari jenis vlog yang biasa digunakan.

1. How-To

Jenis yang pertama adalah How-To, dimana jenis ini banyak digunakan oleh para reviewer dan vlogger karena memberikan konten yang edukatif dan menarik. Untuk jenis ini biasanya video dalam penyajian memberikan tips, tutorial, dan cara untuk menggunakan suatu alat atau bahan.Untuk proses pengambilan video terbilang cukup sulit, karena harus memperhatikan angle kamera, sudut, pencahayaan, script, hingga alat peraga. Contoh dari vlog How-To adalah tutorial memasak,tutorial coding html sendiri, tips & trik menggunakan Adobe Photoshop, dan masih banyak lagi.

2. Reality

Jenis yang satu ini banyak digunakan oleh para traveler yang memiliki hobi untuk berkeliling menjelajahi berbagai tempat wisata yang unik dan menarik. Untuk durasi pengambilan video lebih lama. Tingkat kesulitan dalam pengambilan video ini cukup sulit dan yang perlu dipersiapkan adalah penggunaan microphone supaya audio yang dihasilkan terdengar dengan jelas.Peran dari video image stabilizer sangatlah penting, supaya pengambilan video lebih jelas dan tidak menghasilkan gambar yang goyah. Untuk jenis ini sering digunakan di luar ruangan tidak ada batasan tempat untuk mengerjakan sesuatu.

3. Talking Head

Jenis yang terakhir ini adalah vlog talking head, dimana biasanya berisi hanya satu orang saja yang melakukan pembicaraan didepan kamera langsung dengan menampilkan kepala hingga setengah badan saja. Pada umumnya, konten yang disajikan merupakan opini yang dibuat oleh creatornya sendiri. memberikan pendapat dan menyampaikan aspirasinya didepan kamera. Untuk menjalankan vlog jenis ini, anda perlu untuk mempersiapkan beberapa hal penting seperti tripod, kamera atau smartphone, hingga mempersiapkan pencahayaan yang mendukung. Seorang youtuber saat ini banyak menggunakan vlog jenis yang satu ini.

Jenis – jenis Blog

Untuk pembahasan mengenai jenis-jenis blog tidaklah sebanyak dengan Vlog yang begitu rumit dibanding ngeblog. untuk jenis-jenis blog terdapat nama atau kata yang disebut dengan niche. Niche sendiri atau bisa dikenal dengan tema pembahasan pada blog. contohnya niche pendidikan, memasak, teknologi, otomotif, game dan sebagainya. para content writer memiliki keahlian atau bidang niche apa yang mereka kuasai. ada juga niche gado-gado (campur-campur. jadi, para blogger bebas ingin jadikan blog mereka menjadi situs website atau hanya semacam blog pribadi saja. 

Cara membuat vlog untuk youtube channel

Ada beberapa tips dan cara membuat vlog untuk pemula, khususnya bagi youtuber yang ingin mengembangkan konten edukatif dan komunikatif. Berikut merupakan beberapa step yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

1. Mempersiapkan tool untuk membuat konten video

Dalam membuat vlog, yang pertama harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat video. Untuk perangkat yang digunakan dapat berupa smartphone, laptop, PC, maupun tablet. Sementara untuk software (perangkat lunak)dapat menggunakan Adobe Premiere, Camtasia, Filmora dan masih banyak lagi aplikasi lain. 

Kemudian, carilah tempat yang sunyi atau terhindar dari suara yang terlalu keras dan dapat mengganggu jalannya proses pembuatan video.Setelah itu, anda perlu untuk mempersiapkan script atau pembahasan mengenai informasi yang ingin anda sampaikan kepada penonton. Anda perlu untuk meningkatkan kepercayaan diri agar penampilan anda lebih optimal dan tidak terkesan kaku.

2. Melakukan optimasi pada saluran youtube

Berikutnya ini, setelah sekitar 300 jam video berhasil diupload melalui channel Youtube. Tetapi masih banyak video yang masih terabaikan dan cenderung belum optimal dalam mesin pencarian Youtube.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma dari Google dan Youtube yang terus berubah. Pertama, yang harus anda lakukan adalah aktif dalam mengunggah berbagai konten video secara rutin di kanal media sosial Youtube. Yang kedua, pastikan anda memiliki resolusi dan kualitas video yang baik. 

Lakukan proses shooting dan pengambilan tiap scene dengan format HD (High Definition). Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci (keyword) untuk memastikan konten yang anda buat telah tepat sasaran dan sedang trend saat ini. Dan yang terakhir adalah dengan mengumpulkan jumlah subscriber sebanyak – banyaknya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan engagement dan trafik yang dihasilkan. Dengan banyaknya jumlah subscriber, tentu saja sangat berpengaruh dalam  mengoptimalkan vlog dalam youtube.

3. Meningkatkan viewer action untuk youtube channel

Untuk mendapatkan konten secara organik, anda perlu mendapatkan banyak viewer yang melakukan action (aksi) berupa langganan, menulis komentar, merespon komentar dan membagikan video pada media sosial. Anda perlu untuk mengajak subscriber atau penonton supaya menyukai, dan memberikan komentar pada video anda. Pastikan juga untuk menekan tombol subscribe dan menghidupkan lonceng notifikasi agar mendapatkan update terbaru dari video anda.

4. Melakukan optimasi metadata video

Metadata merupakan segala informasi yang berkaitan dengan video anda untuk membantu Youtube mengetahui isi dari video tersebut.  Elemen yang terdapat dalam sebuah metadata, adalah judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan anotasi). Pastikan untuk mengisi setiap metadata dengan kata kunci konten anda.

5. Membuat thumbnail dan anotasi

Membuat sebuah thumbnail yang menarik sangat diperlukan untuk menarik minat penonton untuk mengunjungi channel dan konten anda. Biasanya, user akan melihat thumbnail dan judul yang menurut mereka menarik. Pastikan dalam pembuatan desain thumbnail sesuai dan relevan dengan konten video anda. Kemudian, anotasi merupakan teks yang anda tambahkan pada bagian atas video. Penggunaan dari anotasi sendiri sebagai call to action dan bertujuan supaya pengunjung meng- subscribe channel anda.  

Baca JugaDunia Blogger: Mengenal Apa itu Artikel Spinner ?

Cara ngeblog untuk publikasikan postingan

para blogger pasti sudah paham cara menulis artikel, membuat postingan dan mengedit tulisan itu sendiri. tidak banyak tools yang harus digunakan dibanding dengan ngeVlog. kalian hanya membuat artikel berupa tulisan apapun, kemudian memberikan judul pada artikel, jangan lupa sisipkan gambar agar makin menarik dan terakhir pemberian lebel pada artikel yang akan dipublikasihkan. setelah semua selesai, kalian menuju ke Google Seacrh Console atau gsc untuk menginspeksi url artikel sekaligus mengupdate peta situs supaya artikel dapat terindex oleh mesin pencarian google. 

Baca JugaMengenal Pengertian Template Blog

Kesimpulan

Vlog adalah salah satu konten blog berupa video yang nantinya akan diunggah ke situs media sosial seperti Youtube, Tiktok, Instagram dan lainnya.Terdapat tiga jenis dari vlog, yaitu How-To, Reality, dan Talking Head. Dimana, untuk ketiga jenis tersebut dibedakan berdasarkan bentuk penyajian konten yang ditampilkan.Dan terdapat beberapa langkah untuk membangun vlog yang baik dan relevan saat ini. 

Diantaranya adalah mempersiapkan berbagai tool, mempersiapkan viewer action, melakukan optimasi metadata, serta menambahkan thumbnail dan anotasi.tentunya kesabaran untuk membuat kanal youtube channel vlog kalian bisa di monetisasikan oleh google.

Sementara ngeblog adalah pekerjaan para blogger untuk menulis konten artikel, berbagi tips dan tools tidaklah terlalu banyak untuk digunakan. intinya adalah bagi seorang blogger yakni menulis, mengedit, menambahkan dan memposting artikel, itulah seorang blogger.