Simak Seputar Fitur-Fitur iOS 15 Tahap Versi Beta


NewsArt Story - Bogor, Pekan lalu Apple kembali merilis iOS 15 dalam versi beta. iOS 15 telah mereka beritahu ke publik seputar fitur-fitur iOS 15. Tetapi tahap tersebut masih dalam bentuk beta, tentunya banyak sekali bug yang akan kita temukan. Selain itu, tidak semua fitur yang ada saat ini di iOS 15 versi beta akan berjalan sama dengan nanti ketika versi finalnya keluar. Jadi, masih terdapat kemungkinan fitur di versi beta mengalami perubahan karena ini merupakan sistem operasi yang pada dasarnya masih dikembangkan. Secara garis besar, fitur baru yang ada di iOS 15 versi beta berjalan untuk mendukung pengorganisiran perangkat secara lebih mudah. Bagi Anda yang sudah penasaran dengan fitur yang ada di iOS 15 versi beta, ini daftar beberapa fitur baru yang wajib dicoba.

Focus

Focus merupakan salah satu fitur di iOS 15 yang memungkinan anda untuk mengelola jalannya interaksi dengan perangkat. Ini seperti pengaturan profil perangkat yang secara khusus dapat diatur sesuai dengan fokus interaksi Anda. Jadi semisal ketika Anda dalam situasi bekerja, Anda dapat membuat profil interaksi pada perangkat yang secara khusus mendukung  situasi tersebut. Ketika profil diaktfikan, Anda dapat mengatur interaksi seperti hanya menghidupkan notifikasi untuk beberapa aplikasi saja yang membantu pekerjaan. Sedangkan, aplikasi yang justru menganggu dapat dimatikan notifikasinya. Fitur Focus dengan mengatur profil, ini sangat dapat disesuaikan dengan kebutuhan interaksi Anda pada perangkat. Fitur Focus dengan mengatur profil ini dapat diakses di menu pengaturan.

Live Text

Di perilisan iOS 15 versi beta, terdapat fitur Live Text yang memungkinkan aplikasi kamera dan foto sekarang dapat mengenali teks. Pengenalan itu memungkinkan Anda untuk menyalin, menempel, menerjemahkan, dan mencari informasi dari teks yang ada pada aplikasi kamera dan foto. Di kedua aplikasi tersebut, fitur Live Text akan muncul sebagai ikon di kanan bawah ketika terdapat teks yang terdeteksi. Ketika Anda memilih ikon tersebut, Anda akan dapat menyalin teks yang dikenali ke dalam aplikasi Notes. Jika teks yang tertangkap dalam aplikasi kamera atau foto berupa seperti tautan situs, Anda dapat menekan lama untuk mengunjungi situs tersebut. fitur ini terbilang keren.

Schedule Notification

Fitur iOS 15 selanjutnya ini memungkinkan Anda untuk mengatur notifikasi secara terkelompok agar muncul di waktu yang ingin Anda pilih. Jadi dengan fitur ini, Anda dapat mengatur untuk mengelompokkan aplikasi mana saja yang dapat memunculkan notifikasi di satu waktu untuk dimasukkan dalam ringkasan terjadwal. Kemudian, ringkasan terjadwal itu akan menunjukkan seluruh pemberitahuan dari aplikasi yang telah dikelompokkan, di satu waktu yang Anda pilih. 

Tab Group 

Di iOS 15 dengan fitur barunya saat ini memang ditujukkan untuk memudahkan aktivitas pengorganisiran pada perangkat. Sistem operasi yang masih versi beta ini menghadirkan fitur Tab Group di Safari. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengelompokkan tab-tab yang dibuka di Safari ke dalam satu kategori. Anda dapat mengakses fitur ini dengan menuju ke tombol halaman yang ada di Safari. Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan untuk mengelompokkan tab-tab yang sudah terbuka ke dalam satu kategori, yang bisa Anda buat sendiri.

Apple Maps 3D

Mungkin bagi pengguna iPhone, barangkali sudah menjadi rahasia umum apabila Maps merupakan aplikasi yang membosankan dan kurang informatif. Pengguna biasa memilih untuk menggunakan Google Maps sebagai aplikasi peta utama yang digunakan sehari-hari. Tapi di iOS 15, tampaknya Apple sedang serius untuk membuat Maps bisa bersaing dengan Google Maps. Apple mendasain ulang dan menambah fitur agar Anda dapat menggunakan Maps. Jadi, Maps akan mampu menampilkan peta dalam bentuk 3D yang jauh lebih mendetail. Maps juga disertai penunjuk arah untuk mengemudi, yang sekaligus terdapat informasi mengenai jaluk belok, median, dan penyeberangan.tetapi di indonesia sendiri, mayoritas semua pengguna menggunakan google maps. 


Nah, itulah fitur-fitur iOS 15 versi beta yang sedang mereka buat. semoga saja dihasil akhir terdapat pembaharuan yang baik dan tentunya minim bug. kita tunggu saja hasil final di iOS 15. untuk iOS 15 sendiri perangkat yang kebagian yakni dimulai dari iphone 6S hingga produk terbaru dari iphone. jadi apa fitur yang kalian tunggu untuk para apple fanboy ?