Mengenal HyperOS dari Xiaomi

Newsartstory.com - Mengenal HyperOS dari Xiaomi. Kali ini brand Xiaomi meluncurkan OS atau operasi sistem yang bernama HyperOS. Sistem ini akan mengganti dari MIUI 14 sekaligus memperkenalkan sebuah sistem operasi khusus xiaomi layaknya ekosistem yang seperti Apple lakukan.

Baca juga: Kemana Sistem Operasi Bada ? Mengulas Bada OS Yang Terlupakan

Apa Itu HyperOS

HyperOS adalah sistem operasi yang dalam pembuatannya sengaja dirancang sekaligus dikembangkan oleh perusahaan Xiaomi demi memenuhi eksosistem produk keluaran Xiaomi. OS tersebut rencananya tak akan diterapkan pada smartphone saja melainkan pada produk lain mulai dari alat rumah tangga berbasis kecerdasan buatan, mobil, dan 200 kategori produk lainnya.

Baca juga: Mengulas Sistem Operasi MeeGo Yang Berhenti Dikembangkan

HyperOS juga masih masuk dalam kategori Android Open Source Project. Akan tetapi OS tersebut akan terintegrasi dengan Vela, platform yang dikembangkan Xiaomi untuk IoT (Internet of Thing). Dalam pembuatan HyperOS juga dilakukan pengaturan atas pondasi OS tersebut. Perusahaan mengklaim bahwa OS itu dapat digunakan pada IoT di berbagai perangkat dan koneksi yang banyak ke depannya.

Baca juga: Dipandang Sebelah Mata ! Pembahasan Sistem Operasi ChromeOS

Sebagai permulaan, HyperOS akan diterapkan pada ponsel Xiaomi versi China. Namun belum ada informasi pasti apakah OS tersebut juga tersedia secara internasional. Perusahaan juga belum memberikan rincian bagaimana tampilannya dan apa saja fitur-fitur yang didukung oleh HyperOS.

Xiaomi memberikan lebih banyak opsi penyesuaian pada pengguna, dari templat, desain jam terbaru, pilihan font, dan beragam pilihan widget. Dengan hal tersebut pengguna dapat mengatur tampilan layar terkunci sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Sistem Operasi Symbian Yang Terbaik

Xiaomi juga nampaknya ingin mengubah tampilan jadi lebih sederhana dibanding MIUI 14 yang telah diluncurkan sebelumnya. Desain yang ditampakkan lebih minimalis. Meski demikian ada kemungkinan perusahaan masih melakukan perubahan pada HyperOS. Jadi, apa kalian tertarik dengan HyperOS atau MIUI 14 ?


Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis