Langkah Atasi Hp Agar Tidak Dapat Meledak

Newsartstory.com - Cara atasi Hp agar tidak meledak. Kalian mungkin pernah mendengar berita soal insiden ponsel terbakar atau meledak di media massa maupun media sosial. Yang saat itu menjadi viral. Selama ini, beberapa kabar yang beredar memang menyebutkan bahwa memainkan HP sambil ngecas dapat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan HP meledak atau terbakar. Itupun tergantung aksesoris yang dipakai oleh pengguna. 

Baca juga: Daftar Smartphone Android Tercanggih Keluaran Terbaru Tahun 2022 Beserta Spesifikasinya

Lantas, apakah benar rumor tersebut ? Menurut laporan outlet media LifeWire, kabar soal HP dapat meledak jika dimainkan saat dicas perlu diluruskan. Sebab, ada faktor lain yang membuat HP dapat terbakar saat dicas. Kabar memainkan HP sambil ngecas dapat menyebabkan HP meledak atau terbakar diyakini pertama kali mencuat pada 2013 silam. 


Baca juga: Cukup Mudah Bagi Pemula! Berikut Cara Membuat Blog di Blogger


Ketika itu, iPhone 4 milik pramugari China meledak ketika sedang digunakan sambil ngecas. Masalahnya, pramugari itu tidak melaporkan detail lengkap soal insiden yang dialaminya. Menurut info, ternyata pramugari itu mengisi daya iPhone 4 miliknya dengan produk charger aftermarket, alias bukan charger bawaan dari Apple. Pengisi daya aftermarket itu diduga rusak sehingga menyebabkan insiden meledaknya iPhone 4 tersebut. 


Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Konektor Mico USB dan USB Type-C


Nah, jadi, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran atau ledakan pada HP ketika mengisi daya adalah penggunaan charger yang tidak sesuai. Selain kasus iphone 4, kasus lainnya yakni meledak ponsel samsung galaxy note 7, apakah kalian masih mengingatnya ? dari kasus ini karena komponen hp dan baterai yang tidak sesuai, sehingga pihak dari samsung mencabut atau menarik ponsel samsung galaxy note 7 dari pasar. 


Namun, tak berselang samsung mencoba merilis kembali galaxy note 7 dengan produk mereka yakni samsung galaxy note FE. Untuk menghindari insiden saat pengisian daya, LifeWire menyarankan pengguna untuk selalu menggunakan adapter charger, kabel, dan power supply lain bawaan dari produsen pembuat ponsel. 


Baca juga: Kenapa Koneksi Internet Lemot Saat Hujan ?


Faktor lain yang bisa membuat ponsel terbakar atau meledak Panduan agar terhindar dari insiden HP terbakar/meledak Sebagaimana dilansir oleh PCMag merinci 6 langkah yang bisa dilakukan pengguna smartphone agar terhindar dari insiden HP yang meledak atau terbakar:

  1. Hindari menggunakan/meletakkan HP di temperatur ekstrem. Sebab, baterai ponsel dioptimalkan untuk bekerja dalam kisaran suhu tertentu, antara 32-95 derajat Fahrenheit (0-35 derajat Celsius).
  2. Jangan ngecas HP semalaman. Disarankan ngecas HP 30-80 persen.
  3. Pakai adapter charger bawaan.
  4. Rawat kabel charger agar tidak rusak/terkelupas. Sehingga meningkatkan risiko korsleting dan terbakar.
  5. Pasang antivirus agar terhindar dari malware yang buat prosesor bekerja lebih keras dan menyebabkan overhating.
  6. Gunakan casing HP untuk meminimalisir kerusakan fisik.

Baca juga: Nostalgia: BlackBerry Messenger Yang Telah Ditutup


Nah itulah beberapa agar hp tidak meledak saat digunakan. Walaupun banyak dari kita tidak menggunakan peraturan tersebut. Karena hal tersebut bersangkutan dengan harga asli dan harga miring. Menggunakan aksesoris yang murah dibanding harga jual yang original yang begitu mahal. Dan semua iyu tergantung dari kita sendiri dalam menggunakan smartphone. 


Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel