Memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022

Newsartstory.com - Peringatan Hari batik nasional pada tanggal 2 Oktober 2022. Di setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Batik dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. Batik juga salah satu kerajinan berupa motif yang ada sejak zaman dulu di Indonesia. Motif batik ini beraneka ragam mulai dari motif hewan, bunga, manusia, geometris, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Inilah Sejarah Adanya Peringatan Hari Ibu Nasional

Batik Indonesia, mencakup keseluruhan teknik, teknologi, pengembangan motif dan budaya yang terkait, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Oleh sebab itu dalam memperingati dan mengingat batik sangat penting untuk menjaga kekayaan budaya Indonesia. Berikut ini adalah rangkuman mengenai peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022 beserta sejarahnya:

Baca juga: Peringatan Hari Blogger Nasional 2021 Pada Hari Ini 27 Oktober 2021 dan Sejarah

Sejarah Batik Indonesia

Batik sendiri diambil dari kata "amba titik", yang dalam bahasa Jawa artinya 'menulis titik', dengan tujuan menghias kain. Untuk menulis titik tersebut menggunakan canting, alat kecil yang terbuat dari tembaga dan gagang bambu atau kayu sebagai pegangannya.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Perindustrian (Kemenperin), batik Indonesia berkembang pada zaman Kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram di Pulau Jawa yaitu keraton Yogyakarta dan Solo dan meluas ke beberapa daerah seperti Banyumas, Cirebon dan Pekalongan.

Baca juga: Mengenal Apa itu TikTok Now ?

Batik dianggap mencapai puncak ekspresi seninya di Jawa pada abad ke-19. Motif, pola, dan warna yang dapat dikenali sering kali menunjukkan keluarga, status sosial, dan asal geografis. Warna tradisional untuk batik Jawa Tengah dibuat dari bahan-bahan alami, dan terutama terdiri dari biru, cokelat, krem, dan hitam.

Beberapa desain termasuk Kawung, atau lingkaran berpotongan, Ceplok, desain geometris, Parang, atau "pola pisau", dan Pradakain batik yang berhiaskan daun emas atau serbuk emas. Motif-motif ini terinspirasi dari pengaruh Jepang, India, Cina, dan Belanda, yang menghasilkan kekayaan warna dan motif.

Seni batik kemudian menyebar ke seluruh kepulauan Indonesia, dan kemudian ke Semenanjung Malaya. Karena popularitasnya, lebih banyak pusat produksi kemudian dibuat. Meskipun sebagian besar kain batik sekarang dihias dan dijahit dengan mesin, masih ada keinginan untuk tekstil tradisional yang berkualitas tinggi dan buatan tangan.

Baca juga: Mengenal Apa itu TikTok Shop ? Cara Mendaftar Menjadi TikTok Shop Seller

Hari Batik Nasional Ditetapkan pada 2 Oktober

Dalam perkembangan batik di Indonesia memuncak pada tanggal 2 Oktober 2009, ketika UNESCO menetapkan Batik Indonesia sebagai sebuah keseluruhan teknologi, simbolisme, dan budaya yang terkait dengan batik tersebut sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) yaitu pengakuan internasional bahwa batik Indonesia adalah bagian kekayaan peradaban manusia.

Baca juga: Sekian 6 Tahun Lama, Akhirnya UU PDP di Indonesia Disahkan 2022

Pengakuan batik oleh UNESCO atas warisan budaya dunia pada tahun 2009 lalu merupakan bentuk pengakuan strategis atas eksistensi batik dan nilai pentingnya bagi peradaban dan perkembangan kebudayaan. Dengan pengakuan ini, diharapkan agar masyarakat dapat mempertahankan batik sebagai living tradition. 

Presiden Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009, juga telah memutuskan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Penerbitan Keppres Nomor 33 Tahun 2009 sebagai usaha pemerintah meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Baca juga: Apa itu FWB ? Inilah Pengertian Friend With Benefit

Nah itulah seputar sejarah hari batik nasional yang tepatnya jatuh di tanggal 2 Oktober. Sejarah batik dan warisan nenek moyang dari Indonesia yang wajib dilestarikan oleh bangsa Indonesia. Karena banyaknya batik atau motif batik yang digunakan oleh beberapa negara tetangga lainnya. Jadi, cintai budaya batik dan bangga gunakan batik Indonesia.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel