Xiaomi Mi Mix Fold, Smartphone Lipat Terbaru



NewsArt Story. Jakarta - Xiaomi Mi Mix Fold hadir dengan desain Smartphone Lipat pesaing dari Samsung, Huawei, Motorola dan Oppo. Xiaomi Mi Mix Fold adalah smartphone lipat pertama dari xiaomi yang siap dirilis. Merek china tersebut tidak mau kalah dengan brand smartphone lainnya yang sudah membuat smartphone lipat. Di tahun ini, Xiaomi Mi Mix Fold masuk kedalam jajaran smartphone lipat sekaligus bersaing dengan smartphone lipat lainnya seperti Samsung Galaxy Fold 2, Huawei Mate X, Motola Razr 5G dan Oppo X 2021.


Baca Juga Debut Smartphone Layar Lipat Dimulai, Apple Lipat Kapan ?


Untuk tahun ini diperkirakan trend smartphone lipat akan bersaing di pasaran dengan teknologi yang mereka bawa dari masing-masing brand smartphone. Xiaomi Mi Mix Fold sendiri memiliki layar internal berukuran 8.01 inci OLED saat posisi seperti tablet. Sementara untuk layar eksternal atau bagian luar memiliki ukuran 6.52 inci dengan AMOLED display, refresh rate 90 Hz dan touch sample rate 180 Hz. Tidak lupa aspek rasio pada smartphone lipat ini yakni 21:9 yang lumayan lebar sekaligus sudah mendukung HDR 10 Plus dan Dolby Vision. 


Xiaomi Mi Mix Fold menurut mereka memiliki engsel berbentuk U yang diklaim 27 persen lebih ringan dari engsel yang dipakai oleh smartphone lipat lainnya. Hal ini sudah diuji 200.000 ribu kali buka tutup dan didorong lebih jahu menjadi sejuta kali buka tutup. Sementara untuk bagian kamera, Xiaomi Mi Mix Fold memiliki lensa kamera utama 108 MP, kamera makro dan telephoto 8 MP dan tidak ketinggalan kamera Ultra Wide 13 MP.


Sementara untuk kamera selfie yakni 20 MP (Wide). Untuk Chipset yang dipakai di Xiaomi Mi Mix Fold yakni Surge C1 yang dikembangkan sendiri secara internal untuk kebutuhan memproses gambar dan untuk urusan performa Xiaomi Mi Mix Fold menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 versi terbaru. Menjalankan Android 10, MIUI 12 (interface). Sementara untuk sisi penyimpanan memori, Xiaomi Mi Mix Fold memiliki beberapa varian yakni 256 GB/ 12 GB RAM, 512 GB/ 12 GB RAM dan 512 GB/ 16 GB RAM tanpa slot Micro SD.


Dalam urusan performa smartphone lipat ini, sudah mendukung sistem pendingin Vapor Chamber yang besar, thermal gel dan beberapa lapis lembaran grafit. Di sisi multimedia, Xiaomi memiliki empat speaker dan mengembangkan teknologi algoritma 3D special audio untuk pengalaman audio yang imersif. Sementara untuk bagian baterai yakni 5.020 mah dan mendukung fast charging 67W dengan kabel. Untuk bagian konektivitas seperti smartphone lipat lainnya dan juga sudah memiliki NFC.


Nah, untuk harganya sendiir ada dua varian yang tersedia yakni versi standar dan ceramic special edition. Versi standar hadir dengan corning gorilla glass sementara versi ceramic edition memiliki tekstur keramik dengan pahatan dari laser sekaligus bingkai dalam balutan warna emas. Untuk pemesanan baru bisa pre-order di china. Soal harga sendiri ditaksir sekitar Rp22 Juta untuk varian terendah dan varian tertinggi Rp28 Juta.


Kita tunggu saja kehadiran smartphone lipat perdana Xiaomi Mi Mix Fold secara resmi di indonesia. Jangan sampai barang ghoib lagi ya !! Apabila resmi dijual secara global, kemungkinan besar Xiaomi Mi Mix Fold akan bersaing dengan smartphone lipat lainnya dari segi desain, teknologi, performa dan ketahanan smartphone itu sendiri. Kita tunggu saja brand smartphone lainnya dalam mengeluarkan smartphone lipat yang inovatif dan impression dalam meluncurkan produk mereka. 


Baca Juga Mengintip Oppo X 2021, Smartphone Lipat Terbaru