Inilah Syarat Upgrade Android 13

Newsartstory.com - Inilah syarat upgrade Android 13 yang akan rilis. Google tengah bersiap untuk meluncurkan sistem operasi Android 13 versi publik dalam waktu dekat. Sebelum resmi diluncurkan, Google menetapkan persyaratan spesifikasi hardware minimum agar ponsel bisa menjalankan Android 13.

Baca juga: Daftar Smartphone Android Tercanggih Keluaran Terbaru Tahun 2022 Beserta Spesifikasinya

Syarat ini perlu dipenuhi terutama bagi ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah. Ponsel macam ini biasanya menjalankan Android Go, dalam kasus ini Android 13 Go Edition.

Dalam laman situs pengembang Android (Android Developers), Google mengharuskan ponsel memiliki RAM minimal 2 GB untuk bisa menjalankan Android 13 Go. Pembocor gadget (tipster) Mishaal Rahman menambahkan bahwa ponsel juga harus memiliki penyimpanan media 16 GB.

Baca juga: Review Aplikasi Bstation Untuk Android

Kapasitas RAM dan penyimpanan media minimal tersebut juga dibutuhkan agar Google bisa menyertakan layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS) secara bawaan. Mulai dari Play Store, aplikasi YouTube, Google Maps, Google Drive, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Android 12 Go masih bisa berjalan di ponsel yang memiliki RAM minimal 1 GB saja. Bila kilas balik ke belakang, Google telah meningkatkan persyaratan RAM minimum agar ponsel berspesifikasi "rendah" bisa menjalankan Android.

Baca juga: Cara Melacak Hp Android Yang Hilang

Misalnya, Android Go Edition membutuhkan RAM minimum 512 MB pada 2017-2019, lalu bertambah menjadi 1 GB pada 2020-2021, terakhir meningkat lagi menjadi 2 GB pada 2022 ini. Bila ponsel yang menjalankan Android 12 Go saat ini tidak memenuhi persyaratan hardware minimum yang baru tersebut, maka ponsel tidak bisa di-upgrade ke Android 13 Go, sebagaimana dilansir dari AndroidPolice.

Peningkatan persyaratan RAM minimum ini agaknya tidak berpengaruh signifikan bagi pangsa pasar ponsel Android di segmen entry-level. Pasalnya, banyak pula ponsel entry level yang sudah dibekali RAM 3/4 GB dengan penyimpanan media setidaknya 32/64 GB.

Baca juga: Google Hadirkan Android 12L

Pembaruan syarat minimum hardware ini juga tidak bakal berpengaruh kepada ponsel-ponsel di segmen kelas menengah (mid-range) bahkan kelas atas (flagship).

Sebab, ponsel-ponsel di segmen tersebut menjalankan Android versi biasa (bukan Android Go) dan memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan media yang jauh lebih besar.

Kapan Android 13 resmi dirilis?

Soal jadwal resmi dirilis, berdasarkan informasi kehadiran yang dicantumkan di blog Developer Android, Google dijadwalkan telah merilis Android 13 versi developer preview pada bulan Februari-Maret 2022.

Baca juga: Mengenal apa itu "ROOT" Smartphone Android ?

Kemudian dilanjutkan dengan perilisan Android 13 versi beta pada April 2022. Jadwal ini sudah direalisasikan oleh Google selaku pengembang Android. Kini, Google tinggal meluncurkan Android 13 versi stabil/final. Android 13 versi akhir ditargetkan siap pada Juni atau Juli 2022 ini.

Baca juga: 5 Cara Atasi Hp Android Lemot

Bila sesuai jadwal, Android 13 versi akhir (stable) paling cepat bakal dirilis setelah bulan Juli 2022. Menurut sumber yang beredar, perilisan resmi Android 13 bakal dirilis untuk publik pada September ini. Tunggu saja kehadirannya secara resmi.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel