Cari Tahu Seputar Merkuri Untuk Wajah

Newsartstory.com - Cari Tahu Seputar Merkuri Untuk Wajah. Pernahkah kalian membeli kosmetik untuk wajah? Sudah tahukah seputar merkuri? Ini bisa menjadi masalah karena merkuri dapat menyebabkan keracunan dan masalah kesehatan serius jika diserap oleh tubuh melalui kulit atau pernapasan. Produk yang mengandung merkuri biasanya dianggap berbahaya dan sebaiknya dihindari.

Baca juga: Rosacea: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Ciri-Ciri Produk Kosmetik Mengandung Merkuri

Selain harus diwaspadai, berikut beberapa ciri-ciri produk kosmetik yang mengandung merkuri dapat meliputi:

1. Aroma yang aneh: Produk yang mengandung merkuri dapat memiliki aroma yang tidak biasa atau tidak sedap.

2. Warna yang tidak biasa: Produk tersebut mungkin memiliki warna yang tidak biasa atau tidak cocok dengan produk kosmetik lainnya.

3. Reaksi kulit: Penggunaan produk tersebut dapat menyebabkan reaksi kulit seperti kemerahan, iritasi, atau bahkan bercak putih pada kulit.

Baca juga: Pengertian Penyakit Scabies dan Apa itu Scabies ?

4. Pelepasan catatan medis: Merkuri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika diserap oleh tubuh. Produk yang mengandung merkuri biasanya tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan atau dokter kulit.

5. Kemasan yang tidak jelas: Produk tersebut mungkin tidak memiliki label yang jelas atau informasi yang mencantumkan kandungan bahan.

Jika ada keraguan tentang apakah suatu produk mengandung merkuri, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau profesional kesehatan lainnya.

Gejala Terjadinya Merkuri Pada Wajah

Perlu diketahui terdapat gejala keracunan merkuri pada wajah termasuk:

Baca juga: Morning Sickness: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

1. Iritasi kulit: Kulit bisa menjadi kemerahan, gatal, atau bahkan terasa terbakar.

2. Bercak putih atau abu-abu: Merkuri dapat menyebabkan bercak putih atau abu-abu pada kulit yang disebut sebagai merkuriasi.

3. Pembengkakan: Daerah yang terkena merkuri bisa membengkak.

4. Kulit kering atau bersisik: Kulit mungkin terasa kering dan bersisik.

5. Ruam atau eksim: Mungkin terjadi ruam atau eksim di area yang terpapar merkuri.

6. Perubahan pigmen: Merkuri dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit, seperti lebih gelap atau lebih terang dari biasanya.

7. Sensitivitas terhadap sinar matahari: Kulit yang terkena merkuri bisa menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Baca juga: Simak Seputar Nyeri Haid Pada Wanita

Jika mengalami gejala-gejala ini setelah menggunakan produk kosmetik, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk saran lebih lanjut. Lebih baik gunakan kosmetik dengan brand nama yang ada daripada harus murah tetapi mengandung merkuri yang sangat berbahaya untuk wajah. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis