Download Aplikasi Newsartstory.com untuk Android Download

Inilah Perbedaan Antara Content Writer Dan Copywriter


NewsArt Story - Dalam Perkembangan media informasi yang sudah merambah ke dunia digital, tidak hanya memberikan peluang bagi media tersebut untuk terus maju dan tetap bertahan, tapi juga membuka kesempatan bagi banyak orang. Salah satunya yakni mereka yang memiliki kemampuan menulis serta akses informasi yang cepat dan akurat. Bahkan hal tersebut menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan dan sekaligus menguntungkan. 

Definisi Content Writer dan Copywriter 

Setiap tulisan dan iklan yang kita lihat setiap kali seperti sosial media misalnya, adalah hasil kreatif dari orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membuatnya. Mereka sering disebut dengan content writer dan copywriter. Sekilas kedua istilah tersebut seperti memiliki kesamaan, yaitu sama-sama membuat tulisan. Namun sebenarnya dibalik keduanya memiliki perbedaan dan memiliki tugasnya masing-masing.

Apa Bedanya Content Writer dan Copywriter ?

Media online saat ini yang semakin ramai digunakan hingga memberikan kesempatan bagi content writer dan copywriter untuk tetap ada dan berkarya dengan ide-ide dan kreativitas mereka. Meski menggunakan media yang sama, yaitu tulisan. Keduanya memiliki penempatan kerja yang berbeda.

Seorang penulis konten, menulis sebuah artikel atau postingan yang kemudian ditampilkan pada sebuah blog atau website. Tulisan yang dibuat bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembacanya dalam menemukan pertanyaan mereka. 

Sedangkan copywriter adalah orang yang menulis untuk mempengaruhi pembaca. Biasanya mereka membuat tulisan-tulisan yang dapat mendorong orang untuk melakukan sesuatu, dan bahkan menjadi ingin membeli sebuah produk atau jasa yang sedang dibahas. Hal ini sama dengan mendeskripsikan produk barang yang akan dijual kepada konsumen. 

Meski begitu, istilah copywriter masih belum terlalu dikenal secara umum. Bahkan masih ada yang salah mengerti tentang istilah satu ini. Copywriter dianggap sebagai penulis yang membuat tulisan dengan cara copy-paste tulisan dari sumber lain ke dalam postingan yang dibuat. Itu karena perterjemahan bahasa yang keliru.

Apa Tugas Content Writer dan Copywriter ?

Content writer menulis untuk kebutuhan blog atau web portal, mereka bertugas untuk membuat sebuah tulisan yang menarik dan bermanfaat. Sehingga tulisan tersebut dapat menarik banyak orang untuk mengunjungi dan membaca artikel yang sudah disiapkan. Maka dari itu content writer harus bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bernilai edukasi, memiliki manfaat dan mampu memberikan engagement. Terutma artikel tersebut terdapat jawaban dari pertanyaan dari para pengguna. 

Berbeda dengan copywriter yang menulis untuk keperluan marketing atau mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Mereka membuat sebuah tulisan yang dapat membuat orang percaya dan memiliki kertertarikan terhadap apa yang sedang mereka tawarkan. Selain pembuatan iklan, tulisan yang dibuat oleh copywriter juga digunakan pada website, seperti landing page, ulasan produk, keperluan promosi bisnis online syariah, dan sebagainya.

Pola Kerja Content Writer Dan Copywriter

Baik content writer maupun copywriter, memiliki pola kerja yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki rumus-rumus tentu dalam menyelesaikan sebuah tulisan. Terlihat rumit bagi seorang pemula, namun bagi yang sudah mengerti dan sudah biasa melakukannya, hal itu tidak sesulit penjelasannya.

Biasanya dalam membuat sebuah konten berbentuk tulisan dengan jumlah kata tertentu, penulis konten bisa menggunakan rumus 5W+H yang sering digunakan dalam penulisan berita atau jurnalistik. Cara lain yang biasa dilakukan seorang content writer adalah melakukan riset. Mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan sesuatu yang sedang ingin ditulis. 

Setelah menemukan semua informasi yang diperlukan, penulis akan membaca dan mengamati setiap bahan yang ia dapatkan. Kemudian ia akan memulai menulis sesuai dengan ide-ide yang didapat dan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Untuk copywriter sendiri metode penulisannya sedikit berbeda.

Seorang copywriter dalam pekerjaannya sering ditujukan untuk keperluan commercial atau pemasaran. Maka dari itu mereka lebih banyak dicari oleh orang-orang yang yang memiliki jasa atau produk yang ingin membuat sebuah iklan. Pada prakteknya ada banyak rumus atau metode penulisan yang sering digunakan dan harus dipahami oleh mereka yang bekerja di bidang ini. 

Secara umum pola penulisan yang biasa digunakan adalah dengan menonjolkan manfaat dari produk yang sedang dibahas, menawarkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi dengan produk yang ditulis, dan menulis seolah tertuju untuk satu orang.

Nah itulah perbedaan Content Writer dan Copywriterkurang lebih perbedaan antara content writer dan copywriter mohon dimaafkan jika terdapat kesalahan. Semoga saja bisa dipahami dengan baik dan tidak menyimpang dari maksud yang sebenarnya. Jika ada kesalahan atau ada yang ingin menambahkan, kami sangat berterima kasih dan kolom komentar selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin berdiskusi, terutama mengenai hal ini.

 

Baca Juga

Advertisement

Posting Komentar

  1. To insert a code use code_here
  2. To insert a quote use your_qoute
  3. To insert a picture use url_image_here