Apa Itu Teknologi e-SIM Pada Smartphone

Newsartstory.com - Apa Itu Teknologi e-SIM Pada Smartphone. Apa kalian tahu apa itu e-SIM ? Teknologi e-SIM (embedded SIM Card) merupakan sebuah inovasi yang berbeda dari kartu SIM (SIM card) pada umumnya. Apa smartphone kalian sudah mendukung e-SIM ?


e-SIM adalah sebuah modul yang tertanam pada bagian motherboard smartphone secara permanen. Sehingga, e-SIM tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilepas-pasang.

Modul e-SIM memiliki ukuran yang mungil, bahkan lebih kecil dari ukuran kartu SIM Nano yang saat ini telah banyak digunakan. Sebagai gantinya, pengguna hanya perlu memindai barcode untuk dapat mengaktifkan e-SIM pada smartphone yang diinginkan.

Baca juga: Apa Itu NFC Pada Smartphone ? 

Kekurangan e-SIM

Di balik kemudahan yang ditawarkan, eSIM memiliki kekurangan dari segi penggunaannya, tepatnya ketika pengguna ingin mengganti perangkat.

Karena tertanam pada komponen smartphone, pengguna yang ingin beralih menggunakan smartphone baru tidak bisa langsung mencopot kartu SIM karena e-SIM tidak berbentuk fisik.

Kekurangan lain yang dimiliki eSIM adalah ketersediaannya yang terbatas. Sebab, tidak banyak operator seluler yang saat ini sudah memanfaatkan teknologi e-SIM.

Baca juga: Mengenal Apa itu TikTok Now ?

Teknologi e-SIM di Indonesia

Di Indonesia, Smartfren dan Indosat ooredoo merupakan operator seluler pertama yang menawarkan teknologi e-SIM pada smartphone. Kalian hanya lakukan scan QR code saja.

Sementara untuk smartphone yang bisa kalian gunakan yakni iPhone Xs ke atas, Google Pixel 2 ke atas dan Samsung Galaxy S20 ke atas. Sayangnya masih belum banyak vendor smartphone mengadopsi teknologi e-SIM ini. Dan beberapa vendor smartphone fokus membuat smartphone 5G.

Baca juga: Mengenal Apa itu IPTEK ? Fungsi dan Manfaat IPTEK

Semoga aja teknologi e-SIM dapat diterapkan di indonesia. Karena sudah tahun 2023 teknologi sebaiknya berkembang lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis