Mengenal Pengertian Template Blog


(Sumber : https://www.newsartstory.com)

Apa yang dimaksud dengan template blog ?  

Bagi kalian yang sudah tahu pengertian template blog. Kalian sudah terbiasa mendengar kata-kata template blog, tapi untuk yang belum paham dengan istilah template blog pasti bertanya-tanya tentang apa itu template blog ? Boleh kasih tahu gak ? Itu adalah pertanyaan seseorang yang hendak ingin ngeblog sebagai pemula blogger. Template blog itu artinya semacam cetakan, pola atau patron. Ibaratnya seperti rantai makanan yang saling membutuhkan satu sama lain. 

Tergabung dengan kode-kode html dan juga elemen-elemen yang ada pada template blog tersebut. Banyak para blogger menggunakan template blog yang ringan dan responsif untuk tujuannya agar hasil loading gambar dan blog tidak memakan waktu lama. Berbagai template blog bisa kalian unduh secara gratis atau pun membelinya secara lisensi. Itu sih tergantung kalian, apakah kalian ingin membelinya untuk menghindari pembajakan template atau ingin menggunakan yang gratis ? Semua kembali pada kalian masing-masing ya ! 
 

Lalu apa saja keuntungannya memakai tempalate blog sumber lain ?


ada banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan dalam menggunakan template blog yakni kalian bisa melihat keindahan dalam membuka situs blog kalian dengan template tersebut, memiliki versi dan kenyamanan dalam menggunakannya, lebih enak dilihat daripada template blog bawaan google dan terakhir banyak varian template blog yang bisa dipilih secara gratis ! Untuk pengguna gratisan loh ya !! Tapi ada kok template blog gratis yang bisa kalian download tanpa harus berbayar. Kapan-kapan ya saya share template blog terkenal secara gratis ! Template blog itu sendiri terdiri dari berbagai elemen loh, yakni dari kumpulan javascript, php, kode-kode html dan semuanya menjadi format xml. 

 

Bagaimana cara memasang template blog ?


buat para pengguna blogger terutama saya sendiri, pemasangannya cukup sederhana dan mudah di aplikasikan langsung. Khusus blogspot atau blogger bisa kalian pilih tema lalu klik pulihkan. Nah dari situ kalian upload atau unggah file template blog xml tersebut. Setelah itu bisa kalian cek sendiri hasilnya. Kalian bisa mengedit-edit tampilan template blog tersebut. Bisa kalian edit menu navigasi di menu tata letak. Kalian juga bisa edit html dan pasang script yang memang kalian ingin pasang, tapi harus cek terlebih dahulu ya sebelum disimpan alias preview atau tinjau dulu ya ! 


Apa saja template blog yang paling banyak digunakan ?


Menurut kabar beredar sih template blog yang blogger banyak pakai yaitu Linkmagz atau Viomagz. Isu punya isu kalau menggunakan template blog ini bisa diterima di google adsense. Kabarnya sih seperti itu, tapi itu hanya mitos atau bukannya bisa kalian terapkan sendiri. Untuk blog ini sendiri sih pakai template median Ul, bukan dua contoh template blog tersebut. Semoga aja isu tersebut tidak benar atau mitos saja. 

 

Apa saja jenis niche yang dipakai template blog ? 


Untuk hal ini berbagai niche semua bisa pakai template blog. Hanya saja tergantung selera dan jenis niche yang penulis blog gunakan. Ada yang niche berita seperti Detik, Okezone dan lainnya. Template blog yang mereka gunakan khusus untuk tampilan sebuah website dan bukan blog ya ! Selain niche berita ada juga niche download atau blog download yang memakai template blog, contohnya seperti Waptrick, apk pure dan lainnya. Kalian bisa memilih template blog yang akan kalian gunakan, apakah sesuai dengan niche atau tema blog kalian atau tidak sesuai. 

 

Lalu, apakah bedanya blog dengan website ? 


Pertanyaan ini banyak yang bertanya-tanya soal apa perbedaan blog dengan website ? Mungkin yang sudah tahu soal keduanya cukup berkomentar saja. Untuk menurut saya pribadi perbedaan blog dengan website adalah kalau website yaitu situs yang merangkum berita dan kejadian di berbagai topik pembahasannya untuk kepentingan publik atau masyarakat. 


Sementara untuk blog itu sendiri yakni situs yang hanya dilakukan secara blogging dalam bentuk ngeblog dengan gayanya sendiri atau topik yang paling dikuasai, contohnya tentang kesehatan, teknologi, permainan dan sebagainya. Walaupun banyak blog dengan niche gado-gado, lebih baik kalian pilih salah satu niche yang paling gw banget ! Jika belum ahli di niche lainnya sebaiknya jangan lakukan posting atau kalian publish. 

 

Nah, itulah pengertian dan kita bahas tuntas tentang template blog sekaligus soal blogging untuk para blogger di indonesia atau mancanegara. Jadikanlah hobi untuk menulis dan berbagi pengalaman hidup dalam bentuk tulisan. Bukan hanya sekedar ngomong sana ngomong sini saja, tetapi lebih baik lagi jika berbagi bersama dengan orang yang belum paham dan mengerti tentang apa yang mereka ingin tahu soal dunia blogging maupun lainnya. 


Mungkin sebagian orang ngeblog adalah jalan atau kunci dalam meraih kesuksesan terutama uang. Buat saya pribadi itu hanyalah bonus dari hasil kerja keras kita selama konsisten menulis dan terus menulis, walaupun otak merasa pusing dan bingung mau membahas topik apa. Carilah referensi dari blog orang lain yang bisa kalian jadikan bahan topik di tulisan kalian. Kalian bisa lakukan blog walking. 

 

Apa itu blog walking dalam dunia ngeblog ?


Blog walking itu sendiri, menurut saya adalah kegiatan seorang blogger untuk berkunjung ke blog orang lain. Memberikan komentar, diskusi, menyimak artikel orang lain dan mempelajarinya. Kalian bisa tinggalkan blog kalian untuk kalian promosikan sekaligus mendapatkan visitor atau pengujung dari blog orang lain. Tidak salahnya kalian untuk melakukan blog walking ke blog orang lain. Jadi, kenapa harus gengsi atau ogah untuk berkunjung ke blog orang lain ?

 

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang blog walking dalam topik pembahasan kali ini. Dari sekian banyaknya template blog , kita harus memilih template blog dengan optimasi yang baik untuk melakukan SEO. Karena template blog juga berpengaruh dalam optimasi SEO dan pengajuan google adsense. Kabarnya sih seperti itu ! Tapi balik lagi ke kalian ya ! Tidak ada paksaan untuk memakai template blog gratis maupun yang berbayar, semua tergantung budget. Jika kalian ingin patungan membeli template blog, silahkan saja ! Sudah banyak hal itu dilakukan dari beberapa blogger untuk membeli template blog premium.


Terutama membeli template blog dari mas sugeng yang paling terkenal. Saya sendiri belum pernah membeli template blog premium dari mas sugeng, karena budget ! Buat yang memiliki uang lebih bisa silahkan beli ya ! Template blog yang responsive dan cepat dapat mempengaruhi hasil kecepatan loading atau pemuatan situs blog kita. Kalian bisa cek seberapa cepat blog kalian di situs web.dev atau pagespeed milik google. Disana blog kalian akan di cek dari segi tampilan dan kecepatan dalam membuka situs. Untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kalimat atau kata-kata yang salah. Sekian dan terima kasih.