Intip Fitur iOS 16 Yang Telah Diumumkan Apple

Newsartstory.com - Apple telah resmi mengumumkan iOS 16 dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang digelar secara virtual pada Selasa (7/6/2022) dini hari waktu Indonesia. Sistem operasi yang merupakan pembaruan (update) dari iOS 15 tersebut membawa sejumlah peningkatan dan fitur terbaru versi iOS 16. Salah satu pembaruannya adalah tampilan kunci layar (lock screen) yang terlihat lebih segar dari sebelumnya.

Baca juga: iPhone SE 3 Akan Segera Meluncur Di Tahun 2022

Dibilang seperti itu, lantaran desain tanggal dan waktu pada tampilan lock screen iOS 16 kini bisa diubah sesuai dengan selera. Beberapa aspek yang bisa digonta-ganti mencakup jenis hingga warna dan gaya tulisan (font), sehingga tampilan lock screen iPhone tidak "gitu-gitu aja".

Lalu, pengguna juga bisa mengatur atau menambahkan jendela informasi suatu aplikasi, alias widget tepat di bawah informasi tanggal dan waktu. Kemudian, beragam notifikasi yang muncul di lock screen juga kini akan diposisikan mendekati bagian bawah layar, tepat di atas ikon senter dan kamera.

Baca juga: Kalian Team Mana ? Android atau iPhone ?

Dengan begitu, jendela notifikasi tidak menutupi gambar yang sedang dijadikan latar belakang layar (wallpaper). Adapun tampilan wallpaper sendiri bisa diatur lagi dengan fitur Photo Shuffle, sehingga gambar yang muncul di lock screen tidak monoton dan bisa berubah secara berkala. Masih di tampilan lock screen, Apple juga memberbarui desain Live Activities yang kini bisa menampilkan berbagai jendela notifikasi secara real-time.

Selanjutnya ada fitur Focus yang kini bisa langsung diterapkan melalui tampilan lock screen. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil, desain antarmuka (UI), hingga intensitas notifikasi yang diizinkan masuk ke ponsel langsung melalui tampilan lock screen. 

Deretan fitur baru iOS 16 

Selain beragam fitur yang bisa mempercantik tampilan lock screen, Apple juga menghadirkan aneka fitur baru di dalam iOS 16. Untuk aplikasi Messages, misalnya, pengguna kini bisa mengubah (edit) isi pesan, menarik pesan yang terkirim (Undo Send), hingga menandai sebuah percakapan supaya mereka memiliki tanda "belum dibaca" alias unread. 

Baca juga: Review Launchpad Dari Ampify untuk iOS

Kemudian ada fitur Live Text yang kini memungkinkan pengguna menyalin teks dari sebuah video, Apple Wallet yang bisa diakses berbagai aplikasi, hingga Apple Pay Later yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai pembayaran dengan mekanisme cicilan. Apple juga turut menghadirkan iCloud Shared Photo Library di iOS 16.

Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat sebuah ruang untuk berbagi foto yang bisa dipakai dan dilihat oleh hingga enam orang sekaligus. Tidak ketinggalan juga, Apple juga memperbarui Apple Maps yang kini hadir dengan fitur multistop routing.

Baca juga: Google Hadirkan Android 12L

Fitur ini memungkinkan pengguna memasukkan hingga 15 destinasi dalam satu navigasi. Apple Maps juga kini dibekali dengan tampilan peta 3D yang bisa dinikmati di sejumlah kota besar di dunia, dan bakal menyambangi 11 negara baru seperti Perancis, Swiss, dan lain sebagainya.

Ada pula fitur CarPlay yang bakal bisa ditampilkan di seluruh layar yang ada di dalam mobil. Fitur ini, yang rencananya bakal hadir pada akhir 2023 mendatang, bisa menampilkan berbagai informasi penting di dalam mobil mencakup kecepatan, bensin, temperatur, dan lain sebagainya.

Kapan iOS 16 bisa diunduh di iPhone?

Untuk ketersediaan, iOS 16 versi beta saat ini sudah bisa dijajal oleh para pengembang (developer) mulai hari ini. Sementara itu iOS 16 versi beta bagi pengguna umum (public) rencananya bakal segera hadir pada Juli 2022 mendatang.

Baca juga: Apa Alasan Kamera iPhone 13 diagonal ?

Kemudian untuk iOS 16 versi akhir (final) konon bakal bisa dijajal pengguna sekitar September 2022 mendatang. Bagi pengguna yang tidak sabar menjajal iOS 16 versi developer, mereka bisa mendaftar layanan Apple Developer Program di tautan berikut ini. Program tersebut berbayar dan pengguna harus merogoh kocek sekitar 100 dolar AS (sekitar Rp 1,4 juta) per tahun. Perlu dicatat, pembaruan iOS 16 sendiri hanya bisa dipasang di perangkat iPhone yang sudah terpasang dengan iOS 15.

Lalu, model iPhone yang mendukung juga harus iPhone 8 atau model yang lebih baru seperti iPhone X hingga iPhone 13, sebagaimana dirangkum dari MacRumors. Kita tunggu saja perilisan iOS 16, Akankah menarik atau tidak untuk fitur-fitur yang akan dirilis.