Punya Privilege Hidup? Bagaimana Cara Ketahui Privilege? 

Newsartstory.com - Punya Privilege Hidup? Bagaimana Cara Ketahui Privilege? Sering kali tanpa sadar orang yang memiliki Privilege (Keistimewaan) tidak tahu bagaimana untuk mengelola atau mengetahui privilege itu? Apa kalian tahu apa privilege itu? 

Baca juga: Mengenal Seputar Childhood

Apa Keuntungan Dari Privilege?

Keuntungan dari privilege dalam hidup tentunya bervariasi tergantung dengan jenis privilege yang dimiliki seseorang. Namun, secara umum, beberapa keuntungan yang dapat diperoleh antara lain:

Akses yang lebih besar: Privilege seringkali memberikan akses yang lebih besar kepada sumber daya, seperti pendidikan berkualitas, perawatan kesehatan, peluang kerja, rekreasi, dan lain-lain. Ini karena sistem sosial seringkali memberikan kemudahan dan prioritas kepada kelompok tertentu.

Baca juga: Apa Itu Growth Mindset ? Simak Seputar Growth Mindset

Kebebasan dan keamanan: Dengan akses yang lebih besar, individu dengan privilege juga mungkin merasakan kebebasan dan keamanan yang lebih besar. Mereka mungkin tidak perlu khawatir tentang hal-hal seperti diskriminasi, kekerasan, atau kesulitan memenuhi kebutuhan dasar.

Pengembangan diri: Privilege dapat menyediakan lebih banyak waktu dan kesempatan untuk pengembangan diri, seperti mengejar minat, belajar hal-hal baru, atau terlibat dalam kegiatan kreativitas.

Status sosial: Memiliki privilege bisa meningkatkan status sosial seseorang dalam masyarakat dan membuat mereka merasa lebih diterima dan dihormati.

Kesejahteraan mental: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa privilege dapat berkontribusi pada tingkat kesejahteraan mental yang lebih tinggi, karena mengurangi stres dan kekhawatiran terkait kebutuhan dasar dan keamanan.

Baca juga: Ulasan Mengenai "Belief System" Pada Hidup

Namun, perlu diketahui beberapa faktor yang terjadi dalam privilege yaitu:

● Keuntungan dari privilege seringkali berasal dari ketidaksetaraan sistemik yang merugikan kelompok lain.

● Individu dengan privilege memiliki tanggung jawab untuk menyadari dan mengakui keistimewaan mereka, serta menggunakannya untuk mempromosikan keadilan dan kesetaraan.

● Keuntungan dari privilege tidak menjamin kesuksesan atau kebahagiaan, dan banyak orang tanpa privilege mencapai hal-hal luar biasa.

Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari privilege, penting untuk memahami kompleksitas dan dampaknya terhadap masyarakat yang lebih luas. Mengakui dan memahami privilege menjadi langkah penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Kesimpulan

Privilege harusnya dapat diasah dengan baik agar mendapatkan hasil yang bagus dalam hidup. Privilege dapat didapatkan dari orang tua maupun bakat dari tuhan kasih. Cari tahu privilege dari tuhan di diri sendiri dan mulailah asah bakat itu hingga nanti hasil yang akan membuktikan itu semua.

Baca juga: Mengapa Orang Cerdas Lebih Suka Sendiri

Karena jika kita konsisten dalam mengasah privilege yang ada diri kita, tidak ada yang tidak mungkin kita akan mengenali diri sendiri dan orang lain pun tahu kalau kita bakalan bisa meraih mimpi dan cita-cita, tentunya kita akan terlihat berbeda dari manusia lainnya. 

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis