Mengenal Apa Itu Stiff-Person Syndrome ?

Newsartstory.com - Mengenal Apa Itu Stiff-Person Syndrome ? Apa kalian mendengar penyakit Syndrome yang satu ini ? Dilansir dari Cleveland Clinic, untuk Stiff-Person Syndrome (SPS) atau sindrom orang kaku merupakan penyakit langka yang memengaruhi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).

Baca juga: Ketahui ! Apa itu Post Power Syndrome ?

Orang dengan kondisi ini biasanya akan mengalami kejang otot yang menyakitkan hingga mengalami kekakuan pada otot-otot tubuh, baik kaki dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, Stiff-Person Syndrome dapat menyebabkan perubahan postur tubuh.

Pada kasus yang parah dapat membatasi kemampuan seseorang untuk berjalan atau bergerak. Jika sudah terjadi, pengidap perlu menjalani pengobatan berkelanjutan selama bertahun-tahun untuk mengelola gejala dan menjaga kualitas hidup.

Selain itu, Stiff-Person Syndrome dianggap sebagai bagian dari berbagai macam penyakit serupa yang melibatkan satu area tubuh dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Baca juga: Mengulas Apa itu Stockholm Syndrome

Lalu Apa Gejala Stiff-Person Syndrome ?

Dibeberapa info yang beredar. Pada penderita yang mengalami ini, kebanyakan orang kaku pada otot tubuh dan perut adalah yang pertama kali menjadi kaku dan membesar. Adapun gejalanya sebagai berikut:

  • Nyeri
  • Kekakuan otot
  • Rasa tidak nyaman yang menyakitkan

Awalnya kekakuan dapat datang dan pergi, namun pada akhirnya gejala kekakuan pun bisa tetap konstan. Seiring waktu, sejumlah otot di tubuh menjadi kaku termasuk lengan dan bahkan wajah. Saat kekakuan meningkat, beberapa orang ada yang mengalami postur membungkuk. Dalam kasus yang parah, kekakuan ini bisa membuat seseorang sulit berjalan atau bergerak.

Baca juga: Kalian Pengidap Bipolar ? Mengulas Seputar Gangguan Bipolar

Kejang otot yang menyakitkan juga bisa terjadi. Kejang ini bisa berlangsung beberapa detik, menit atau kadang-kadang beberapa jam. Kadang-kadang, kejang bisa cukup parah hingga anggota tubuh terkilir, patah tulang, atau menyebabkan jatuh yang tidak terkendali. Kondisi ini biasanya dapat memperburuk kekakuan otot.

Meskipun demikian, selain penyakit Stiff-Person Syndrome, kejang juga dapat terjadi tanpa alasan atau dipicu oleh lingkungan yang dingin, stres, dan lainnya.

Pengobatan Untuk Stiff-Person Syndrome

Terapi yang mungkin akan diberikan oleh pelayanan kesehatan, seperti pemberian benzodiazepin (misalnya diazepam dan klonazepam) atau baclofen untuk mengobati kekakuan dan kejang otot. 

Baca juga: Mengulas Apa itu Analogi ?

Obat anti kejang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Penggunaan sesekali anti-inflamasi dan kortikosteroid mungkin berguna dalam beberapa kasus untuk rasa sakit.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel