PayPal, Dota dan Steam Diblokir, Tagar #BlokirKominfo Ramai


Newsartstory.com - PayPal, Dota dan Steam di blokir karena aturan PSE dari Kominfo dengan sejumlah platform lainnya, mulai dari platform game hingga Paypal diblokir oleh Kementerian Kominfo. Warganet bereaksi cepat setelah mengetahui pemblokiran itu dan tagar #BlokirKominfo menjadi trending topik di Twitter.

Baca juga: Fitur "Unmention" Twitter Telah Dirilis

#BlokirKominfo trending di Twitter hingga Sabtu siang pukul 11:05 WIB. Kebanyakan warganet menyayangkan pemblokiran tersebut dan menyebut banyak pihak yang dirugikan karena keputusan tersebut. Beberapa dari mereka juga bingung dengan pemblokiran tersebut. Sebab banyak platform game yang diblokir, padahal untuk membeli game dikenakan pajak, namun pada akhirnya diblokir.

Baca juga: Tertarik Jadi Freelancer ? Coba Gunakan Clickworker

Paypal dan sejumlah paltform game lainnya, platform pembayaran, juga jadi salah satu yang diblokir. Beberapa pengguna Twitter yang menyatakan sejumlah masyarakat yang mencari nafkah melalui layanan tersebut dan menyayangkan aksi pemblokiran tersebut. Menurut kabar yang beredar, saat ini hanyalah sebatas pemblokiran sementara.

Baca juga: Nostalgia Dengan Nimbuzz, Masih Ingatkah ?

Berikut ini total ada 8 platform yang diblokir Kementerian Kominfo:

1. Yahoo search engine 

2. Steam

3. Dota2

4. Counter-Strike

5. EpicGames 

6. Origin.com 

7. Xandr.com 

8. paypal

Seluruh rangkaian Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) itu disebut tidak mendaftar ke Kominfo hingga Jumat (29/7/2022) pukul 23:59 WIB. Platform tersebut juga menghindar dari pendaftaran hingga berakhir 20 Juli 2022 lalu. Sehingga PayPal terblokir oleh aturan PSE Kominfo.

Baca juga: Nostalgia: BlackBerry Messenger Yang Telah Ditutup

Pendaftaran PSE domestik dan asing tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Baca juga: Fitur Avatar 3D Whatsapp Akan Segera Hadir

Berdasarkan data per tanggal 30 Juli 2022 pukul 07:59 di laman pse.kominfo.go.id, terdapat 288 PSE asing dan 8.721 PSE domestik yang mendaftar. Wah sangat disayangkan, padahal PayPal adalah E-wallet pembayaran digital yang cukup berguna bagi masyarakat dalam bertransaksi. PayPal sebagai alat pembayaran sangatlah penting dan semoga saja hanyalah pemblokiran sesaat.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel