Manfaat Air Minum untuk Kesehatan


Mengapa minum air ? 

Air diperlukan untuk kesehatan tubuh; tanpa air yang cukup, kita berisiko mengalami dehidrasi. Kelebihan air berbahaya bagi tubuh, yang berarti kehilangan air dari tubuh merupakan tanda adanya masalah. Kehilangan air yang berlebihan dapat dikaitkan dengan penyakit, pertumbuhan sel kanker, dan kondisi lainnya. Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari? Air minum  adalah kebutuhan vital bagi setiap manusia, karena membantu menjaga suhu tubuh, mencegah dehidrasi, dan memberikan dorongan energi. Mengkonsumsi air secara teratur meningkatkan penggunaan oksigen tubuh, dan juga membantu Anda tetap bugar dan sehat. Kapan harus minum air? Minum air putih di pagi hari adalah kebiasaan yang baik untuk memulai, mempersiapkan tubuh untuk aktivitas seperti berolahraga, dan keluar di bawah terik matahari.
 
Jumlah air untuk diminum


"Rata-rata orang Amerika minum sekitar 6 liter air per hari, tetapi kami diberitahu bahwa kami harus minum lebih banyak," kata Jeanine Downie, MS, RD, CDN, LD, ahli gizi holistik. Aturan umumnya adalah 8 sampai 10 gelas air per hari untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat. Tetapi kebanyakan orang tidak yakin tentang berapa banyak air yang harus mereka konsumsi. Minum Air Setiap Hari Sepertiga dari berat badan terdiri dari air, jadi minumlah sedikit setiap hari dianjurkan. "Sekali lagi, ketika Anda masuk ke rincian, Anda mungkin ingin memiliki air. Dengan obesitas, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup cairan," kata Downie. National Institutes of Health (NIH) mengatakan bahwa 7 dari 10 orang Amerika mengalami dehidrasi, yang menyebabkan kelelahan, lekas marah, lemah, kram, dan gejala tidak nyaman lainnya.
 
Fakta hidrasi

Jumlah air yang Anda butuhkan adalah sekitar 3-6 liter (1-3 galon) per hari untuk kebanyakan orang dewasa. Itu mungkin terdengar seperti banyak air, tetapi pertimbangkan bahwa sekitar setengah dari jumlah itu dapat ditemukan dari 1,5 liter air. Trik untuk minum lebih banyak air: Ikuti rutinitas air delapan menit. Itulah jumlah waktu yang harus Anda habiskan untuk minum air setiap hari. Makanlah makanan yang kaya air setiap hari. Mereka termasuk salad, buah dan sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging atau ikan. Cobalah ini: kubis brussel, seledri, kacang merah, kacang polong, pepaya, dan anggur hijau. Minumlah air setelah makan, bukan sebelumnya. Minumlah sedikit ketika Anda ingin minum sesuatu yang beralkohol. Tukar minuman: Pilih air untuk kopi, teh, dan minuman beralkohol. Tip: Buatlah daftar makanan kaya air yang Anda makan setiap hari.
 
Kapan harus minum air ?


Waktu terbaik untuk minum air adalah di pagi hari karena ini adalah waktu di mana tubuh telah berfungsi selama beberapa jam. Karena air membantu membuang racun dan jaringan, air harus diminum secara teratur sepanjang hari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bahkan ketika Anda tidur, tubuh membutuhkan air karena jaringan masih didetoksifikasi. Disarankan untuk minum air sebelum tidur agar tubuh tidak kehilangan air di malam hari. Kapan Membatasi Asupan Air Disarankan untuk membatasi asupan air harian Anda menjadi 3 sampai 4 liter karena kelebihan air dapat membuat tubuh dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, diare, masalah kulit, dan kelemahan. Juga, jika Anda berkeringat di siang hari, Anda mungkin perlu mengganti sebagian air yang hilang karena keringat mengencerkan air dalam tubuh.
 
Kesimpulan

Sama seperti hal lainnya, minum terlalu banyak air sekaligus dapat merusak tubuh dan dapat memicu masalah seperti sakit kepala, kulit kering dan jerawat, dehidrasi, kepanasan dan nyeri tubuh, dehidrasi, dan insomnia. Karena tubuh akan dapat menyerap air segera setelah bersentuhan dengan kulit kita, minum terlalu banyak air sekaligus dapat berbahaya dan dapat mempengaruhi tubuh serta pikiran. Jadi, berapa banyak air yang harus diminum? Jumlahnya sangat individual sesuai dengan ukuran dan fisiologi seseorang, tetapi dianjurkan untuk minum 1,5 liter air per hari untuk wanita dan 2 liter air per hari untuk pria.