Peringatan Hari Blogger Nasional 2021 Pada Hari Ini 27 Oktober 2021 dan Sejarah


NewsArt Story - Hari Blogger Nasional jatuh pada hari ini 27 Oktober 2021 yang ke 14. Blog adalah buku harian di media online yang umumnya dikelola secara pribadi oleh individu yang disebut blogger. Namun ada juga beberapa blog yang dikelola bersama atau melibatkkan sebuah tim. Sebuah media yang memberikan informasi baik itu yang akurat ataupun tidak akurat. Hari peringatan untuk komunitas blogger indonesia ini pertama kali ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh pada 27 Oktober 2007.


Penetapan itu dilakukan pada saat pembukaan Pesta Blogger yang digelar tahun itu. Kemudian, pada 2011, Pesta Blogger berubah nama menjadi event On Off Indonesia (On Off ID). Pada masa awalnya, blog banyak digunakan sebagai media untuk menuliskan curahan hati pemiliknya. 
Sebagian yang lain memanfaatkan juga untuk membagikan pengalaman atau pun ide-idenya. 

Seiring perkembangannya, blog pun mulai digunakan untuk menyebarkan informasi yang dirasa akan dibutuhkan oleh masyarakat. Disinilah peran para blogger untuk terus aktif dalam menyebarkan konten-konten positif,agar mampu meredam berbagai kabar hoax yang makin marak beredar di dunia maya. 


Tidak hanya itu, kini blog pun digunakan sebagai media kampanye berbagai perusahaan atau pun instansi pemerintah dalam menyampaikan pesan, baik tentang produk, event, edukasi, hingga isu-isu nasional. Peluang dunia blog pun tampak makin menjanjikan, hingga menarik minat banyak kalangan untuk mulai mengelola blog dan mengoptimasinya untuk menghasilkan pendapatan.

Sebagai informasi, selama 4 tahun pada masa awal perayaan, Hari Blogger Nasonal lebih berfokus pada pertemuan blogger se-Indonesia. Namun setelahnya, pertemuan dalam perayaan Hari Blogger Nasional juga menggabungkan dengan unsur bisnis. Kini, event itu menekankan pentingnya para blogger untuk bisa maksimal dalam mengelola blog agar dapat menghasilkan hal yang lebih bermanfaat tanpa memberikan informasi palsu bagi para pembaca sekaligus hal-hal yang positif pastinya. 


Menurut informasi yang beredar, jumlah blogger di indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air. Hal ini diungkapkan oleh Matahari Timoer, blogger senior sekaligus Ketua Blogger Camp 2015 pada Oktober 2015. Selanjutnya, jumlah itu meningkat pada 2017, seperti disampaikan Jack Huang, President of Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group kepada situs web Marketing. Menurutnya, sekitar 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah Blogger. Jadi, selamat hari blogger nasional se-Indonesia !!