Mengulas Perbedaan Bahan Bakar Pertalite Dan Pertamax


NewsArt Story - Jakarta, Pemilihan bahan bakar kendaraan antara Pertalite dan Pertamax. Permasalahan ini sudah umum terjadi dan dibahas. Perbedaan bahan bakar Pertalite dan Pertamax bagi sebagian orang ada yang sudah paham dan ada juga sebagian belum tahu jelasnya, antara Pertalite dan Pertamax. Berikut ini secara singkat antara perbedaan bahan bakar Pertalite dan Pertamax untuk kendaraan, khususnya sepeda motor. 

Pertalite adalah produk terbaru dari Pertamina sebagai pengganti premium yang sudah tidak lagi diperbolehkan Pemerintah untuk dijual. Pertalite memiliki kandungan RON 90 yang berwarna hijau dan jernih. Memiliki tambahan zat aditif, Pertalite bisa digunakan bagi perjalanan dengan jarak lebih jauh namun harganya lebih murah. Pertalite cocok menjadi bahan bakar kendaraan konvensional seperti Honda Vario, BeAT, dan Yamaha Mio tipe lama. 

Apa kelebihan dan kekurangan bahan bakar pertalite ? 

Bahan bakar pertalite memlilki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan bakar pertalite yang kalian gunakan pada kendaraan kalian. 

Kelebihan 

  • Memiliki nilai RON 90 lebih unggul jika dibandingkan bahan bakar Premium dengan nilai RON 88.
  • Memiliki nilai RON 90, Pertalite diklaim dapat membuat knocking mesin kendaraan stabil, sehingga bisa menghasilkan pembakaran mesin yang optimal.
  • Pertalite menawarkan harga yang lebih murah sebagai BBM ramah lingkungan dengan nilai oktan tinggi serta rendah emisi. Selain itu, hasil bahan bakar Pertalite diklaim lebih optimal.
  • Pertalite hanya memiliki kandungan sulfur dengan mencatat angka maksimal 0,05 m/m atau setara 200 ppm, serta tidak mempunyai kandungan timbal.
  • Mudah didapatkan karena Pertalite sudah tersedia di pom bensin di berbagai wilayah Indonesia, dan bahkan juga tersedia di pertamini.
  • Pertalite memiliki warna hijau yang terang dan jernih, sehingga visualnya terlihat menawan.
  • Terdapat bahan additive, sehingga kendaraan yang menggunakan Pertalite dapat menempuh jalan yang jaraknya jauh, namun kualitasnya tetap terjaga.

Kekurangan

  • Pertalite tidak baik digunakan pada semua jenis kendaraan motor atau mobil. Disarankan bahan bakar ini digunakan untuk kendaraan yang memiliki mesin cc rendah atau di bawah 125 cc, sehingga kendaraan bermesin cc tinggi sebaiknya tidak memakai Pertalite agar performa mesinnya tetap bagus.
  • Dapat mengakitbatkan ‘ngelitik’ atau knocking jika Pertalite dipakai pada kendaraan yang memiliki mesin di atas 125 cc.
  • Jika dibandingkan dengan bahan bakar lain yang memiliki nilai oktan lebih tinggi, Pertalite dinilai cukup mahal karena jarak tempuh per liternya hanya sekitar 20 persen.
  • Jika dipakai pada kendaraan motor ataupun mobil yang harus menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, penggunaan Pertalite bisa membuat usia komponen pada kendaraan tersebut seperti arm piston, piston, dan lainnya jadi lebih pendek, bahkan cepat rusak.
  •  Dalam jangka waktu lama, penggunaan Pertalite bisa merugikan karena biaya perawatan kendaraan yang menggunakan bahan bakar tersebut lebih mahal.

Sementara untuk bahan bakar Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Walaupun harga yang relatif lebih tinggi, Pertamax menerapkan ecosave technology, yaitu teknologi yang mampu membersihkan bagian dalam mesin.

Selain itu, Pertamax mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air. Dengan begitu, pembakaran mesin akan menjadi lebih sempurna. Bukan hanya itu juga, harga untuk bahan bakar pertamax cukup mahal dibanding yang lain, tetapi dibalik harga yang mahal ada keuntungan yang dapat kalian dapatkan dengan menggunakan bahan bakar pertamax. 

 

Apa kelebihan dan kekurangan bahan bakar pertamax ?


Bahan bakar pertamax memlilki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan bakar pertamax yang kalian gunakan pada kendaraan kalian. 

Kelebihan 

  • Tenaga Lebih Besar, memiliki kandungan oktan 92 dan dilengkapi dengan pelindung anti karat membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga tenaga mesin menjadi lebih besar dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan Pertamax.
  • Ramah Lingkungan, dikarenakan materi yang digunakan tidak memiliki kandungan jenis timbal, sehingga proses pembakaran menjadi lebih bersih dan dapat menghasilkan gas buang ramah lingkungan. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu kelebihan dari Pertamax.
  •  Perawatan Mudah, seperti yang sudah kami jelaskan diatas apabila Pertamax dilengkapi dengan kandungan anti karat, sehingga hal tersebut dapat menjaga kondisi komponen-komponen mesin lebih baik. Hal tersebut pastinya akan membuat perawatan pada mesin menjadi lebih mudah.
  •  Cocok Untuk Kendaraan Terbaru, Pertamax digadang-gadang cocok dengan semua jenis keluaran terbaru, terutama untuk jenis kendaraan yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Kemudian memiliki rasio kompresi bensin 10:1 atau 11:1.
  • Hemat Bahan Bakar, penggunaan dengan rasio kompresi 10:1 atau 11:1 merupakan salah satu rasio kompresi paling irit, dibandingkan dengan bahan bakar lainnya dengan rasio kompresi lebih besar mencapai 8:1 atau 9:1. 

Kekurangan 

  • Mesin Lebih Panas, karena proses pembakaran yang begitu sempurna membuat kondisi mesin menjadi lebih panas, namun hal tersebut masih dapat diatasi dengan cara menggunakan oli mesin yang baik. Sehingga kondisi mesin tidak terlalu panas atau overheat. Sehingga hal tersebut bukan salah satu kekurangan yang krusial.
  • Harga Lebih Mahal, jika dibandingkan dengan harga Pertalite, Premium ataupun Solar, bahan bakar Pertamax memang memiliki harga paling mahal diantara beberapa jenis bahan bakar yang telah disebutkan. Meskipun harganya mahal, Pertamax memiliki kualitas lebih baik.
  • Efek Knocking, Knocking merupakan suara aneh didalam mesin, hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi kendaraan tidak sesuai dengan bahan bakar Pertamax. Umumnya jenis kendaraan yang akan mendapatkan akan mendapatkan efek knocking ialah kendaraan yang harus menggunakan bahan bakar oktan diatas 92 alias harus menggunakan bahan bakar dengan oktan 95 seperti Pertamax Turbo.