Bukan Android 13, Google Rilis Pembaruan di Android 12.1


NewsArt Story - Jakarta, Bulan mei lalu, Google telah memperkenalkan Android 12 sebagai pembaruan sistem operasi mobile terbarunya. Versi beta finalnya pun sudah digulirkan dan akan segera menyusul Android 12 versi stable dalam waktu dekat. Walapun versi stable masih belum resmi disebar, penerus Android 12 sudah ramai dibicarakan. 


Akan tetapi, justru bukanlah Android 13 yang diperkenalkan, melainkan pembaruan minor dari Android 12, yakni Android 12.1. Versi tersebut kabarnya tengah disiapkan Google selaku pengembang Android. Android 12.1 kabarnya akan lebih dulu diluncurkan sebelum perilisan Android 13 tahun depan. Android 12.1 disebut akan menjadi awal debut peluncuran di Pixel 6 series yang kabarnya akan diperkenalkan tanggal 28 Oktober mendatang.

Penamaan Android menggunakan "titik" sudah pernah dilakukan Google. Sebelumnya, Google pernah merilis pembaruan Android Oreo 8.1 di tahun 2017 yang merupakan update minor dari Android Oreo 8.0. Setelah itu, Google belum pernah lagi meluncurkan pembaruan minor dengan penamaan versi menggunakan titik.
Dirangkum NewsArt Story dari Gizmo China, Minggu (12/9/2021), Google telah mengimbau para pengembang untuk memperbarui aplikasinya ke API level 31. 

API tersebut merupakan framework API yang diberikan oleh Android 12. Untuk diketahui, Android 11 memiliki level API 30, sedangkan Android 10 memiliki level API 29. Sejak perilisan awal, setiap level API dari Google akan disertai nomor versi Android. Misalnya, level API 29 sesuai dengan Android 10. Sementara, rumor yang beredar, kehadiran Android 12.1 ini terendus oleh XDA Developer yang menemukan bukti di dalam Android Open Source Project (AOSP) berupa API level 32 sesuai Android 12 "sc-va", bukan sesuai dengan Android 13.

Seharusnya, API level 32 sesuai dengan versi Android selanjutnya, yakni Android 13, sebab API level Android 12 yang ada saat ini adalah level 31. Inilah yang menjadi indikasi kehadiran Android 12.1. Menurut kabar, kode "sc-va" adalah kode baru. Dalam kode baru itu, Google mengubah level API, di mana Native Developement Kit (NDK) API akan tersedia pertama kali dari level 32 ke 33.
Sekilas informasi, NDK adalah seperangkat tools yang memungkinkan pengembang menyematkan komponen yang menggunakan kode asli di aplikasi Android. 

Namun indikasi itu masih bersifat dugaan. Mungkin, Google memang akan merilis pembaruan sementara di tengah-tengah perilisan antara Android 12 dan Android 13 dengan perubahan nomor versi yang bisa dilihat pengguna, yakni dengan Android 12.1. Namun, bisa jadi bahwa API level baru tadi tidak disertai penomoran versi baru dan tidak menutup kemungkinan akan digunakan dalam bentuk lain.