Kalian Team Mana ? Android atau iPhone ?

NewsArt Story - Kelebihan dari ekosistem Apple memproduksi tidak hanya iPhone, iPad, dan iPod Touch, namun juga Apple Watch dan Mac dalam ekosistemnya. Dalam ekosistem tersebut, Apple membangun fitur yang membuat setiap perangkat dapat berkirim data  satu sama lain dengan mudah dan menjadikan setiap perangkat yang dimiliki pengguna terhubung. 

Baca JugaSamsung Galaxy W22 5G resmi "Dirilis"

Sebagai contoh, ketika pengguna mengambil foto atau melakukan pemindaian dokumen dengan iPhone, pengguana bisa melihat dan mengeditnya langsung di Mac milik pengguna tanpa perlu mengirimkan terlebih dahulu data tersebut. Hal tersebut tentu akan sangat menghemat waktu pengguna.

Tidak banyak bloatware
Bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak penting kerap menjadi isu pada ponsel Android. Aplikasi ini dapat membebani memori dan performa ponsel ketika bekerja di background. Jadi, bloatware pada iPhone tidaklah banyak dan dapat kalian hapus sementara pengguna android tidak bisa untuk dihapus. Hal tersebut tidak akan terjadi pada iPhone, karena iPhone benar-benar bersih dari bloatware ketika pertama kali diaktifkan.

Pilihan aksesori banyak dan bervariasi
Aksesoris di iphone begitu banyak. Tentu dikarena jumlah seri iPhone yang tidak terlalu banyak membuat produsen aksesori lebih leluasa dalam memproduksi varian aksesori untuk iPhone. Hal ini berbanding terbalik dengan ponsel Android yang memiliki varian sangat banyak, sehingga ketersediaan aksesori dengan pilihan cukup banyak mungkin hanya ada pada kelas flagship.

Notifikasi aplikasi pelacakan pengguna
iPhone dikenal dengan komitmennya dalam menjaga keamanan dan privasi dari pengguna. Hal tersebut baru-baru ini semakin ditegaskan dengan kehadiran fitur baru notifikasi aplikasi pelacakan.


Fitur tersebut membuat pengguna bisa mengetahui ketika ada aplikasi pelacakan yang memantau iPhone pengguna. Fitur ini disebut sebagai kemenangan besar bagi perjuangan privasi dan pukulan telak bagi perusahaan aplikasi pihak ketiga, seperti Facebook dan android.

Kekurangan iPhone
Harga mahal dan pilihan terbatas
Apple hanya mengeluarkan sejumlah model tiap tahun untuk ponsel-ponselnya. Beruntung belakangan Apple memberikan lebih banyak pilihan ponsel dengan variasi harga berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Personalisasi terbatas
Tidak seperti Android yang punya banyak pilihan kustomisasi untuk membuat dan mengubah tampilan antarmuka berbeda sesuai keinginan pengguna, hal ini tidak berlaku untuk iPhone. Tidak ada launcher atau kustomisasi tampilan lain di iOS. 

Ekosistem cloud Google lebih kuat dari Apple
Saat ini ekosistem aplikasi cloud Google lebih kuat dari Apple. Sebagai contoh Gmail dan Google Drive lebih sering dipakai ketimbang Mail milik Apple dan iCloud. Jadi mana yang lebih baik? Kedua ponsel tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga keputusan untuk memilih sangat bergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.


iPhone adalah perangkat yang lebih sederhana dan memberi pengalaman lebih nyaman. Kemudian dari pihak iPhone  sendiri memberikan representasikan salah satu merek ponsel pintar paling populer di dunia, maka dukungan untuk gawai tersebut akan ada dimana saja. Sedangkan Android menawarkan kebebasan dengan memberi lebih banyak pilihan, mulai dari pilihan perangkat keras dan perangkat lunak, hingga pilihan tentang bagaimana mengatur dan menyesuaikan pengalaman penggunaan. 


Jika Anda lebih eksploratif tentang teknologi, maka Android dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. So, mau pilih Android atau iPhone ? Semua tergantung pilihan dari kalian. Jika kalian ingin bebas dan lebih personalisasi tanpa batasan, kalian bisa memilih android. Sementara untuk yang ingin menjaga privasi dan mengutamakan keamanan sekaligus penggunaan yang simple, kalian bisa pilih iPhone. Tetapi dengan batasan dalam penggunaan.