4 Hal Yang Merugikan Saat Bermain Game Online


NewsArt Story - 4 Hal yang merugikan saat bermain game online. Banyak sekali tren bermain game online yang tak dipungkiri sangatlah booming saat ini. Rasanya sangatlah mustahil jika kita tidak mendengar atau bahkan kita sendiri, tidak main game online. Lagipula, sering main game online juga banyak untungnya.


Selain kian menambah koneksi dan juga dapat menghilangkan stres, keuntungan lainnya tentu bisa menambah pundi-pundi isi dompet kita. Akan tetapi diantara keuntungan-keuntungan yang ada tersebut, faktanya hal-hal yang sifatnya merugikan juga kita bisa dapatkan dari kebiasaan ini.
Hal-hal merugikan apa saja yang bisa kita dapatkan tersebu ? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Kecanduan Saat Bermain Game
Yang pertama pada seorang gamer sekaligus hal merugikan yang mengancam kita apabila kita sering main game online yang tentunya adalah masalah kecanduan. Oke, memang yang namanya main gamesudah pasti akan kecanduan.
Tapi yang kita takutkan dan juga yang sering saya lihat terjadi, adalah kecanduan yang tidak terkendali (Uncontrollable Addicition). 


Pokoknya di pikirannya hanya terus main, main, dan main. Dan kecanduannya ini samapi membuatnya lupa dengan hal-hal yang jauh lebih vital yang seharusnya ia lakukan. Sekali lagi, kita sudah sering sekali mendengar atau melihat ini. Dan faktanya, kita juga bisa menjadi salah satunya. Oleh karenanya saya hanya sekedar mengingatkan untuk bisa membatasi waktu main game online-nya. 4 jam bermain merupakan waktu yang sudah lebih dari cukup.

2. Masalah Kesehatan 
Berikutnya hal  merugikan yang mengancam kita apabila kita sering main game online selanjutnya masih ada hubungannya dengan poin pertama. Sekarang mari kita berlogika saja disini. Main game online dalam 3 jam per harinya saja rasanya saja sudah terasa lelah seluruh anggota tubuh ini. 
Nah, bayangkan kalau kita menjadi seorang pecandu yang setiap harinya katakanlah  dapat menghabiskan waktu hingga 10 jam.


Walau mungkin dalam beberapa bulan pertama kita merasa sehat-sehat saja, namun lama-kelamaan, seluruh tubuh pastinya akan “rontok” juga. Bahkan tidak menutup kemungkinan nyawa kita menjadi melayang. Bukannya saya ingin menakut-nakuti. Toh peristiwa kematian setelah bermain game online berjam-jam sudah sering kita lihat dan dengar sendiri bukan?

3. Menghabiskan Banyak Uang 
Tidak seperti main video game di PC maupun console zaman baheula yang bersifat offline, ketika kita memutuskan untuk main game online, maka kita sudah harus bersiap merogoh kocek.
Dan tidak seperti game online dekade 90an yang hanya mngahruskan kita membayar tagihan internet, kini kita juga harus menghabiskan uang dengan berbagai “perintilan” ini dan itunya seperti: Membeli karakter, upgrade level, dan sebagainya. Yang dapat menguras uang kalian tanpa disadari ataupun sadari. 


Nah kalau yang saya perhatikan untuk poin ini, sudah banyak sekali gamer onlineyang tidak mempedulikan lagi hal ini. Oke, katakanlah ia memang berasal dari keluarga “sultan”. Tapi bukankah sangat disayangkan kalau beratus bahkan berjuta Rupiah itu hanya dihabiskan untuk sesuatu hal yang tidak bisa kita rasakan secara nyata ?

Oleh karenanya saran saya, mulailah untuk memilah-milih itematau paket in-game apa saja yang harus dibeli. Beli saja atribut atau paket yang memang memiliki nilai guna tinggi dalam proses penyelesaian permainannya.


4. Keamanan Diri Yang Dapat Mengancam
Walaupun situasinya kita sedang main game, namun tetap saja judul utamanya disni adalah Online. Sehingga, sama halnya seperti sedang melakukan aktivitas online lainnya, keamanan diri kitapun juga menjadi sangat rentan. Mulai dari resiko game yang kita mainkan terkena hack atau virus hingga data-data pribadi yang bocor, tak memungkiri bisa saja terjadi ke kita. 

Oleh karenanya ketika memasukkan data-data di akun game kita atau ketika chat dengan pemain lain, janganlah terlalu detail ini dan itunya.
Berikan saja info yang umum-umum saja dulu. Kalaupun sudah sangat dekat, tetap jaga privasi satu sama lainnya. Lebih kita dianggap tidak asyik daripada sok asyik, tapi malah berujung celaka.


Nah itulah 4 hal yang merugikan saat bermain game online yang terlalu sering atau sudah mengalami tingkat kecanduan yang begitu serius. Bermain Game online boleh saja, tetapi harus tahu batasan jam dan kapan harus bermain game online secara teratur.