Mengenal Apa itu TikTok Shop ? Cara Mendaftar Menjadi TikTok Shop Seller

Newsartstory.com - Mengenal Apa itu TikTok Shop ? Bagaimana menjadi seller di TikTok Shop dan mendaftar di TikTok Shop Seller ? TikTok merupakan platform aplikasi berbagi video terpopuler saat ini selain Instagram. Namun selain menampilkan konten video, TikTok juga memiliki fitur TikTok Shop untuk berjualan. 

Fitur ini tentu sangat berguna bagi Anda yang mempunyai bisnis dan ingin menjualnya secara online. Lalu, bagaimana cara daftar TikTok Shop Seller ? Berikut ini ulasan cara mendaftar di TikTok Shop:

Baca juga: Mengenal Apa itu IPTEK ? Fungsi dan Manfaat IPTEK

Cara Daftar TikTok Shop Seller

Seperti dikutip dari situs resmi TikTok, TikTok Shop merupakan marketplace e-commerce yang mempertemukan penjual, pembeli, dan konten kreator. Ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh TikTok for Business. Salah satu manfaat fitur TikTok Shop yang tidak dimiliki oleh e-commerce lain ialah menyematkan link produk pada video yang diunggah. Jadi semakin sering video masuk FYP (For Your Page), maka makin besar pula kemungkinan penonton meng-klik dan membeli produk yang disematkan.

Baca juga: Apa itu FWB ? Inilah Pengertian Friend With Benefit

Berikut ini syarat daftar TikTok Shop Seller bagi kalian yang berminat mendaftar menjadi seller di TikTok shop yang dirangkum dari situs TikTok Shop Seller Center.

Syarat daftar akun TikTok Shop Seller

Syarat daftar TikTok Shop Seller tidaklah mudah bagi kalian sebagai pemula di TikTok. Sebelum mendaftarkan akun TikTok Shop, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu, diantaranya:

  • KTP atau paspor
  • Pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun
  • Akun memiliki minimal 2000 followers
  • Akun memposting video dalam 28 hari terakhir
  • Pemilik akun mempunyai rekening bank
  • Toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok

Baca juga: Nostalgia: Mengenang Yahoo! Messenger Yang Telah Ditutup

Cara daftar akun TikTok Shop Seller lewat website

  • Buka browser di HP atau PC.
  • Kunjungi situs TikTok Shop Seller Center di https://seller-id.tiktok.com/account/welcome. Selanjutnya klik "Daftar dengan Akun TikTok" atau "Sign Up with TikTok Account".
  • Anda bisa memilih mendaftar akun TikTok Shop Seller dengan nomor telepon, email, nama pengguna, atau akun media-media sosial yang terhubung dengan akun TikTok.
  • Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi dasar toko seperti nama toko, alamat toko, dan jenis bisnis (korporasi atau perorangan).
  • Lakukan verifikasi informasi pribadi dengan mengupload foto KTP atau paspor.
  • Setelah proses selesai, tunggu hingga Anda mendapatkan email notifikasi yang menyatakan bahwa pendaftaran akun TikTok shop telah berhasil.
  • Setelah pendaftaran berhasil, Anda bisa mengedit dan menambahkan informasi toko pada situs yang sama.

Cara menambahkan produk baru di TikTok Shop Seller

Untuk cara menambahkan produk baru di TikTok shop dapat dilakukan dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya

  • Buka aplikasi browser, kemudian login ke situs TikTok shop seller center https://seller-id.tiktok.com/account/welcome dengan akun TikTok shop yang telah terdaftar. Pada homepage, pilih menu "Tambahkan Produk Baru" atau "Add New Product".
  • Selanjutnya tambahkan nama produk yang akan dijual, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop.
  • Agar lebih lengkap, Anda bisa menambahkan informasi produk lebih detail seperti foto produk (disarankan memilih foto berukuran 1:1), deskripsi produk, variasi produk, dan informasi pengiriman produk.
  • Terakhir, jangan lupa hubungkan rekening bank dengan akun TikTok Shop untuk menyimpan penghasilan Anda.

Baca juga: Membahas Seputar Toxic Friendship

Nah, apakah kalian tertarik menjadi seller di TikTok shop ? Ingin kembangkan bisnis kalian di berbagai e-commerce lainnya ? Sudah banyak e-commerce yang beredar di Indonesia, untuk TikTok sendiri juga ikut meramaikan pasar e-commerce seperti lainnya. 

Baca juga: Mengulas Seputar FL Studio untuk Android dan PC

Semuanya itu adalah bisnis dan strategi marketing dalam mengembangkan aplikasi sekaligus tempat berbelanja online yang tidak hanya berbagi video atau menonton video saja di aplikasi TikTok.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel