Game Tebak Kata Wordle Yang Lagi Viral Dimainkan

Newsartstory.com - Game yang tengah ramai di internet yakni berjudul Wordle sedang diperbincangkan. Wordle merupakan permainan tebak kata bahasa Inggris yang sangat sederhana berbasis situs web. Game Wordle bisa diakses melalui situs www.powerlanguage.co.uk/wordle secara gratis. Tampilan dari situs tersebut sangat sederhana, tidak banyak animasi yang akan ditampilkan di layar smartphone kalian. 

Baca juga: Review Game Dragon Hunters: Heroes Legend di Android dan iOS

Situs dengan latar warna hitam dan putih tersebut, hanya berisi kotak berderet lima yang berjumlah 6 kolom dan papan ketik virtual untuk memasukkan huruf menjadi kata. Wordle merupakan game sederhana tapi bisa membuat orang menjadi ketagihan. Jumlah pemainnya pun meningkat sejak Wordle diluncurkan pada sekitar Oktober 2021. Pada November 2021, pemain aktif Wordle mencapai 300.000. Angka itu meningkat pada Januari ini hingga total menjadi dua juta pemain, sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Baca juga: Review Game Ni no Kuni: Cross World di Android dan iOS

Game yang awalnya diciptakan untuk sang kekasih. Wordle sendiri dikembangkan oleh Josh Wardle, ia adalah seorang mantan pegawai di Reddit. Awal mula pengembangan Wordle didasari karena Wardle dan kekasihnya sangat menggemari permainan teka-teki silang yang terbit di harian New York Times. Berawal dari kegemarannya dengan sang kekasih itu, ia mengembangkan permainannya sendiri.

Di sisi lain, meski Wordle tengah viral, ternyata tidak membuat si pengembang merasa senang sepenuhnya. Wardle justru merasa seperti mempunyai beban yang lebih ke pengguna untuk selalu memastikan Wordle berjalan lancar dan tidak ada gangguan. Selain itu, Wardle ternyata juga tidak memperoleh keuntungan dari viralnya game Wordle, mengingat awalnya game ini hanya untuk bersenang-senang belaka bersama sang kekasih.

Baca juga: Chrono Cross: The Radical Dreamers Editon Segera Dirilis dan Daftar Game bulan April 2022

Sebagaimana dikutip dari portal media asal Selandia Baru, NZME. Wardle mengatakan bahwa ia tidak menarik keuntungan sepeser pun pada pemain Wordle. Wardle hanya ingin membagikan kesenangannya ke pengguna secara cuma-cuma. Wardle memang sengaja merancang Wordle bukan sebagai lahan mencari uang. Ia juga tidak menyediakan iklan dalam Wordle. Selain itu, pengguna juga tidak perlu daftar akun untuk memainkan Wordle.

Wardle ingin membuat game online yang santai tanpa harus memaksa penggunanya bermain. Wordle tidak akan memunculkan notifikasi di ponsel yang meminta untuk terus bermain. Wordle juga bisa diakses dengan mudah melalui browser di laptop dan ponsel.

Cara main Wordle yang simple tapi rumit

Sang pembuat game yakni Wardle mengungkap bahwa game Wordle dikembangkan terinspirasi dari permainan tebak kata serupa yang telah lama ada, yakni Hangman dan Mastermind. Wordle memiliki mekanisme permainan yang serupa dengan dua permainan tersebut. Jadi, pengguna harus menemukan kata yang benar dengan mengikuti petunjuk dari susunan kata sebelumnya. 

Baca juga: Mengulas Street Fighter 6 Yang Akan Dirilis

Meski memiliki tampilan sederhana, Wordle sebenarnya permainan ini cukup rumit. Tidak ada satu pun petunjuk kata yang diberikan dalam game ini. Wardle mengatakan bahwa selama bermain pengguna dituntut untuk memakai logika dan intuisi dalam menemukan kata.

Cara bermain game Wordle juga tercantum di situs web-nya. Game ini mewajibkan pemain untuk menemukan satu kata yang benar dalam sehari. Kemudian, pemain hanya bisa memainkan Wordle sekali dalam satu hari. Setiap hari Wordle bakal memunculkan satu kata baru yang tersusun dari 5 huruf. Pemain harus bisa menebak kata itu dalam enam kesempatan, apabila tidak bisa menebak kata itu maka pemain dianggap kalah.

Petunjuk warna kotak

Ketika pemain memasukkan lima huruf ke masing-masing kotak yang tersedia, Wordle bakal memberikan petunjuk berupa warna kotak.

  1. Pertama, warna kotak hijau berarti huruf itu ada di kata dan berada di tempat yang benar.
  2. Kedua, warna kotak kuning berarti menandakan bahwa huruf itu ada di kata tapi berada di tempat yang salah.
  3. Ketiga, warga kotak abu-abu menandakan bahwa huruf itu tidak ada di kata.

Pemain hanya bisa mencatat huruf apa saja yang sudah keluar dan menjadikan petunjuk untuk menyusun kata dalam kolom selanjutnya. Pemain bisa mencoba menyusun kata hingga maksimal 6 kali untuk menemukan kata yang tepat.

Baca juga: GTA Trilogy - Definitive Edition resmi "Dirilis"

Akun pemain Wordle berdasar cookies yang ada di satu perangkat. Cara main Wordle memang tidak sesederhana tampilannya. Wardle sendiri mengatakan bahwa game ini juga membutuhkan kerja sama dengan teman. Anda bisa saling berbagi informasi huruf yang benar ke teman dan menyusunya untuk menemukan kata yang benar. Kemudian, Wardle juga mengatakan bahwa kata di Wordle tidak mudah untuk dibocorkan secara luas. 

Apabila Anda ingin membagikan hasil temuan kata Wordle di Twitter maka yang tersebar hanya warna kotak, tanpa menampilkan isi susunan huruf di dalamnya. Sejauh ini, Wordle telah mengeluarkan sebanyak kurang lebih 200 kata yang harus ditemukan pengguna. Wardle mengatakan Wordle memiliki 2500 kata berbahasa Inggris yang terdiri dari lima huruf untuk ditebak pengguna.

Kesimpulan

Apa kalian tertarik bermain game wordle ? Game teka-teki kata ini gratis dimainkan melalui browser kalian. Selain mengisi waktu luang, kalian juga bisa mengasah otak dalam bermain game wordle. Silahkan bagi kalian yang ini bermain game wordle, bisa kunjungi situs tersebut.

Simak video pilihan berikut ini: