Apa Itu NFC Pada Smartphone ? 


Newsartstory.com - Apa Itu NFC Pada Smartphone ? Untuk para pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan teknologi NFC. NFC sendiri memanglah sudah hadir cukup lama di smartphone. Tentunya sangatlah berguna saat ini.

Baca juga: Bawa Jaringan 5G ! Samsung Galaxy A14 5G Rilis di Indonesia

Lantas apa itu NFC ?
NFC merupakan singkatan dari "Near Field Communication" atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal.

Ada dua jenis perangkat yang kompatibel dengan NFC, yakni perangkat pasif dan aktif. Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik atau perangkat transmitter kecil lainnya yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa membutuhkan daya. 


Perangkat jenis ini tidak perlu mengolah informasi yang diterima dari perangkat lain. Mereka juga bersifat dependen alias membutuhkan perangkat aktif untuk bisa terhubung. NFC bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga yakni Samsung Pay, Apple Pay dan Google Pay.

Sementara perangkat NFC aktif bisa mengirim maupun menerima data. Contoh paling umum adalah smartphone yang telah dilengkapi fitur NFC. Ada pula pembaca kartu yang tersedia di transportasi umum atau mesin pembayaran digital.

Baca juga:  Intip Harga dan Spesifikasi Motorola Moto X40

Selain melakukan pembayaran lewat terminal Samsung Pay atau Apple Pay tadi, smartphone yang dilengkapi NFC pun bisa digunakan untuk membaca saldo tersisa sekaligus mengisi ulang kartu uang elektronik, cukup dengan menempelkan kartu ke punggung ponsel.

Kegunaan lain dari NFC termasuk menghubungkan perangkat lain ke smartphone dengan mudah, misalnya kamera digital. Dengan NFC, ponsel juga bisa dipakai sebagai "tiket" untuk sarana transportasi umum atau masuk ke venue acara.

Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Konektor Mico USB dan USB Type-C

Cara kerja NFC

Dilihat dari cara kerjanya, NFC agak mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Tentunya NFC dapat bekerja ketika ponsel pengguna memiliki NFC kalian hanya menempelkan saja dan data yang kalian kirim akan ada di ponsel lainnya.

Selain itu NFC berguna untuk mengisi saldo e-money, flazz dan lainnya. Dan ini sangatlah berguna untuk kalian yang suka berpergian dengan menggunakan KRL, transjakarta dan memasuki jalan tol. Banyak sekali smartphone yang memiliki teknologi NFC salah satunya yakni Samsung Galaxy M22 NFC.

Baca juga: Mengenal Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Jadi, apa kalian sudah memiliki smartphone NFC ? Jika belum, masih ada smartphone NFC yang cukup jadul yakni merek Sony Xperia di tipe Z series dan M series dan ponsel jadul lainnya. Untuk NFC sendiri saat ini di tahun 2023, kalian dapat membelinya dengan harga yang berbeda di pasaran.

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis