Qualcomm Kenalkan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1

Newsartstory.com - Qualcomm baru saja umumkan generasi chipset terbaru. Mereka memperbarui jajaran chipset buatannya sekaligus mulai mengubah penamaan chipset kelas menengah dengan meluncurkan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8CX Gen 3

Generasi berikutnya yakni Snapdragon 6 Gen 1 merupakan chip kelas menengah yang dibangun dengan fabrikasi 4 nm. Adapun Snapdragon 4 Gen 1 dibangun dengan fabrikasi 6 nm dan ditujukan untuk perangkat entry-level.

Menurut Qualcomm, Snapdragon 6 Gen 1 hadir dengan dukungan pemotretan yang lebih jelas, permainan game yang efektif serta kecerdasan buatan (AI) yang lebih intuitif. Sedangkan Snapdragon 4 Gen 1 dirancang untuk menunjang kinerja yang lebih optimal hingga menyediakan fitur fotografi mutakhir dan konektivitas yang ditingkatkan.

Baca juga: 6 Aplikasi Pembersih RAM untuk Android

Snapdragon 6 Gen 1

Snapdragon 6 Gen 1 menawarkan CPU octa-core dan clockspeed hingga 2,2 GHz. Qualcomm tidak merinci spesifikasi teknis chip ini, sehingga detail lainnya belum diketahui, termasuk soal GPU yang digunakan di Snapdragon 6 Gen 1.

Qualcomm Klaim bahwa chipset ini menawarkan peningkatan rendering grafis hingga 35 persen serta kinerja komputasi hingga 40 persen, akan tetapi tak merinci referensi perbandingannya.

Baca juga: Kalian Team Mana ? Android atau iPhone ?

Peningkatan ini kabarnya dicapai berkat fitur Qualcomm AI Engine generasi ke-7 yang memungkinkan peningkatan kinerja AI hingga tiga kali dibanding pendahulnya.

Dalam hal fotografi, Snapdragon 6 Gen 1 mengintegrasikan tiga ISP sehingga memungkinkan perangkat mengambil gambar dari tiga kamera sekaligus. Chipset Qualcomm terbaru ini juga mendukung pengambilan foto hingga hingga resolusi 108 MP serta perekaman video HDR.

Baca juga: Microsoft Rilis update di Windows 11

Soal konektivitas, Snapdragon 6 Gen 1 didukung modem Snapdragon X62 5G. Dengan kata lain, perangkat dengan chip ini akan menunjang konektivitas 5G. Selain 5G, chip ini juga mendukung WiFi 6e.

Snapdragon 4 Gen 1

Snapdragon 4 Gen 1 juga menawarkan CPU octa-core, dengan clockspeed 2.0 GHz. Qualcomm mengeklaim chip ini memiliki CPU 15 persen lebih cepat dari pendahulunya dan GPU yang 10 persen lebih kuat.

Baca juga: Fitur Avatar 3D Whatsapp Akan Segera Hadir

Meski tidak menyebutkan referensi perbandingannya, peningkatan tersebut GSM Arena telah mencatat, kemungkinan angka tersebut dibandingkan dengan Snapdragon 480 atau 480 Plus. Chipset ini dikategorikan sebagai chip entry-level, Snapdragon 4 Gen 1 mendukung tampilan resolusi FHD+ serta refresh rate 120 Hz.

Serupa dengan Snapdragon 6 Gen 1, Snapdragon 4 Gen 1 juga dilengkapi dengan tiga ISP dan Multi-Frame Noise Reduction agar mampu menghasilkan foto yang tajam dan detail. Selain itu, Qualcomm juga menghadirkan dukungan kamera 108 MP pada chip ini. Konektivitasnya telah didukung jaringan generasi terbaru yaitu 5G serta WiFi 6e.

Baca juga: Intip Fitur iOS 16 Yang Telah Diumumkan Apple

Menurut informasi dari Qualcomm, perangkat komersil dengan chipset Snapdragon 4 Gen 1 akan tersedia pada kuartal II-2022. Kabar yang beredar jika perangkat ponsel bernama iQoo Z6 Lite disebut akan menjadi salah satu ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon 4 Gen 1.

Baca juga: Cara Melacak Hp Android Yang Hilang

Adapun perangkat dengan Snapdragon 6 Gen 1 kemungkinan tersedia pada kuartal I-2023. Kita tunggu saja perilisan resminya untuk Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel