5 Cara Menentukan Tipe Rumah Terbaik


JAPDESAIN.com - Cara menentukan tipe rumah bisa dilakukan dalam beberapa cara. Umumnya penentuan ini didasarkan pada luas tanah yang akan digunakan untuk membangun. Selain itu saya juga disesuaikan dengan jenis fasilitas yang nantinya akan ada di dalamnya. Jadi tidak bisa ditentukan secara sembarangan. Apabila Anda ingin membeli rumah di perumahan atau ini membangun sendiri.
Ada baiknya untuk selalu memperhatikan tipe rumah yang nantinya akan dibangun. Dengan begitu seluruh kebutuhan yang dimiliki bisa terakomodasi dengan baik. Untuk yang berdomisili di Jogja, Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan jasa arsitek jogja murah  dari Japdesain. Simak selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Menentukan Tipe Rumah ?
Untuk menentukan tipe rumah, seseorang bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.
Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Mengetahui Ukuran Tanah
Hal pertama yang harus dilakukan apabila ingin menentukan tipe rumah adalah mengetahui ukuran dari tanah. Biasanya tipe dari rumah tidak akan lebih besar dari ukuran tanah yang dimiliki. Jika lebih besar bisa jadi menyerobot lahan milik orang lain. Kecuali jika nantinya akan dibuat menjadi bangunan lantai 2 atau lantai 3. Luas dari rumahnya bisa saja menjadi berkali lipat meski ukuran tanahnya tetap sama. 

Namun apabila membangun rumah standar yang tidak ada lantai duanya kemungkinan besar harus tepat dengan ukuran tanahnya. Katakanlah luas dari tanah yang dimiliki sekitar 50-60 meter persegi. Untuk Anda tidak akan bisa membangun rumah dengan tipe 36. Apabila masih mau bangun rumah dengan tipe 21 maka bangunan bisa berdiri dengan baik dan masih ada sisa tanah yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

2. Kondisi Tanah
Selanjutnya untuk menentukan tipe dari tanah kita harus mengetahui bagaimana kondisi tanah.
Maksud dari kondisi tanah di sini adalah bagaimana kontur dari tanah apakah datar atau sedikit memiliki elevasi. Dengan jenis ini tentu rumah yang akan dibangun bisa berbeda-beda.
Apabila konturnya tidak rata maka jenis atau tipe rumah yang bisa dipilih menyesuaikan dengan area yang sudah dibangun. 

Selain itu juga akan sedikit sulit apabila membangun lantai 2 atau lantai 3 Apabila kondisi tanahnya tidak stabil. Itulah kenapa sangat disarankan untuk membeli rumah pada area yang sangat datar. Selain itu diusahakan juga sejajar dengan jalan utama sehingga tidak akan mengalami masalah saat sedang mengalami hujan.

3. Jenis Fasilitas yang Ada
Cara menentukan sebuah rumah yang ketiga adalah dengan mengetahui jenis fasilitas apa yang nantinya akan dibangun atau tidak ada.
Kurang lebih akan menentukan tipe rumah secara mudah meski bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Misal anda ingin membangun rumah dengan tipe 21. 

Rumah tipe ini tentu memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dalam satu bangunan hanya akan berisi 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Apabila dibuat 2 kamar tidur tentu akan terlihat sangat sempit dan memakan ruang yang cukup banyak.
Berbeda jika anda sedang membangun rumah dengan tipe 120. Secara ukuran rumah sendiri ini sudah lebih besar hingga 6 kali dari tipe 21.

Itulah kenapa kalau satu ruangan akan ada sekitar 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. Selain itu bisa juga ditambah Apabila ada beberapa ruangan yang diubah. Itulah kenapa mengetahui luas dari bangunan sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli rumah khususnya di perumahan.
Dengan begitu Anda akan memiliki ekspektasi seberapa besar gantinya tipe rumah yang akan dipilih.

4. Bujet yang Dimiliki
Cara menentukan tipe rumah selanjutnya adalah budget yang dimiliki oleh seseorang saat mereka akan membangun atau membeli rumah. Besar kecilnya tipe rumah akan ditentukan dengan berapa besar pajak yang dimiliki. Apabila budget yang dimiliki sekitar 300 jutaan. Jenis rumah yang bisa didapatkan atau dibeli adalah tipe 21. Semakin besar bujet yang dimiliki maka tipe rumah yang nantinya bisa digunakan semakin tinggi.

5. Jenis Perumahan yang Dipilih
Terakhir dan tidak kalah penting adalah jenis perumahan yang nantinya dipilih untuk dibeli atau dicicil secara kredit. Biasanya cluster Perumahan akan memiliki tipe bangunan yang bervariasi. Ada tipe bangunan 21 karena memiliki ukuran yang sangat kecil hingga tipe lain yang lebih besar termasuk untuk bangunan bertingkat. Untuk menentukan jenis bangunan dan nantinya akan diambil. 

Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis perumahan yang nantinya akan digunakan.
Selanjutnya dari berbagai jenis tipe yang ada di sana bisa dicek langsung lalu yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Cara menentukan tipe rumah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, Anda bisa konsultasi salah satunya ke Japdesain.com.

Bahkan meski anda bukan seorang yang ahli dalam bidang pembangunan dan arsitektur.
Pemilihan tipe bisa dilakukan dengan baik asam mempertimbangkan apa yang sudah dibahas di atas. Selanjutnya Anda bisa melakukan konsultasi dengan arsitek atau orang yang akan membangun. Apabila ada penyesuaian maka bisa dilakukan dengan baik. Membangun rumah sesuai dengan kondisi dari tanah juga akan memaksimalkan apa yang sudah ada. Terima kasih.