Mengenal Apa itu IPTEK ? Fungsi dan Manfaat IPTEK

Newsartstory.com - Apa fungsi IPTEK ? Apa Kegunaan dan manfaat ilmu IPTEK ? ilmu pengetahuan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan teknologi hingga menjadi besar dan sangat dibutuhkan pada saat ini. Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia sendiri selalu berkembang dari masa ke masa sejak dalam penjajahan Belanda.

Baca juga: Apa itu Aged Domain ? Pengertian Domain dan Keuntungan Aged Domain

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK di Indonesia berawal dari masa penjajahan dimana pemerintah kolonial Belanda yang menggunakan persenjataan modern baik ringan maupun berat. Sampai saat ini IPTEK diperbarui hingga sekarang.

Selain persenjataan, teknologi modern yang diperkenalkan pada masyarakat Indonesia yang masih berkaitan dengan militer adalah alat transportasi.

Baca juga: Apa itu FWB ? Inilah Pengertian Friend With Benefit

Sejarah Perkembangan IPTEK

Perkembangan adanya IPTEK yang dibawa oleh bangsa barat ke tanah air membawa dampak kemajuan negara Indonesia terhadap teknologi. Pada saat penjajahan tersebut, bangsa Indonesia melakukan berbagai pergerakan untuk menuju kemerdekaan, namun di saat bersamaan juga masyarakat Indonesia sedang mengenali ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Baca juga: Mengenal Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi ini memberikan banyak sekali manfaat khususnya untuk bangsa Indonesia dalam mendapatkan informasi-informasi mengenai keadaan dunia. Sehingga masyarakat Indonesia sangat terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada hingga saat ini.

Di saat masa kolonial masuk ke Indonesia dengan membawa pengaruh-pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak serta merta penjajah memberikan akses fasilitas-fasilitas mereka.

Baca juga: Apa itu Domain Expired ? Pengertian dan Kegunaan Domain Expired

Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia.

Kemerdekaan juga menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Mereka bannyak mempelajari IPTEK secara sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia. Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia setelah merdeka terbagi menjadi dua dekade.

Baca juga: Blogging: Mengenal Apa itu CPM, CPC dan CTR ?

Pada dekade pertama, yaitu tahun 1945-1960, bangsa indonesia mulai mengerti arti teknologi produksi, walaupun masih dalam tingkat pasif dan penuh ketergantungan pada pihak luar negeri.

 Apa Fungsi IPTEK ?

Adapun fungsi-fungsi dari adanya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) diantaranya adalah sebagai berikut;

Fungsi deskriptif : Menggambarkan, melukiskan, dan memaparkan suatu objek atau masalah sehingga mudah dipelajari oleh peneliti

Fungsi pengembangan : Melanjutkan hasil penemuan yang lalu dan menemukan ilmu pengetahuan yang baru

Fungsi Prediksi : Meramalkan kejadian-kejadian yang besar kemungkinan terjadi sehingga manusia dapat mengambil tindakan-tindakan yang perlu dalam usaha menghadapinya Fungsi kontrol : Berusaha mengendalikan peristiwa-peristiwa yang tidak dikehendak

Baca juga: Apa itu HaKi ? Inilah Fungsi dan Kegunaan HaKi

Apa Manfaat Ilmu IPTEK ?

Saat bertanya seputar IPTEK ? Lantas Apa Manfaat IPTEK ? IPTEK sendiri sangat meranah dari berbagai bidang diantaranya adalah bidang pendidikan, bidang sosial-budaya, bidang kesehatan, bidang militer, bidang sosial-budaya dan bidang lainnya.

Dengan adanya IPTEK ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal mengenai hal-hal positif dan tetap mengembangkan kebudayaan Nusantara agar tetap terjaga dan lestari. 

Baca juga: Ulasan Seputar, Apa Itu Logo C, R dan TM ?

Mempelajari ilmu IPTEK Sangatlah penting, karena hal itu untuk mendapatkan beberapa keuntungan dalam menggunakan teknologi yang hingga saat ini terus dikembangkan, bahkan saat ini IPTEK telah membuat menjadi canggih dan akan terus dikembangkan dengan kemajuan teknologi saat ini.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel