Apa Itu Curved Display? Simak Seputar Curved Display (Layar Lengkung)

Newsartstory.com - Apa Itu Curved Display? Simak Seputar Curved Display (Layar Lengkung). Curved display atau layar lengkung mungkin beberapa orang ingin memiliki smartphone dengan bentuk layar ini. Tetapi, tentunya budget masing-masing orang terbatas.

Baca juga: Mengenal Sertifikasi IP5X Pada Ponsel

Walaupun demikian, Curved Display (layar lengkung) sangatlah menarik untuk dilihat dan keren pastinya. Tapi tidak semua orang juga menyukai layar curved display ini. Apalagi beberapa smartphone dengan layar lengkung cenderung rawan penyakit.

Apa Kelebihan Curved Display (Layar Lengkung)?

Pengguna yang memilih layar lengkung atau Curved Display karena memiliki kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari layar lengkung meliputi:

Baca juga: Masih Ingat Dengan Kamera Cybershot? Simak Seputar Sony Ericsson Cybershot

1. Imersif: Layar lengkung memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif dengan membungkus pengguna di sekitar gambar.

2. Pandangan Lebih Luas: Bentuk melengkung memungkinkan pengguna melihat lebih banyak dari layar tanpa harus bergerak banyak.

3. Kurangnya Distorsi Sudut Pandang: Layar lengkung mengurangi distorsi sudut pandang, memastikan warna dan detail tetap konsisten di seluruh layar.

4. Estetika Menarik: Desain yang melengkung memberikan tampilan yang lebih modern dan menarik dibandingkan dengan layar datar.

5. Ergonomis: Beberapa orang menganggap layar lengkung lebih ergonomis karena mereka lebih sesuai dengan bentuk alami mata manusia dan dapat mengurangi kelelahan mata.

Baca juga: Punya Layar "Dynamic Island" ! Inilah Xiaomi 13 Lite

Apa Kekurangan Curved Display ( Layar Lengkung)?

Selain memiliki banyak kelebihan, tetapi layar curved ini juga memiliki beberapa kekurangan yakni:

1. Biaya: Layar melengkung cenderung lebih mahal untuk diproduksi dibandingkan dengan layar datar konvensional.
 
2. Distorsi Gambar: Terkadang, gambar atau teks pada ujung layar melengkung dapat mengalami sedikit distorsi atau pembengkokan.

3. Kesesuaian Konten: Beberapa konten mungkin tidak terlihat sebaik mungkin pada layar melengkung karena desainnya yang dibuat untuk layar datar.

4. Kerentanan terhadap Kerusakan: Layar melengkung dapat lebih rentan terhadap kerusakan fisik, terutama jika terjatuh atau terkena tekanan.

Nah itulah ulasan mengenai seputar Curved Display atau Layar Lengkung pada smartphone. Selain harga tentunya semuanya itu menjadi kelebihan dan kekurangan dimiliki oleh smartphone layar lengkung.

Baca juga: 
Mengulas Teknologi Kamera Gimbal Pada Perangkat

Beberapa orang mengira smartphone curved display hanya ada di smartphone flagship atau premium (kelas atas) saja. Padahal ada beberapa contoh ponsel yang memiliki layar lengkung dengan harga relatif terjangkau dari ponsel flagship yakni Tecno Spark 20 Pro Plus dan Infinix Note 40 Pro. Tertarik untuk miliki smartphone Curved Display? 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis