Apa Itu Orientasi Seksual? Apa Perbedaan Orientasi Seksual dengan Penyimpangan Seksual

Newsartstory.com - Apa Itu Orientasi Seksual? Apa Perbedaan Orientasi Seksual dengan Penyimpangan Seksual. Dalam kesehatan jiwa terdapat gen yang dapat membuat seseorang memiliki orientasi seksual. Terkadang orientasi seksual dikaitkan dengan LGBTQ+. Dan itu membuat lingkungan sekitar ramai diperbincangkan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Self Healing ?

Sebelumnya pembahasan penyimpangan seksual sudah terbit. Sangatlah berbeda dengan penyimpangan seksual. Untuk pembahasan seputar Penyimpangan Seksual, simak artikelnya berikut ini Sex Education: Apa itu Penyimpangan Seksual ? Pengertian Penyimpangan Seksual.

Apa Itu Orientasi Seksual?

Orientasi seksual adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan pola ketertarikan seseorang secara seksual ataupun emosional kepada individu lainnya dengan jenis kelamin tertentu. Orientasi seksual dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

Baca juga: Alami Anxiety ? Ketahui Apa itu Anxiety

• Heteroseksual adalah orang yang tertarik secara emosional dan seksual terhadap lawan jenisnya.

• Homoseksual adalah orang yang tertarik secara emosional dan seksual terhadap sesama jenisnya.

• Biseksual adalah orang yang tertarik secara emosional dan seksual terhadap kedua jenis kelamin.

• Panseksual adalah orang yang tertarik secara emosional dan seksual terhadap semua jenis kelamin, termasuk non-biner.

• Aseksual adalah orang yang tidak memiliki ketertarikan seksual terhadap siapa pun.

• Aromantik adalah orang yang tidak memiliki ketertarikan romantis terhadap siapa pun.

Orientasi seksual adalah bagian dari identitas seseorang, dan tidak dapat diubah. Orientasi seksual seseorang dapat berkembang seiring waktu, tetapi pada umumnya sudah terbentuk sejak masa remaja.

Baca juga: 7 Kebiasaan Yang Bisa Membahayakan Ginjal

Orientasi seksual yang berbeda-beda adalah hal yang normal dan alami. Setiap orang berhak untuk mencintai dan dicintai oleh siapa pun yang mereka sukai, tanpa memandang orientasi seksualnya.

Terkadang orientasi seksual juga dapat terjadi dengan seseorang yang mengalami ketertarikan dengan sesama jenis. Perilaku tersebut berbeda dibanding dengan penyimpangan seksual. Jadi keduanya memiliki makna atau arti yang berbeda (tidak sama).

Baca juga: Tahukah Kamu ? Jam Kelahiran Bisa Mempengaruhi Kepribadian

Orientasi seksual adalah bagian dari identitas seseorang yang seharusnya diterima dan dihormati. Mengatasi orientasi seksual tidaklah sesuatu yang perlu "diperbaiki" karena bukan suatu masalah yang harus diselesaikan.

Penting untuk mendukung kebebasan individu untuk menjalani kehidupan sesuai dengan identitas dan orientasi seksualnya tanpa diskriminasi atau tekanan untuk berubah. Terapi dapat membantu seseorang dalam penerimaan diri, bukan untuk mengubah orientasi seksual mereka. Jadi sudah tahu perbedaan dari penyimpangan seksual dengan orientasi seksual?

Baca juga: Alami Aging Manifest ? Simak Seputar Aging Manifest

Semoga bermanfaat dan untuk masalah ini lebih baik kenali diri sendiri terlebih dahulu, mana yang membuat diri sendiri merasa bahagia dan nyaman dan mana yang tidak bahagia. Jangan hanya formalitas saja untuk menutupi diri sendiri tetapi belajar untuk mengenal diri sendiri dan tentunya menerima diri sendiri terlebih dahulu barulah orang lain. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis