Apa itu Franchise ? Inilah Pengertian Bisnis Franchise

Newsartstory.com - Apa itu Franchise ? Banyak sekali cara atau skema bisa dilakukan untuk usaha atau bisnis, salah satunya melalui skema bisnis waralaba atau populer dikenal dengan istilah franchise. Franchise juga tidak jahu dari bisnis. Maka tidak heran banyak sekali orang menggunakan Franchise sebagai salah satu bisnis. Bisnis franchise kini menjadi salah satu skema usaha yang semakin populer di Indonesia.

Baca juga: Apa itu HaKi ? Inilah Fungsi dan Kegunaan HaKi

Lalu apa yang dimaksud dengan bisnis franchise?

Secara umum dan mendetail, bisnis franchise adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama ini didelegasikan kepada pihak kedua yang berhak mendapatkan izin untuk pemakaian merek, produk, serta sistem operasional tersebut dalam menjalankan sebuah usaha. Di dalam model bisnisnya, bisnis franchise memiliki dua buah elemen tetap.

  • Franchisor (pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis waralaba) 
  • Franchisee (pembeli izin bisnis waralaba)

Baca juga: Cara Atasi Instagram Error saat Digunakan

Sebagai pemilik bisnis franchise, franchisor memiliki peran untuk memberikan izin dan hak penjualan terhadap bisnis yang dimilikinya, meliputi merk dagang, produk, serta sistem operasional yang telah dibentuk. Sedangkan franchisee merupakan seseorang atau sebuah badan yang menerima hak penjualan dari pemilik bisnis waralaba setelah mendapatkan persetujuan demi meningkatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

Saat ini di Indonesia juga ada dua jenis bisnis franchise yang secara umum sudah diketahui oleh banyak orang.

  • Bisnis waralaba luar negeri 
  • Bisnis waralaba dalam negeri

Baca juga: Langkah Atasi Hp Agar Tidak Dapat Meledak

Adapun, franchise luar negeri mengacu pada merk dagang atau produk bisnis franchise yang berasal dari luar negeri. Biasanya, bisnis franchise luar negeri memiliki keuntungan dengan sistem operasional yang sudah lebih stabil dan jarang berubah-ubah. Keuntungan itu merupakan salah satu faktor yang meningkatkan peminat dalam menjalankan bisnis franchise.

Sementara bisnis franchise dalam negeri biasanya dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dari bentuk investasi untuk menunjang karier seseorang sebagai pengusaha dalam waktu yang relatif cepat. Menjalankan beberapa bisnis franchise dalam negeri untuk mendapatkan pengetahuan serta pengalaman baik bagi pemula dalam menentukan strategi bisnis yang optimal untuk pengembangan diri sebagai pengusaha di masa depan.

Baca juga: Ulasan Seputar, Apa Itu Logo C, R dan TM ?

Apa saja pertimbangan sebelum membuka bisnis Franchise ?

Sebagai pertimbangan membuat atau membangun Franchise dari merek yang sudah ada atau membeli lisensi waralaba. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Pasalnya, menjalankan bisnis franchise tidak membebaskan seseorang dari risiko sepenuhnya, malahan jika tidak berhati-hati badan usaha bisa terancam mengalami kerugian. 

Baca juga: Mengulas Seputar Meta Viewpoints di Android dan iOS

 1. Model Bisnis Dari Perusahaan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise adalah model bisnis perusahaan karena pada dasarnya membeli lisensi waralaba maka secara tidak langsung telah mengadopsi bisnis perusahaan pemilik lisensi atau merek dagang tersebut. Perlu diketahui bahwa tidak semua model bisnis perusahaan relevan dengan kebutuhan di era modern ini. 

Beberapa perusahaan memiliki model bisnis yang sudah kuno dan tidak fleksibel. Oleh karena itu periksa terlebih dahulu jenis model bisnis yang digunakan oleh perusahaan pemilik lisensi. Jika menurut kalian kurang dalam beberapa aspek, alihkan ke jenis atau badan usaha lain. Atau tidak kalian jalankan dan memilih yang lain.

Baca juga: Indonesia Akan Membuat UU Media Untuk Bayar Konten

2. Sejarah Finansial Bisnis Franchise

Berikutnya sebelum membeli lisensi bisnis franchise, lakukan riset terlebih dahulu pada sejarah finansial bisnis. Jangan tergoda dan nafsu karena sebuah perusahaan menawarkan keuntungan dari peluang waralaba, karena tidak semua layak untuk diambil.

Sebagai pebisnis, kalia perlu melihat apakah perusahaan tersebut bisa membuktikan diri sebagai badan usaha yang sukses. Apabila rekam jejak perusahaan pemilik waralaba ternilai jelek, kalian perlu mencari tempat yang prioritas badan usaha tersebut lebih berkualitas.

Baca juga: Ketahui Sejarah Munculnya Iklan Pop Up

3. Cari Tahu Tingkat persaingan

Jika kalian hendak membeli lisensi merek dagang bisnis franchise dari badan usaha yang populer, coba pertimbangkan lagi persaingannya. Pasalnya, badan usaha yang sudah besar umumnya memiliki banyak penerima waralaba.

Jadi, apabila keputusan kalian sudah bulat untuk membeli lisensi dari badan usaha yang populer, pertimbangkan terlebih dahulu apakah perusahaan yang Anda pilih memiliki produk bisnis yang relevan. Pasalnya, jika bisnis franchise memiliki produk yang relevan, kesempatan kalian untuk bisa meraih sukses.

Baca juga: Mengulas Sejarah Anime Hingga Ke Indonesia

Meskipun dalam persaingan pasar menjadi lebih besar dan terdapat banyak pesaing. Sebelum melakukan bisnis Franchise kalian juga harus memiliki modal untuk mengurus semua hal-hal yang harus kalian lakukan untuk membeli atau melengkapi syarat apa saja yang harus kalian penuhi dalam bisnis Franchise.

Dapatkan informasi pilihan setiap hari dari Newsartstory.com. Download aplikasi newsartstory sekarang juga untuk Android, caranya klik link https://bit.ly/3yfwLyS, kemudian download aplikasi di mediafire, setelah install buka aplikasi "newsartstory" dari ponsel