5 Manfaat dari Cabai Jalapeno untuk Kesehatan

Newsartstory.com - 5 Manfaat dari Cabai Jalapeno untuk Kesehatan. Perlu diketahui cabai jalapeno bisa kalian temukan dimana saja. Cabai jalapeno yakni salah satu cabai terpedas selain cabai Carolina reeper. Di negara kita jelas lebih sering memakai cabe tanjung, cabe rawit cabe keriting, cabe gendot atau cabe rawit domba pada masakannya.

Baca juga: Manfaat Air Minum untuk Kesehatan

Akan tetapi, cabai ini cukup umum dipakai di luar negeri. Cabai jalapeno jadi salah satu cabai favorit orang Amerika, meskipun sebenarnya berasal dari negara meksiko. Cabai yang satu ini sangat digemari karena cocok dimasukkan dalam berbagai sajian makanan. Mulai dari sup hingga dijadikan limun. Nah, Berikut ini adalah 5 manfaat yang diberikan cabai jalapeno untuk kesehatan:

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Untuk kalian yang mengonsumsi cabai jalapeno ini, cabai yang satu ini bisa meningkatkan metabolisme meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan. Artinya, salah satu manfaat dari cabe jalapeno adalah dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga:  Review Food: Fluffy Chicken Burito by Hotstuff

Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian yang menemukan bahwa kandungan capsaicin dan senyawa serupa lainnya yang disebut capsaicinoids dapat meningkatkan metabolisme sebesar 4-5% per hari, berpotensi mempermudah penurunan berat badan.

2. Mencegah dan MelawanTerjadinya Kanker

Studi laboratorium juga menunjukkan bahwa capsaicin memiliki sifat anti-kanker yang kuat dan mampu membunuh lebih dari 40 jenis sel kanker tanpa merusak sel normal. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat cabai jalapeno juga dapat mencegah terjadinya kanker dari tubuh kita.

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Jejaring Sosial Path

Bukan hanya mencegah tetapi juga capsaicin dapat melawan kanker dengan menghentikan pertumbuhan dan pembelahan sel kanker, memperlambat pembentukan pembuluh darah baru di sekitar tumor kanker, mencegah kanker menyebar ke area lain dari tubuh.

Namun, penelitian lebih lanjut juga dibutuhkan. Karena faktanya, beberapa penelitian pada manusia menemukan bahwa makan cabai secara teratur dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih tinggi. Namun, tidak semua penelitian menunjukkan hubungan ini. Tampaknya dosis pun mempengaruhi manfaatnya sebagai anti kanker.

Capsaicin dosis tinggi tampaknya memperlambat penyebaran kanker, dosis rendah dapat mendorong penyebaran. Selain itu, suplemen capsaicinoid telah terbukti mengurangi lemak perut dan nafsu makan sehingga orang makan 50–75 kalori lebih sedikit per hari.

Baca juga: Resmi Dirilis ! Inilah Harga dan Spesifikasi Nothing Phone (1)

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu buah jalapeno bisa menyumbang sekitar 66 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Kandungan vitamin C yang tidak sedikit ini, dipercaya dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas. Lebih dari itu, cabe jalapeno bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memperbanyak produksi sel darah putih guna mencegah penyakit.

4. Mengandung Banyak Nutrisi

Mengandung banyak nutrisi dari jalapeno yang tidak kalah dengan sayuran dan buah-buahan lainnya. Dengan makan satu buah jalapeno, dipastikan Anda akan mendapat berbagai nutrisi meliputi vitamin B6, vitamin K, folat, mangan, serat, serta kalori.

Baca juga: Cobain Nashville Chicken dari Hotstuff Chicken

Tidak hanya itu, jalapeno juga menyumbang banyak vitamin C dan vitamin A. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan kerusakan radikal bebas, sedangkan vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata sekaligus membantu perkembang sel-sel baru dalam tubuh.

5. Mengatasi dari Infeksi

Manfaat selanjutnya pada cabai jalapeno lainnya adalah dapat membantu melawan infeksi. Senyawa yang ditemukan dalam cabai pedas sangat kuat dalam memperlambat pertumbuhan bakteri dan ragi bawaan makanan.

Ekstrak cabai bahkan dapat menghentikan bakteri kolera memproduksi racun, berpotensi mengurangi dampak penyakit bawaan makanan yang mematikan ini. Penelitian baru menunjukkan bahwa capsaicin dapat membantu mencegah jenis infeksi lain, seperti radang tenggorokan, kerusakan gigi akibat bakteri, dan klamidia.

Baca juga: Lirik Lagu Boy Magnet - Agnez Mo dan Terjemahan

Namun, penting untuk dicatat bahwa semua penelitian ini menggunakan ekstrak cabai, bukan cabai utuh, dan dilakukan dalam tabung reaksi, bukan manusia. Studi awal ini menunjukkan bahwa cabai mungkin memiliki sifat antimikroba yang kuat, dan penelitian di masa depan sedang dilakukan untuk menentukan apakah cabai dapat digunakan sebagai pengawet alami atau obat-obatan.

Nah, itulah 5 manfaat dari cabai jalapeno yang perlu kalian ketahui. Memang cukup pedas tetapi banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi cabai jalapeno tersebut. Indonesia sendiri masyarakatnya notabennya menyukai makanan yang pedas, walaupun ada yang tidak menyukai makanan yang pedas-pedas. So, sudahkah kalian memakan makanan pedas dari cabai jalapeno tersebut ?

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel