Apa itu Congenital Ptosis ? Mengenal Apa itu Ptosis

Newsartstory.com - Mengenal Apa itu Congenital Ptosis. Apa itu Penyakit Ptosis ? Sebagian organ dari manusia yakni mata merupakan salah satu organ yang melekat di wajah dan memberikan peran besar pada penampilan. Karenanya, jika terjadi sesuatu seperti mata kecil sebelah, pasti ingin mencari tahu penyebabnya dan istilah nama yang dinamakan Congenital Ptosis.

Baca juga: Tahukah Kamu ? Jam Kelahiran Bisa Mempengaruhi Kepribadian

Dalam istilah medis, mata kecil sebelah disebut congenital ptosis. Seiring bertambahnya usia, kondisi ini membuat kelopak mata bawah menurun karena berkurangnya otot yang mengendalikan kelopak mata.

Tak jarang beberapa kasus membuat seseorang kurang percaya diri karena mengalami ptosis. Lantas, apa penyebab mata kecil sebelah? Dan apa pengertian dari Ptosis.

Baca juga: Apa Mental Health Penting ? Simak Pengertian Apa itu Mental Health ?

Mengenal Congenital Ptosis

Ptosis adalah salah satu kondisi yang dapat terjadi pada sebagian besar orang dengan usia berapa pun. Anak-anak dan orang dewasa dapat mengalami ptosis.

Namun, kondisi ini paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua karena proses penuaan alami. Otot levator bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata. Seiring bertambahnya usia, otot itu dapat meregang dan, akibatnya, menyebabkan kelopak mata jatuh.

Baca juga: Mengenal Apa itu Varian XBB COVID-19

Anak-anak yang menderita ptosis juga dapat mengalami ambliopia atau umumnya dikenal sebagai mata malas. Gangguan ini juga dapat menunda atau membatasi penglihatan mereka. Umumnya, gejala ptosis adalah menurunnya salah satu atau kedua kelopak mata. Pada beberapa kasus, ptosis adalah kondisi yang dapat memengaruhi penglihatan.

Namun, penyakit Ptosis ini terdapat beberapa gejala lain yang disebabkan oleh mata kecil sebelah (ptosis), sebagai berikut:

  • Mata menjadi sangat kering atau sangat berair Wajah terlihat lelah
  • Nyeri di bagian mata
  • Sakit kepala

Jika sudah mengalami gejala di atas, dokter akan menginvestigasi kondisi untuk memastikan tidak ada kondisi penyebab lain. Hal ini penting terutama jika mengalami sakit kepala migrain atau masalah lainnya yang muncul sejak mengalami kondisi tersebut.

Baca juga: Apa itu Cuddle ? Inilah Manfaat Cuddle dalam Hubungan

Untuk menangani masalah penyakit Congenital Ptosis, dibutuhkan jalur operasi atau bisa menggunakan metode kruk ptosis yakni pilihan non-bedah yang melibatkan penambahan lampiran ke bingkai kacamata dengan menahan kelopak mata di tempatnya.

Ada dua jenis kruk ptosis dapat disesuaikan dan diperkuat. Kruk yang dapat disesuaikan dipasang di satu sisi bingkai, sedangkan kruk yang diperkuat dipasang di kedua sisi bingkai.

Baca juga: Pengertian Penyakit Scabies dan Apa itu Scabies ?

Kruk dapat dipasang di hampir semua jenis kacamata tetapi kruk bekerja paling baik pada bingkai logam. Jika tertarik dengan Kruk Ptosis tersebut, sebelumnya harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter mata untuk melakukan ini.

Baca juga: Membahas Seputar Toxic Friendship

Penyakit Ptosis bisa terjadi karena gangguan saraf pada kelopak mata, sehingga kelopak mata turun dan membuat mata kecil sebelah. Sedangkan tingkat keparahannya ditentukan oleh letak saraf mata yang rusak tersebut.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel