Mengenal Seputar Penyimpanan HDD Pada PC

Newsartstory.com - Mengenal Seputar Penyimpanan HDD Pada PC. Pernahkah kalian bingung memilih PC dengan jenis penyimpanan HDD atau SSD? Sebelumnya artikel mengenai jenis penyimpanan SSD sudah dibahas sebelumnya, silahkan kunjungi artikel berikut Kenali Jenis Penyimpanan SSD Pada PC/Laptop  jika kalian tidak tahu seputar SSD.

Baca juga: Kenali Jenis Penyimpanan NVMe

Apa Itu Penyimpanan HDD?

HDD singkatan dari Hard Disk Drive. Ini adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan informasi digital. Tentunya penyimpanan jenis HDD ini memanglah murah dibanding dengan harga dari SSD. Lantas apa kelebihan dari HDD?

Kelebihan Penyimpanan HDD

Dibandingin dengan SSD, jenis penyimpanan HDD pada PC menjadi alternatif untuk kaum mendang-mending, inilah beberapa kelebihan HDD meliputi:

Baca juga: Kenali LPDDR5 Pada Perangkat Smartphone

1. Kapasitas besar: HDD masih menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan SSD pada harga yang lebih terjangkau.

2. Harga terjangkau: HDD umumnya lebih murah per gigabyte dibandingkan dengan SSD.

3. Kompatibilitas: HDD dapat dengan mudah digunakan dalam sistem komputer yang lebih tua atau konsol game yang membutuhkan penyimpanan tambahan.

4. Daya tahan terhadap guncangan: Meskipun tidak sekuat SSD, HDD lebih tahan terhadap guncangan dan getaran karena memiliki komponen mekanis yang lebih sedikit.

Baca juga: Ketahui Apa Itu RAM Expanded Di Smartphone

Kekurangan Penyimpanan HDD

Selain kelebihan yang ditawarkan HDD pada PC, terdapat kekurangan yang perlu diketahui yakni:

1. Kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD: HDD menggunakan piringan berputar dan kepala pembaca-panjang, yang membuatnya lebih lambat dalam membaca dan menulis data dibandingkan dengan SSD yang
tidak memiliki bagian bergerak.

2. Rentan terhadap kerusakan mekanis: Komponen fisik dalam HDD, seperti piringan dan kepala pembaca-menulis, membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat guncangan atau getaran.

3. Konsumsi daya yang lebih tinggi: HDD membutuhkan lebih banyak daya dibandingkan dengan SSD karena pergerakan fisik yang terlibat dalam operasinya.

4. Ukuran dan berat yang lebih besar: Secara umum, HDD memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dibandingkan dengan SSD, membuatnya kurang ideal untuk perangkat yang membutuhkan portabilitas atau ruang penyimpanan yang terbatas.

Baca juga: Apa Itu GPU 3D Graphics HW Accelerator? Simak Ulasan GPU 3D Graphics HW Accelerator

Nah itulah seputar jenis penyimpanan HDD dibandingkan dengan jenis penyimpanan SSD pada komputer/PC. Jadi mau pilih yang mana? HDD memiliki harga murah sedangkan SSD harganya cukup mahal. Perlu sesuaikan budget dan keuangan serta kebutuhan kalian. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis