Apa Itu Mindfulness? Jaga Mental Health Dalam Hidup


Newsartstory.com - Apa Itu Mindfulness? Jaga Mental Health Dalam Hidup. Sebagian orang menjaga kesehatan perlulah dilakukan agar terlihat baik. Mengurangi beban hidup dan melakukan healing mungkin menjadi salah satu orang lakukan.

Baca juga: Alami Value Memories ? Simak Seputar Value Memories

Lantas Apa Itu Mindfulness Dalam Hidup?

Mindfulness adalah praktik mental yang melibatkan kesadaran penuh terhadap pengalaman saat ini tanpa penilaian atau reaksi. Ini melibatkan fokus pada pernapasan, tubuh, pikiran, atau lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran diri dan mengurangi tingkat stress berkepanjangan.

Keuntungan Dalam Mindfulness

Adapun keuntungan mindfulness yang didapat jika menerapkannya dalam hidup meliputi:

Baca juga: Mengenal Apa itu Self Healing ?

1. Mengurangi stres: Dengan membawa kesadaran pada saat ini, mindfulness dapat membantu mengurangi perasaan cemas dan stres.

2. Meningkatkan konsentrasi: Praktik mindfulness dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus pada tugas yang sedang dilakukan.

3. Mengelola emosi: Dengan meningkatkan kesadaran terhadap pikiran dan perasaan, mindfulness dapat membantu dalam mengelola emosi dengan lebih baik.

4. Meningkatkan kesejahteraan mental: Banyak penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesejahteraan mental secara umum.

5. Meningkatkan kualitas tidur: Praktik mindfulness sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih berkualitas.

Cara Lakukan Mindfulness

Baca juga: Apa Mental Health Penting ? Simak Pengertian Apa itu Mental Health ?

Ada beberapa langkah sederhana untuk melakukan mindfulness:

1. Temukan waktu dan tempat yang tenang: Carilah tempat yang tenang dan nyaman dimana tidak akan terganggu.

2. Posisi yang nyaman: Duduk dengan nyaman dengan punggung lurus atau berbaring, sesuai dengan preferensi.

3. Fokus pada pernapasan: Mulailah dengan mengarahkan perhatian pada pernapasan. Rasakan masuk dan keluarnya napas dengan tenang.

4. Perhatikan pikiran dan sensasi: Biarkan pikiran-pikiran datang dan pergi tanpa menilainya. Jika pikiran melayang, bawa perhatian kembali ke pernapasan.

5. Jelajahi tubuh: Bawa perhatian ke sensasi di berbagai bagian tubuh, mulai dari ujung jari hingga ujung kepala.

6. Praktikkan kesadaran penuh: Cobalah untuk menjadi sadar penuh terhadap pengalaman saat ini, tanpa penilaian atau reaksi.

7. Lakukan dengan konsistensi: Lakukan latihan mindfulness secara teratur, bahkan jika hanya untuk beberapa menit setiap hari. Semakin melakukannya, semakin baik dalam mengembangkan kesadaran diri.

Baca juga: Alami Anxiety ? Ketahui Apa itu Anxiety

Kesimpulan

Mindfulness sangatlah penting untuk jaga mental health agak tetap sehat. Terutama menyadarkan diri kalau setiap hari pasti adanya masalah hidup. Menjaga tubuh dan pernapasan agar tetap stabil dan tentunya hindari orang-orang yang memiliki banyak masalah baik itu secara internal maupun eksternal. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis