Mengenal Apa itu HTTP dan HTTPS ?

Newsartstory.com - Apa itu HTTP dan HTTPS ? Apa kalian pernah mendegar kata-kata tersebut ? Kalian tahu yang dimaksud http dan https ? Terkadang saat berselancar di internet, pasti kalian akan melihat kata tersebut yakni "HTTP dan HTTPS". 

Baca juga: Apa itu Domain Expired ? Pengertian dan Kegunaan Domain Expired


Namun saat ini telah banyak sekali perusahaan atau pengguna khususnya para blogger telah menggunakan HTTPS, alamat situs atau website telah banyak menggunakan HTTPS untuk website mereka agar tetap aman. Nah, berikut ini penjelasan apa itu HTTP dan HTTPS sebagai berikut: 


Ap itu HTTP ? 

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol merupakan sebuah protokol yang digunakan oleh World Wide Web (WWW). Fungsi HTTP adalah mengirimkan data, yang terdiri dari konten di situs web, serta panggilan Application Programming Interface (API), melalui sebuah jaringan.


Baca juga: Apa itu Franchise ? Inilah Pengertian Bisnis Franchise


HTTP juga dapat merespons permintaan yang diperlukan browser saat pengguna berinteraksi dengan properti web. Misalnya, ketika pengguna mengklik sebuah hyperlink, browser akan mengirimkan serangkaian permintaan (requests) berupa "HTTP GET" untuk konten yang muncul di halaman tersebut. Sesuai dengan permintaan pengguna yang ingin mencari informasi seperti apa. 


HTTP juga ditujukan ke server asal atau server caching proxy yang kemudian akan merespons permintaan HTTP tersebut.Tapi untuk HTTP sendiri tidak adanya kode enkripsi keamanan yang kuat dalam browsing, sehingga sangatlah rentan dengan kebocoran data. 


Baca juga: Ulasan Seputar, Apa Itu Logo C, R dan TM ?


Apa itu HTTPS ?

Secara garis besar, HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) memiliki fungsi yang sama dengan HTTP. Hanya saja, kedua protokol ini dibedakan dengan huruf "S" yang ditambahkan pada HTTPS. Huruf "S" ini merupakan kependekan dari "Secure" yang berarti aman. 


HTTPS disebut lebih aman dibandingkan HTTP, karena telah dilindungi dengan format enkripsi seperti Secure Sockets Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS). Enkripsi pada HTTPS bekerja dengan mengacak semua lalu lintas data yang melewati protokol ini, membuat pengguna lebih kesulitan untuk melihat perintah-perintah yang dieksekusi.


Baca juga: Kumpulan Kode Script HTML Untuk Blog


Pada tipe HTTPS telah enkripsi TLS misalnya, HTTPS yang dienkripsi menggunakan model ini akan memanfaatkan teknologi kriptografi berupa "public key" yang dibagikan dengan perangkat client melalui sertifikat SSL server. Ketika client membuka akses koneksi ke server, kedua perangkat akan saling menggunakan public key dan private key untuk membuat key baru, session key, yang berfungsi mengamankan alur komunikasi.


Setelah semua permintaan (request) dan tanggapan (response) HTTP berhasil dienkripsi dengan session key, pengguna akan mendapati deretan panjang karakter acak, alih-alih kode yang terdiri dari teks normal.


Baca juga: Nostalgia: Mengenang Jejaring Sosial Path


Kesimpulan

Untuk penggunaan HTTP memanglah sangatlah rentan dengan keamanan saat berselancar ataupun dibuka, karena hal tersebut tidak adanya keamanan yang baik dan kemungkinan rentan dengan peretasan. 


Baca juga: Intip Fitur Terbaru "Gelembung Chat" WhatsApp


Sementara untuk penggunaan HTTPS dapat mempersulit hacker yang berupaya meretas data pribadi pengguna. HTTPS umumnya digunakan pada situs yang menyimpan informasi pribadi, seperti layanan e-commerce, internet banking, e-mail, dan masih banyak lagi.


Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel