Mengenal Apa Itu Flicker Eye ?

Newsartstory.com - Mengenal Apa Itu Flicker Eye ? Apa kalian tahu, apa itu flicker eye ? Banyak sekali digunakan untuk hal yang lain seperti contohnya teknologi pada smartphone. Definis "Flicker eye" mungkin mengacu pada istilah "flicker fusion", yaitu kemampuan mata manusia untuk memproses serangkaian cahaya yang terus-menerus berubah dalam kecepatan tertentu


Sehingga tampak seperti cahaya yang tetap atau stabil. Misalnya, pada televisi atau layar komputer, gambar yang ditampilkan pada layar sebenarnya terdiri dari serangkaian bingkai (frame) yang berubah dengan cepat dalam kecepatan tertentu. Kemampuan mata manusia untuk menyatukan serangkaian bingkai ini menjadi gambar yang tampak stabil disebut sebagai "flicker fusion" atau "flicker eye".

Namun, "flicker eye" juga bisa mengacu pada gejala mata yang dapat terjadi ketika seseorang melihat objek yang berkedip atau berkedip dengan cepat, misalnya pada lingkaran cahaya pada stroboskop atau senter. Gejala ini mungkin disebabkan oleh efek stroboskopik yang terjadi ketika cahaya berkedip dengan kecepatan tertentu dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit kepala pada beberapa orang.

Baca juga: Alami Anxiety ? Ketahui Apa itu Anxiety

Lantas Apa Kegunaan Flicker Eye ?
Penerapan dari flicker eye adalah dalam industri elektronik atau teknologi,  khususnya dalam perancangan layar monitor dan televisi. Dalam hal ini, flicker eye diukur untuk menentukan seberapa cepat layar dapat menampilkan gambar tanpa menimbulkan efek kedipan yang mengganggu. Semakin tinggi tingkat flicker eye, semakin cepat layar dapat menampilkan gambar tanpa menyebabkan gangguan.

Selain itu, flicker eye juga dapat digunakan dalam penelitian psikologi dan neurosains untuk memahami bagaimana otak manusia memproses informasi visual dan bagaimana penglihatan manusia bereaksi terhadap cahaya berkedip dengan frekuensi yang berbeda.

Baca juga: Mengenal Apa itu Self Healing ?

Apakah Ada Resiko Pada Flicker Eye ?
Flicker eye atau flicker fusion threshold sendiri tidak menimbulkan resiko yang merugikan bagi kesehatan. Namun, ketika mata terus-menerus terpapar dengan lampu yang berkedip dengan frekuensi yang sangat tinggi dan terus-menerus, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kelelahan mata.

Paparan yang berkepanjangan dengan lampu yang berkedip dapat menyebabkan mata terasa lelah, sakit kepala, dan bahkan dapat memperburuk gejala migrain pada beberapa orang yang rentan. Selain itu, paparan yang berkepanjangan dengan lampu yang berkedip juga dapat memperburuk gejala gangguan sensitivitas visual, seperti sindrom mata kering dan glaukoma.

Baca juga: Mengenal Apa itu Sindrom Hutchinson-Gilford

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih layar monitor dan televisi yang memiliki tingkat flicker eye yang rendah untuk menghindari ketidaknyamanan dan kelelahan mata yang berlebihan. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau kelelahan mata, sebaiknya beristirahat sejenak dan hindari terlalu lama menggunakan layar elektronik yang berkedip. Jika gejalanya parah atau berkelanjutan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata.

Baca juga: Mengenal Apa itu Sindrom Tourette

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu flicker eye ? Apa kegunaan flicker eye dan resiko flicker eye pada kesehatan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis