Simak Fakta Apa itu Vaksin Moderna ?

NewsArt Story - Vaksin Moderna merupakan sebuah bentuk dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan skema doses-sharing atau berbagi dosis vaksin. Dengan adanya tambahan vaksin moderna bantuan ini, maka total sumbangan atau dose sharing vaksin Moderna kepada Indonesia berjumlah total 4.500.160 dosis.

Dilansir dari situs Covid19.go.id, pemberian izin itu menambah deretan vaksin yang sudah diberikan EUA kepada Indonesia. Vaksin lainnya adalah CoronaVac produksi Sinovac Life Science China, Vaksin Covid-19 produksi Bio Farma yang menggunakan bulk dari Sinovac, vaksin AstraZeneca dari Covax Facility, dan vaksin Sinopharm produksi Beijing Bioinstitue Biological Product.

Berikut ini adalah fakta apa itu Vaksin Moderna ?
 
1. Vaksin Platform mRNA 
Vaksin Moderna telah menggunakan teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) yang diproduksi Moderna Incorporation AS telah mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dapat digunakan dalam penanggulangan virus Covid-19 di Indonesia. Umumnya, vaksin Covid-19 lain menggunakan virus yang dilemahkan atau bahkan dimatikan, namun vaksin mRNA mengandung materi genetik yang direkayasa menyerupai virus tertentu.

2. Fase Vaksin Moderna
Berdasarkan dari uji klinik fase 3, dilansir dari situs Covid19.go.id, vaksin Moderna memiliki efikasi mencegah Covid-19 sebesar 94,1 persen pada usia 18 hingga kurang dari 65 tahun dan sebesar 86,4 persen pada kelompok usia 65 tahun ke atas.

3. Standar Penyimpanan Vaksin
Vaksin Moderna yang merupakan vaksin berbasis mRNA memerlukan teknologi penyimpanan berbeda dari vaksin dengan platform inactivated virus. Vaksin ini membutuhkan tempat dengan suhu minus 20 derajat Celcius. Hal ini membuat vaksin Moderna harus didistribusikan melalui kontainer khusus untuk menjaga kualitas vaksin agar tetap terjaga.

4. Digunakan untuk Usia 18 Tahun ke Atas
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengatakan vaksin Covid-19 Moderna belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun. Vaksin asal Amerika Serikat itu baru saja mendapat izin penggunaan darurat.

5. Efek Samping Vaksin Moderna
Menurut pengujian BPOM, vaksin Moderna memiliki efek samping yang masih dalam batas toleransi sehingga aman digunakan. Efek samping vaksin Moderna ini antara lain nyeri otot dan sendi, nyeri pada area yang disuntik, sakit kepala, dan kelelahan.

6. Vaksin moderna untuk tenaga kerja dan masyarakat Umum 
Sebelumnya, vaksin Moderna hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Penyuntikan Moderna untuk tenaga kesehatan di Jakarta dimulai 30 Juli 2021. Namun Kementerian Kesehatan telah merestui jika vaksin Moderna diberikan kepada masyarakat umum.

7. Diprioritaskan masyarakat yang belum mendapatkan dosis 1 dan 2
Vaksin Moderna, hanya diperbolehkan bagi warga yang belum pernah mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2.


Inilah syarat dan lokasi vaksinasi moderna: 




Baca JugaKenali virus Pegasus Spyware, Penyadap Perangkat Ponsel