Debut Smartphone Layar Lipat Dimulai, Apple Lipat Kapan ?




(Sumber : newsartstory.com)

NewsArt Story. Smartphone 5G saat ini masih dinanti dengan harga yang relatif terjangkau. Hanya saja di indonesia, jaringan atau koneksi 5G belum siap dibangun. Isu punya isu, kabarnya 5G akan dibangun 5 tahun lagi, sekarang saja sudah cukup banyak smartphone 5G yang ada di pasaran. Teknologi semakin kesini semakin canggih dan modern. Begitu juga dengan smartphone sekarang, kita pasti pernah mendengar smartphone lipat.

Seharusnya ini bukan smartphone lipat melainkan tablet lipat. Salah satu raksasa smartphone yang menciptakan smartphone lipat yakni Huawei Mate Xs dan Samsung Galaxy Z Fold 2. Kedua smartphone 5G ini memiliki kelebihannya masing-masing, hanya saja tergantung pengguna gadget yang lebih suka yang mana. Adapun perbandingan diantara mereka berdua yakni sebagai berikut :

1. LAYAR

Untuk bagian layar, smartphone Huawei Mate Xs memiliki tipe layar OLED lipat 8.0 inch untuk bagian dalam tubuh dan untuk bagian layar kedua yakni AMOLED 6.6 inch. Sementara untuk Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki layar Dynamic AMOLED 7.6 inch bagian dalam tubuh dengan refresh rate 120Hz, untuk bagian layar kedua memiliki layar 6.23 inch Super AMOLED yang dilapisi Corning Gorilla Glass Vectus.

2. PLATFORM

Huawei Mate Xs menjalankan sistem operasi Android 10, EMUI 10 tanpa layanan google service dengan Chipset Kirin 990 5G 7nm+) dan GPU Mali-G76 MP 16. Sedangkan Samsung Galaxy Z Fold 2 menjalankan sistem operasi Android 10 upgrade ke Android 11, One Ul 3.0 dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 865+ (7nm+) dan GPU Adreno 650.

3. PENYIMPANAN MEMORI

Huawei Mate Xs memiliki kapasotas memori yakni 512 GB dan 8 GB RAM, UFS 2.1 dengan dukungan Slot micro SD (khsusus huawei). Untuk Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki memori 256 GB/ 512 GB dan 12 GB masing-masing varian memori, UFS 3.1 tanpa dukungan Slot micro SD.

4. KAMERA UTAMA

Untuk segi kamera, Huawei Mate Xs memiliki empat modul kamera yakni 40 MP (wide) + 8MP (telephoto) +  16 MP (ultra wide) + TOF 3D. Sementara Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki triple kamera yang masing-masing 12 MP dengan settingan wide, telephoto dan ultra wide. Kedua smartphone lipat ini sudah mendukung perekaman video 4K.

 5. KAMERA DEPAN

Untuk kamera depan Huawei Mate Xs tidak memiliki modul kamera. Semenyara Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki dual kamera depan yakni masing-masing 10 MP dengan settingan wide keduanya. Untuk perekaman video depan Samsung unggul dengan 4K @30fps.

6. BATERAI

Huawei Mate Xs memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh dengan Fast Charging 55W. sementara Samsung Galaxy Z Fold 2 memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh dan Fast Charging 25W dengan adanya fitur Reverse Wireless Charging 4.5W.


(Sumber : newsartstory.com)

Nah, itulah fitur penting yang ada di smartphone lipat ini. Untuk konektivitas lainnya yakni mereka sudah mendukung jaringan 5G dan NFC sebagai fitur utama dalam smartphone flagship. Huawei dan Samsung sudah mengadopsi layar lipat.Bagaimana dengan APPLE LIPAT ? Kapan merek brand ternama dan paling agung sekaligus trensetter untuk banyak smartphone lainnya ini mengadopsi LAYAR LIPAT ? Kita tunggu saja kehadiran apple layar lipatnya yang seperti apa dan juga dengan konsep seperti apa yang akan mereka sendiri buat dan berharap tidak biasa-biasa saja. 


(Sumber : newsartstory.com)