Mengenal Apa itu Scam ? Inilah Jenis-Jenis Scam

Newsartstory.com - Apa itu Scam ? Apa kalian pernah mengalami scamming ? Banyak sekali penipuan zaman sekarang mengenai Scam. Kasus penipuan atau Scam ini bisa berupa situs web atau email yang dianggap spam. Tak heran banyak korban gara-gara scamming. Lantas apa itu Scam dan jenis-jenis Scam ?

Baca juga: Apa itu Cuddle ? Inilah Manfaat Cuddle dalam Hubungan

Pengertian apa itu Scam ?

Menurut sumber info yang beredar, scam adalah salah satu upaya penipuan untuk mendapatkan uang atau sesuatu yang berharga dari korbannya. Pelaku yang melakukan scam disebut dengan scammer. Tindak kejahatan ini biasanya dilakukan oleh kelompok, individu, atau bahkan perusahaan yang terlibat dalam jaringan penipuan. Mengingat kasus Scam banyak terjadi di dunia. Selain itu juga, Scam memiliki berbagai jenis diantaranya adalah:

Baca juga: Apa itu Gimmick ? Pengertian Gimmick

Jenis -Jenis Scam

Kalian harus mengetahui apa saja jenis-jenis Scam. Agar kalian tahu jenis Scam apa yang dilakukan tersangka terhadap korbannya, berikut ini jenis-jenis Scam:

1. Auction fraud

Auction fraud atau penipuan lelang adalah salah satu bentuk scam yang perlu diwaspadai. Pasalnya, pelaku akan berupaya menipu seolah menjual sesuatu di website lelang, yang pada kenyataannya barang tersebut tidak ada. Contohnya, penjualan tiket konser yang tidak valid secara lelang atau melalui calo dengan harga yang terlampau tinggi dari harga tiket aslinya.

Baca juga: Apa itu FWB ? Inilah Pengertian Friend With Benefit

2. Catfish

Catfish adalah sebutan penipuan bagi seseorang yang membuat profil online palsu untuk menipu korban. Contohnya, seseorang yang membuat akun facebook palsu seolah seperti seorang kerabat, untuk melihat informasi pribadi korban untuk keperluan tertentu. Terutama jual beli barang di Facebook yang sering sekali beberapa orang terkena penipuan.

3. Phishing

Phishing adalah kejahatan digital yang bertujuan mencuri informasi dan data pribadi melalui email, telepon, pesan teks atau tautan yang mengaku sebagai instansi atau pihak-pihak tertentu. Sebagai contoh, ada email seolah dari bank yang menyatakan kamu telah melakukan kelebihan penarikan atau ada transaksi yang tidak kamu lakukan. 

Baca juga: Apa itu Franchise ? Inilah Pengertian Bisnis Franchise

Kamu kemudian diminta untuk mengklik link dan memverifikasi informasi dan data pribadimu. Nantinya situs palsu tersebut akan mencatat data kamu dan dapat disalahgunakan. Hati-hati untuk kalian yang terima email dan memasukkan data pribadi ke situs mereka yang buat.

4. Donation scam

Selanjutnya donation scam, jenis penipuan yang dikemas dalam bentuk donasi. Donation scam adalah salah satu penipuan dengan cara mengaku membutuhkan bantuan keuangan dengan alasan keluarga sakit/mengenal seseorang yang sakit.

Baca juga: Apa itu HaKi ? Inilah Fungsi dan Kegunaan HaKi

Ketika memberikan donasi, kamu juga perlu waspada karena banyak orang membuat akun palsu di situs donasi untuk menipu dengan tujuan mendapatkan uang. Selain itu melalui email juga bisa lakukan donation scam dengan meminta uang dalam bentuk bencana, kematian atau keadaan darurat.

5. Call scam

Call scam adalah salah satu bentuk kejahatan social engineering yang digunakan oleh scammers untuk menipu dengan cara menelepon dan memberitahukan kalau komputer korban terkena virus dan telah diretas. Selain itu scammer menelepon korban seperti memberikan info seputar menang hadiah dengan syarat harus membayar pajak ke scammer. Jadi, itu dipastikan call scam dengan cara menelepon.

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Yahoo! Messenger Yang Telah Ditutup

Hal ini dilakukan untuk menciptakan ketakutan, kemudian scammer akan menawarkan bantuan dengan sejumlah biaya yang perlu dibayar. Scammer menawarkan solusi untuk menghubungkan komputer korban secara jarak jauh untuk memperbaiki masalah atau menambahkan program keamanan yang sebenarnya tidak diperlukan komputer.

6. Online survey scam

Laman dari situs yang mengklaim bahwa mereka menawarkan uang atau voucher hadiah kepada peserta yang bersedia menjawab pertanyaan dalam survei. Biasanya, situs-situs ini meminta pengguna untuk menghabiskan waktu lama di website, seringkali, uang atau voucher yang dijanjikan tidak pernah dibayarkan.

Baca juga: Apa itu Jailbreak ? Resiko dan Keuntungan Jailbreak pada iPhone ?

Tujuan utama dari penipuan survei online adalah untuk mendapatkan informasi demografis pengguna dan menjual informasi ini kepada spammer atau pihak yang menginginkannya. Selain itu survey online juga tidak semua bersifat negatif atau Scam, ada juga yang positif dalam memberikan hadiah secara nyata. Jadi lebih teliti saja sebelum mengikuti survey online.

Baca juga: Sekian 6 Tahun Lama, Akhirnya UU PDP di Indonesia Disahkan 2022

Nah itulah ulasan mengenai apa itu Scam ? Dan jenis-jenis Scam yang perlu diwaspadai dalam mengisi data dari situs yang tidak jelas. Hanya saja haruslah teliti dan cerdas dalam mengenal Scam agar tidak ada yang dirugikan dari Scam tersebut.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel