Langkah Menghapus Akun Google Secara Permanen


NewsArt Story - Bagi pengguna Android pasti sudah familiar dengan Akun Google (Google Account). Akun ini merupakan "modal" untuk mengakses ponsel Android. Selain itu,  Akun Google juga digunakan untuk mengakses berbagai fitur Google seperti Gmail, Google Sheets, Google Keep, Google Slide, dan banyak fitur Google lainnya yang bisa kalian gunakan.


Tidak jarang, pengguna smartphone android memiliki lebih dari satu Akun Google dengan fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk keperluan komunikasi pribadi, pekerjaa, sekolah, dan sebagainya. Terkadang, beberapa pengguna ingin menghapus salah satu atau bahkan seluruh Akun Google-nya dengan alasan tertentu. 

Misalnya saja karena ingin mengubah akun, alasan keamanan dan privasi, atau alasan lainnya. Perlu diketahui jika pengguna sudah yakin akan menghapus Akun Google miliknya, ia tidak akan bisa mengakses data-data yang telah tersimpan dan berbagai fitur yang telah terintegrasi Google. 


Pengguna juga tidak bisa mengembalikan akun yang sudah dihapus. Maka dari itu, ada baiknya sebelum menghapus Akun Google, pengguna dapat melakukan back up (cadangkan) berbagai data yang terhubung dengan akun Google. 


1. Buka akun Google di browser (peramban) Anda
2. Masuk/sign in dengan memasukan alamat email dan password Anda seperti biasanya
3. Klik profil Google Anda kemudian pilih “Kelola Akun Google Anda”

4. Pada menu sebelah kiri pilih “Data dan Privasi”
Scroll sampai ke bawah dan pilih “Menghapus Akun Google Anda”

5. Setelah Anda akan disarankan untuk mengetikkan password akun Google Anda
Kemudian klik “Lanjutkan”

6. Setelah itu anda akan dihadapkan dengan halaman “Menghapus Akun Google Anda”. Di sini Anda akan diberikan beberapa informasi tentang penghapusan akun Anda dan beberapa data yang masih terintegrasi dengan Akun Google Anda tersebut.

Anda juga akan menemukan tautan untuk mengunduh data sebelum dihapus. Setelah yakin untuk menghapus akun Google Anda, scroll (gulir) ke bawah. Namun, jika Anda berubah pikiran dan ingin mencoba mengembalikan akun Google Anda, klik “Account Support/Dukungan Akun” dan ikuti langkah-langkahnya kembali.