Apa itu Salad ? Inilah Pengertian Salad

Newsartstory.com - Apa itu Salad ? Mengenal pengertian salad sebagai hidangan makanan. Pengertian salad adalah makanan yang terdiri dari campuran sayur, buah dan protein hewani yang dihidangkan dengan saus sebagai pelengkap dan di tutup dengan jus buah segar. Adapun saus yang digunakan tidak hanya sekedar pedas, namun diolah sedemikian rupa dan dikentalkan dengan bumbu rahasia.

Baca juga: 5 Manfaat dari Cabai Jalapeno untuk Kesehatan

Salad berasal dari bahasa latin “herba salata” yang artinya sayuran yang digarami atau diberi garam. Mungkin susah untuk di definisikan, yang pasti salad bisa diartikan umum sebagai makanan yang terdiri dari sayuran segar (crispy leaf vegetables)

Lantas apa saja jenis salad ?

Untuk jenis penyajian salad sendiri menjadi beberapa bagian yakni sebagai berikut ini: 

Cold Salad

Cold Salad adalah jenis salad yang dihidangkan dalam tempartur dingin atau sekitar 10°C – 15°C. Adapun contoh cold salad itu seperti Sea Food Cocktail, Chef’s Salad dan Chicken Salad Hawaian.

Baca juga: Manfaat Air Minum untuk Kesehatan

Hot salad

Hot Salad adalah jenis salad yang disajikan dalam keadaan masih panas atau lebih tepatnya pada temperature 50°C – 60°C seperti contohnya Crispy Chicken Salad

Simple Salad

Simple salad adalah jenis salad yang didalamnya hanya menggunakan 1 atau 2 bahan komponen saja. Adapun contoh simple salad bisa seperti beat road salad, potato and beed salad atau cucumber salad.

American Salad

American salad adalah jenis salad yang sebenarnya hampir mirip dengan Compoud Salad tapi bedanya ada pada bahan utama yang terbuat dari buah-buahan. Adapun contoh American Salad seperti Florida Salad, atau Orange Salad.

Baca juga: Cobain Nashville Chicken dari Hotstuff Chicken

Itulah beberapa jenis salad. Tetapi di indonesia sendiri juga memiliki salad sendiri yakni Indonesia salad. Indonesia salad sendiri yakni seperti pecel, gado-gado, asinan dan rujak. Tidak kalah menarik dengan salad-salad di luar negeri. 

Untuk apa makanan salad ?

Makanan salad banyak sekali sebagai makanan pembuka, tetapi banyak juga hal yang berbeda. Untuk selengkapnya berikut ini kegunaan makanan salad: 

1. Appetizer

Salad disini bisa digunakan sebagai appetizer untuk meningkatkan selera makan sebelum masuk ke menu utama namun dengan porsi sekitar 50gr – 75gr.

2. Side Dish

Salad juga bisa dijadikan sebagai side dish atau hidangan pelengkap yang terbuat dari sayur dan buah untuk membersamai hidangan utama (main course). Dalam porsi side dish, salad biasa disajikan dengan takaran 40gr – 50gr saja.

3. Main Dish

Baca juga: Hotstuff Hadirkan Varian Menu Waffle

Bagian ini untuk acara tertentu, salad juga bisa difungsikan sebagai makanan atau hidangan utama terutama untuk orang vegetarian dengan porsi takaran antara 80gr – 125gr.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan membuat salad ?

Untuk bagian ini, salad dapat dibuat dengan beberapa aspek. Hal tersebut agar salad menjadi berkualitas dan memiliki standar salad itu sendiri, berikut ulasannya: 

Tekstur

Tekstur yang digunakan untuk membuat pasta harus memiliki tekstur yang renyah, fresh dan lembut. Apabila bahan tersebut harus di olah terlebih dahulu, maka harus dipastikan melalui penanganan yang baik dan seksama agar teksturnya tetap terjaga.

Konsistensi

Selanjutnya ini berbagai macam komposisi salad yang ada harus seimbang dan tepat. Jangan sampai menyebabkan salad menjadi terlalu kering, lembat atau bahkan berair. Tentu ini akan mengurangi cita rasa yang diberikan.

Rasa

Rasa hal yang penting, Untuk rasa yang harus di tonjolkan pada hidangan salad adalah kesegaran, dan kombinasi yang tepat antara saus, dressing, bahan utama dan pelengkapnya.

Baca juga: Food: Party Platter 1 dan Party Platter 2 dari Hotsuff

Penampilan

Terakhir yakni Penampilan. Bagian ini juga tidak kalah penting hal yang dinilai dalam penyajian salad, khususnya di sebuah restoran mewah. Adapun penampilan ini sangat dipengaruhi oleh plating dan pembuatan garnish sebagai hiasan di atasnya.

Nah, tertarik dengan makanan salad ? Pernahkah kalian memakan salad ? Bukan hanya sayuran saja sebagai salad, terdapat juga salad buah yang sering kalian jumpa. Tentu saja salad buah berisi buah-buahan yang segar untuk disantap. Bahan-bahan membuat salad haruslah segar, memiliki bumbu dan rasa yang masih segar. 

Baca juga: Mengulas Cabai Carolina Reaper Terpedas di Dunia

Selain itu semua, salad yang terpenting memiliki rasa yang enak, penampilan yang menarik, bahan sayuran atau buah haruslah fresh, tidak ada busuk pada sayuran atau buah. Dan tentunya salad dihidangkan dengan mudah tanpa banyak aturan yang ada. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis